Ranking Film Dune dari yang Terjelek sampai Terbaik Menurut IMDb

Ranking Film Dune dari yang Terjelek sampai Terbaik Menurut IMDb
Sejauh ini, sudah ada 5 usaha untuk mengadaptasi novel Dune ke live-action, baik layar lebar atau televisi. Hasilnya beragam. Ada yang memuaskan, ada yang tidak. (Foto: Bleeding Cool)
Dune dianggap sebagai salah satu novel fiksi ilmiah (sci-fi) terbaik yang pernah ada di muka bumi ini. Novel karya Frank Herbert ini mengajak pembacanya menjelajah Arrakis atau Dune, sebuah planet tandus yang berisi hamparan gurun pasir luas. Novel ini juga diklaim paling susah untuk difilmkan.

Meski begitu, novel ini sudah beberapa kali dicoba untuk dibuat versi layar lebarnya. Tak hanya novel utamanya, tapi juga spin-off-nya. Namun, tak semua film itu berhasil menarik minat penonton.

Seperti masalah klasik, mengangkat cerita dari novel ke live-action bukanlah pekerjaan mudah. Banyak hambatan yang terjadi di sana, terutama bagi mereka yang menonton tapi sudah membaca bukunya. Kekecewaan sering menghantui mereka setelah menonton film ini karena tak sesuai bayangan dan harapan mereka. Dune pun tak luput dari hal tersebut.

Sampai saat ini, sudah ada 5 percobaan untuk mengangkat novel itu ke live-action. Yang terbaru adalah usaha Denis Villenueve. Film itu mulai tayang di bioskop pada Rabu (13/10). Menurut IMDb, tak semua film itu mendapatkan nilai yang baik. Berikut ranking film Dune dari yang terjelek sampai yang terbaik berdasarkan penilaian IMDb!



Baca Juga: Panduan 15 Karakter Utama dan Afiliasinya di Film Dune

5. Dune (1984) — 6,4
Ranking Film Dune dari yang Terjelek sampai Terbaik Menurut IMDb

Dune versi ini terkenal atas apa yang tidak lebih dari seperti apa film itu sebenarnya. Disutradarai David Lynch, usaha adaptasi ini sudah menghadapi masalah sejak preproduksi sampai saat syuting. Berdurasi 2 jam 17 menit, film ini terlalu pendek untuk mencakup semuanya selain beberapa sorotan dari novel yang tebal itu.

Saat tayang perdana pada 1984, film ini banyak mendapatkan tinjauan negatif. Tak hanya itu penggemar pun kecewa. Akibatnya, pendapatan box office mereka pun jeblok. Mereka menderita kerugian dari film berbiaya USD40 juta itu. David menganggap Dune hanya satu-satunya kegagalan dalam kariernya. Meski begitu, adaptasi novel ini memang tidak bisa dilakukan pada 1984.

4. Dune (2000) — 7,0
Ranking Film Dune dari yang Terjelek sampai Terbaik Menurut IMDb

Adaptasi kedua Dune ini dibuat untuk saluran SyFy pada 2000. Sebagian besar penggemar menganggap film ini lebih baik ketimbang versi 1984. Film ini juga punya waktu lebih untuk menceritakan kisah yang lebih rumit. Tapi, tetap, film ini bukanlah yang terbaik.

Sementara produser punya lebih banyak waktu, bujet tayangan televisi di sana sini dan penulis memutuskan menulis cerita yang tidak ada di buku. Kekurangan efek khusus, banyak penggemar yang tahu novel aslinya, memberikan nilai yang lebih tinggi ketimbang versi 1984. Kesuksesan miniseri ini membawa terwujudnya Children of Dune pada 2003.
halaman ke-1
Share: