Suka Banyak Hal? Ini Cara Memilih Bidang yang Ingin Kamu Tekuni

Selasa, 21 September 2021 - 17:58 WIB
loading...
Suka Banyak Hal? Ini Cara Memilih Bidang yang Ingin Kamu Tekuni
Menekuni banyak hal secara bersamaan akan membuat kamu kurang fokus dan hasilnya pun bisa jadi kurang maksimal. Foto/Bob_dmyt, Pixabay
A A A
JAKARTA - Kamu suka memasak, menggambar, fotografi, naik gunung, belajar bahasa, atau bahkan belajar memanah? Tentunya, meski kamu suka, tak semua bisa kamu tekuni dengan sungguh-sungguh dalam waktu bersamaan.

Menurut psikolog Barry Schwartz dalam bukunya "The Paradox of Choices: Why Less Is More", semakin banyak pilihan yang kamu punya, akan semakin sulit untuk membuat keputusan yang membuatmu puas. Karenanya, semakin banyak hal yang kamu ingin lakukan, semakin sulit juga kamu memutuskan hal apa yang ingin dipelajari lebih dalam.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Berikut tips yang bisa kamu coba agar kamu bisa lebih fokus menjalani hobi yang benar-benar kamu suka.

1. TULIS DAFTAR KEGIATAN YANG MEMBUATMU TERTARIK, LALU URUTKAN

Suka Banyak Hal? Ini Cara Memilih Bidang yang Ingin Kamu Tekuni

Foto: Tumisu/Pixabay

Tidak perlu terlalu banyak, kamu cukup menulis 10 kegiatan yang menurutmu paling menarik. Selanjutnya, urutkan bidang yang membuatmu tertarik dan penasaran. Apa yang paling membuatmu bersemangat? Bidang apa yang sangat ingin kamu pelajari saat ini? Hal ini akan membantumu mengeliminasi hal yang benar-benar ingin kamu lakukan, dan mana yang tidak.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Buku tentang Pengembangan Diri, Kamu Sudah Baca?

2. PILIH DUA SAJA KEGIATAN YANG PALING KAMU SUKA

Suka Banyak Hal? Ini Cara Memilih Bidang yang Ingin Kamu Tekuni

Foto: Tumisu/Pixabay

Dari daftar kegiatan yang kamu buat, pilihlah dua saja kegiatan yang menurutmu menyenangkan dan membuatmu penasaran saat melakukannya. Untuk dapat fokus ke dalam suatu kegiatan atau hobi, diperlukan rasa penasaran untuk mencoba hal tersebut agar kamu tidak merasa bosan.

Pikirkan juga berapa banyak usaha dan waktu yang dapat kamu luangkan untuk menekuni hal ini. Setelah menentukan yang ingin kamu lakukan, cobalah untuk berkomitmen penuh terhadap pilihanmu.

3. JADIKAN KEBIASAAN

Suka Banyak Hal? Ini Cara Memilih Bidang yang Ingin Kamu Tekuni

Foto: Congerdesign/Pixabay

Setelah memilih untuk menekuni suatu hal, yang paling sulit adalah menjaga ketertarikanmu pada bidang tersebut agar tidak hilang. Seringkali orang berhenti menekuni suatu hobi karena merasa bosan.

Untuk menghindari hal ini, kamu dapat menjadikan kegiatan yang kamu tekuni ini sebagai kebiasaan. Dengan rutin melakukan suatu aktivitas setiap hari, otak akan terlatih untuk tetap fokus dan belajar lebih banyak tentang hal yang diminati.

Baca Juga: 4 Jenis Teman yang Kalian Butuhkan dalam Hidup

4. TERUSLAH BERPROSES

Suka Banyak Hal? Ini Cara Memilih Bidang yang Ingin Kamu Tekuni

Foto: Sasint/Pixabay

Setelah kamu terbiasa dengan rutinitas yang dibuat untuk menekuni suatu bidang, tetaplah berlatih. Dengan mendengar pendapat orang lain, kamu akan tahu bagian mana dari kemampuanmu yang masih harus dikembangkan.

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengikuti komunitas atau program sukarelawan sesuai dengan bidang yang kamu tekuni. Dengan begitu, kamu akan dapat pengetahuan baru dan menjalin relasi dengan orang yang memiliki ketertarikan sama denganmu.

Andin Danaryati
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @andindan_
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4061 seconds (0.1#10.140)