Biar Nggak Pusing Pas Nonton Dune, Kenali Dulu 13 Istilah Ini!

Mentat akan menyarankan kliennya tentang semua materi. Mereka juga akan mengingat dan menghitung jumlah data untuk menjaga bisnis atau operasi Great House. Mereka sering minum minuman bernama jus Sapho untuk meningkatkan kemampuan mental mereka lebih lanjut. Thufir Hawat adalah Mentat di keluarga Atreides.

12. Butlerian Jihad
Biar Nggak Pusing Pas Nonton Dune, Kenali Dulu 13 Istilah Ini!

Dalam bahasa Arab, jihad adalah perang suci. Di Dune, jihad adalah konflik berdarah melawan mesin pemikir dan robot sadar. Nama ini diambil dari Serena Butler, yang anaknya menjadi korban pertama mesin itu. Seluruh umat manusia bangkit untuk mengalahkan Omnius yang jahat. Omnius adalah Pemikir Buatan (AI) yang melihat tidak ada tujuan dalam melayani manusia. Dia kemudian mengubah keadaan dan memperbudak mereka untuk tujuan sendiri.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Film Dune, Wajib Tahu sebelum Nonton Filmnya!

13. Muad'dib
Biar Nggak Pusing Pas Nonton Dune, Kenali Dulu 13 Istilah Ini!

Di Dune, Muad’dib bisa menjelaskan beberapa hal berbeda, sebagian besar adalah asli Fremen. Fremen tahu ada tikus gurun dan menamainya Muad’dib. Mereka juga percaya kalau gambar Muad’dib bisa dilihat di satu dari dua bulan Dune.

Paul Atriedes melihat Muad’dib ini di hologram di rumahnya dan kemudian melihatnya secara nyata di gurun pasir. Muad’dib kemudian menjadi salah satu nama yang diberikan Fremen kepadanya. Nama ini diberikan karena dia adalah penyelamat Fremen yang memimpin kemenangan mereka melawan Harkonnen. Di Dune, Paul akan dikenang sebagai Muad’dib.


(alv)
halaman ke-2
Share: