alexametrics
tips dan trik
Rahasia Belajar Bahasa Asing Menurut Para Poliglot
Rahasia Belajar Bahasa Asing Menurut Para Poliglot
Belajar banyak bahasa harus disertai metode belajar yang kita sukai biar prosesnya lebih mudah. Foto/Adobe Stock
Jakarta - Poliglot adalah sebutan bagi orang yang fasih banyak bahasa. Banyak orang lalu penasaran dengan rahasia seorang poliglot dalam mempelajari berbagai bahasa.

Lýdia Machová adalah salah satu poliglot. Dia membagikan pengalamannya dalam acara TED tentang hal ini. Dia bertemu dengan para poligot lainnya dan menanyakan metode mereka untuk bisa menguasai banyak bahasa.

Contoh pertama dari Benny dari Irlandia. Metode yang dia lakukan adalah berbicara langsung sejak hari pertama dia belajar. Berbekal beberapa frasa dari buku panduan percakapan berwisata, Benny langsung berbicara dengan penutur asli bahasa tersebut.



Gak peduli dengan 200 kesalahan yang dihasilkan setiap hari, karena begitulah cara dia belajar. Apalagi dengan teknologi sekarang, kita bisa dengan mudah berbicara dengan berbagai penutur asli bahasa asing lewat teknologi.

Contoh lainnya adalah Lucas dari Brasil. Dia menambahkan ratusan penutur asli bahasa Rusia yang gak dikenal di Skype lalu memulai percakapan "Hai" dalam bahasa Rusia.

Rahasia Belajar Bahasa Asing Menurut Para Poliglot
Foto: Freepik

Setelah itu, dia mulai mempelajari pola berkomunikasi orang Rusia lewat percakapan dari ratusan orang asing yang dia temui di Skype.

Setiap poliglot punya caranya sendiri untuk mempelajari bahasa asing. Mulai dari meniru suara dari bahasa tersebut, belajar 500 kata yang sering digunakan, hingga mempelajari tata bahasanya.

Pada akhirnya mereka semua bisa fasih berbagai bahasa asing karena mereka punya satu kesamaan, yaitu menemukan cara untuk menikmati proses pembelajaran itu.

Setiap poliglot menggunakan metode yang berbeda tapi mereka selalu memastikan bahwa mereka menikmati proses belajarnya.

Lýdia bercerita pengalamannya belajar bahasa Spanyol. Dia bosan dengan buku teks dan memilih membaca novel "Harry Potter" dalam versi bahasa Spanyol karena itu buku favoritnya saat kecil.

Pada awalnya, dia juga gak paham, tapi karena dia terus membaca, pada akhir buku dia menyadari bahwa dia bisa mengikuti ceritanya.

Rahasia Belajar Bahasa Asing Menurut Para Poliglot
Foto: Pixabay

Metode yang sama dia lakukan saat belajar bahasa Jerman. Dia menonton serial "Friends" dalam bahasa Jerman.

Pada awalnya, semuanya terdengar hanya sebagai kata tanpa arti. Dia bahkan gak tahu kapan kalimat dimulai dan selesai. Tapi dia terus menontonnya terus sampai musim kedua atau tiga, dan dari situ dialog-dialognya mulai bisa dia pahami.

Dia bertemu banyak poliglot, mereka bukanlah seorang jenius. Mereka gak punya jalan pintas dalam mempelajari bahasa. Namun mereka bisa menemukan cara yang menyenangkan untuk mempelajari bahasa.

Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari menulis kata di kertas, menonton konten menari di YouTube, mendengar siniar (podcast) dalam bahasa yang kamu inginkan, berbicara langsung dengan penutur asli, berbicara dengan diri sendiri, hingga belajar mendeskripsikan sesuatu dalam bahasa asing.

Nah, berikut empat prinsip yang dilakukan para poliglot dalam belajar bahasa asing.

1. PROSES YANG MENYENANGKAN

Rahasia Belajar Bahasa Asing Menurut Para Poliglot
Foto: Freepik

Poin ini sudah dibahas di atas. Bahwa seorang poliglot dapat belajar bahasa lebih baik dari orang lain karena pada dasarnya mereka mencintai bahasa, jadi proses belajarnya terasa lebih menyenangkan.

2. METODE

Rahasia Belajar Bahasa Asing Menurut Para Poliglot
Foto: Freepik

Kita butuh metode yang efektif. Bukan cuma mengingat banyak kata dalam sekejap, karena itu hanya akan masuk ke memori jangka pendek dan mudah dilupakan. Kita perlu mengulang-ulangnya dalam waktu beberapa hari. Kita juga bisa menggunakan aplikasi seperti Anki atau Memrise untuk penunjang.

Metode populer lainnya adalah menulis kata pada buku tulis. Kita juga bisa mencari berbagai inspirasi metode yang digunakan para poliglot di dunia melalui kanal YouTube atau situs web mereka.

3. MEMBUAT SISTEM ATAU JADWAL

Rahasia Belajar Bahasa Asing Menurut Para Poliglot
Foto: Freepik

Kita bisa menyisakan waktu khusus, misalnya 15 menit setelah bangun pagi atau mendengar siniar saat perjalanan ke kampus atau kantor. Poin terpentingnya adalah merencanakan pembelajarannya supaya jadi kebiasaan atau rutinitas sehari-hari.

4. KESABARAN

Rahasia Belajar Bahasa Asing Menurut Para Poliglot
Foto: Freepik

Menargetkan fasih berbahasa asing dalam waktu supersingkat bukanlah hal yang mustahil, tapi coba kamu lebih realistis. Yakinlah bahwa kamu benar-benar bisa fasih berbahasa asing kalau mulai belajar sedikit demi sedikit secara konsisten.

"Kalau kamu sedang belajar bahasa asing dan menyerah karena merasa terlalu sulit atau merasa tidak mempunyai bakat bahasa, coba lagi. Mungkin sedikit lagi kamu bisa menemukan metode yang menyenangkan untuk fasih berbahasa. Mungkin kamu hanya selangkah lagi menjadi seorang poliglot," tutur Lýdia.

Poppy Fadhilah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @poppyfad



(it)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss