Ranking Film Dune dari yang Terjelek sampai Terbaik Menurut IMDb

Kamis, 14 Oktober 2021 - 23:56 WIB
loading...
Ranking Film Dune dari yang Terjelek sampai Terbaik Menurut IMDb
Sejauh ini, sudah ada 5 usaha untuk mengadaptasi novel Dune ke live-action, baik layar lebar atau televisi. Hasilnya beragam. Ada yang memuaskan, ada yang tidak. (Foto: Bleeding Cool)
A A A
Dune dianggap sebagai salah satu novel fiksi ilmiah (sci-fi) terbaik yang pernah ada di muka bumi ini. Novel karya Frank Herbert ini mengajak pembacanya menjelajah Arrakis atau Dune, sebuah planet tandus yang berisi hamparan gurun pasir luas. Novel ini juga diklaim paling susah untuk difilmkan.

Meski begitu, novel ini sudah beberapa kali dicoba untuk dibuat versi layar lebarnya. Tak hanya novel utamanya, tapi juga spin-off-nya. Namun, tak semua film itu berhasil menarik minat penonton.

Seperti masalah klasik, mengangkat cerita dari novel ke live-action bukanlah pekerjaan mudah. Banyak hambatan yang terjadi di sana, terutama bagi mereka yang menonton tapi sudah membaca bukunya. Kekecewaan sering menghantui mereka setelah menonton film ini karena tak sesuai bayangan dan harapan mereka. Dune pun tak luput dari hal tersebut.

Sampai saat ini, sudah ada 5 percobaan untuk mengangkat novel itu ke live-action. Yang terbaru adalah usaha Denis Villenueve. Film itu mulai tayang di bioskop pada Rabu (13/10). Menurut IMDb, tak semua film itu mendapatkan nilai yang baik. Berikut ranking film Dune dari yang terjelek sampai yang terbaik berdasarkan penilaian IMDb!



5. Dune (1984) — 6,4
Ranking Film Dune dari yang Terjelek sampai Terbaik Menurut IMDb

Dune versi ini terkenal atas apa yang tidak lebih dari seperti apa film itu sebenarnya. Disutradarai David Lynch, usaha adaptasi ini sudah menghadapi masalah sejak preproduksi sampai saat syuting. Berdurasi 2 jam 17 menit, film ini terlalu pendek untuk mencakup semuanya selain beberapa sorotan dari novel yang tebal itu.

Saat tayang perdana pada 1984, film ini banyak mendapatkan tinjauan negatif. Tak hanya itu penggemar pun kecewa. Akibatnya, pendapatan box office mereka pun jeblok. Mereka menderita kerugian dari film berbiaya USD40 juta itu. David menganggap Dune hanya satu-satunya kegagalan dalam kariernya. Meski begitu, adaptasi novel ini memang tidak bisa dilakukan pada 1984.

4. Dune (2000) — 7,0
Ranking Film Dune dari yang Terjelek sampai Terbaik Menurut IMDb

Adaptasi kedua Dune ini dibuat untuk saluran SyFy pada 2000. Sebagian besar penggemar menganggap film ini lebih baik ketimbang versi 1984. Film ini juga punya waktu lebih untuk menceritakan kisah yang lebih rumit. Tapi, tetap, film ini bukanlah yang terbaik.

Sementara produser punya lebih banyak waktu, bujet tayangan televisi di sana sini dan penulis memutuskan menulis cerita yang tidak ada di buku. Kekurangan efek khusus, banyak penggemar yang tahu novel aslinya, memberikan nilai yang lebih tinggi ketimbang versi 1984. Kesuksesan miniseri ini membawa terwujudnya Children of Dune pada 2003.

3. Children Of Dune (2004) — 7,4
Ranking Film Dune dari yang Terjelek sampai Terbaik Menurut IMDb

Sekuel langsung Dune di SyFy, Children of Dune mengombinasikan novel Children of the Dune dan Dune Messiah. Reaksi penggemar dan kritikus sama-sama positif. Masalah yang dihadapi semua adaptasi Dune adalah tema, karakter dan durasi.

Tema Herbert bisa jadi rumit dan tidak selalu jelas meski sudah berkali-kali membaca bukunya. Jumlah karakternyajuga bermasalah karena kadang terlihat seperti opera sabun, selain itu, bukunya sangat tebal dan berisi peristiwa yang telrihat feriferal pada pandangan pertama.

2. Jodorowsky's Dune (2013) — 8,1
Ranking Film Dune dari yang Terjelek sampai Terbaik Menurut IMDb

Bertahun-tahun lalu, MGM Studios membawa negatif film director’s cut Greed (1924) karya Eric von Stroheim yang berdurasi sekitar 9 jam dan membakarnya. Film itu awalya dirilis dengan durasi 2 jam. Ini pula yang dirasa Hollywood akan terjadi pada Alejandro Jodorowsky.

Visi mirip LDS Jodorowsky terhadap Dune adalah adaptasi terbaik dari novel tersebut. Film ini mungkin tidak punya realitas di belakangnya. Tapi, akan menjadi visi sinematik yang luar biasa. Film itu liar, impian gila yang meninggalkan visi indah di belakangnya, tapi dia mendekatinya.



1. Dune (2021) — 8,4
Ranking Film Dune dari yang Terjelek sampai Terbaik Menurut IMDb

Dune versi Denis Villenueve ini sebenarnya terdiri atas 2 film untuk mengakomodasi isi buku itu dengan lebih baik. Banyak yang terkejut kalau ternyata buku Herbert berisi bahan materi untuk banyak franchise. Banyak novel yang ditulis Herbert, tapi banyak juga yang kemudian dikomisikan oleh estate Herbert.

Versi ini juga akan punya serial spinoff, Dune: The Sisterhood, di HBO Max. sejauh ini, Dune ini telah mendapatkan penilaian baik, jauh lebih baik dari sebelumnya. Apakah Denis akhirnya bisa memecah kode untuk adapasi sukses, itu bisa dilihat nanti.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2671 seconds (0.1#10.140)