BTS di PBB Hari Ini: Jadwal, Pesan Pidato, dan Link Menontonnya

Senin, 20 September 2021 - 11:25 WIB
loading...
BTS di PBB Hari Ini: Jadwal, Pesan Pidato, dan Link Menontonnya
BTS mendapatkan paspor diplomatik untuk menjalankan tugas sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Generasi Masa Depan dan Budaya Korea Selatan. Foto/HYBE
A A A
JAKARTA - BTS akan mengikuti kegiatan United Nations General Assembly (UNGA) atau Sidang Umum PBB ke-76 yang digelar mulai 20 September.

BTS akan menyampaikan pidato sekaligus menayangkan video khusus pada program Sustainable Development Goals (SDG) Moment 2021 di General Assembly Hall di Markas Besar PBB di New York City, Amerika Serikat.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum menonton pidato BTS dalam acara ini.

1. WAKTU DAN JADWAL PIDATO

BTS di PBB Hari Ini: Jadwal, Pesan Pidato, dan Link Menontonnya

Foto: unfoundation.org

SDG Moment 2021 akan berlangsung pada hari ini (20/9) mulai pukul 19.00 WIB. BTS akan berpidato setelah Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyampaikan sambutannya. Dalam jadwal acara yang dirilis PBB, BTS akan hadir dalam sesi pertama, yaitu dalam durasi 40 menit pertama acara tersebut.

Acara akan dimulai dengan pidato sambutan dari Sherwin Bryce Pease (Kepala Biro PBB, Perusahaan Penyiaran Afrika Selatan) dan Juju Chang (pembawa berita ABC News, "Nightline", ABC News).

Kemudian dilanjutkan dengan penayangan film terkait agenda "SDGs: The World’s To-Do List". Berikutnya, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Presiden Majelis Umum PBB Abdulla Shahid akan menyampaikan sambutannya.

Baca Juga: 6 Lagu BTS tentang Depresi, tapi Liriknya Tetap Memotivasi

Agenda berikutnya adalah presentasi dari Claire Casey, Kepala Kebijakan dan Wawasan Global di Economist Impact

Setelah itu, barulah Presiden Moon Jae-in menyampaikan pidatonya sebagai perwakilan para pemimpin dunia. Mengutip Daum, dia menjadi satu-satunya pemimpin negara yang menyampaikan pidato langsung di atas panggung PBB pada tahun ini.

Moon Jae-in juga akan mengenalkan BTS sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Generasi Masa Depan dan Budaya. Barulah BTS muncul menyampaikan pidato secara langsung dan pemutaran video penampilan khusus mereka.

2. SEMUA MEMBER AKAN NAIK PANGGUNG

BTS di PBB Hari Ini: Jadwal, Pesan Pidato, dan Link Menontonnya

Foto: UNICEF

Mengutip Daum, semua member BTS akan naik ke atas panggung Sidang Umum PBB untuk menyampaikan pidatonya. Namun tak jelas apakah ini artinya semua member juga akan berbicara.

Sebelumnya pada 24 September 2018, BTS juga berpidato di Sidang Umum PBB dalam acara UNICEF "Generation Unlimited". Namun saat itu hanya sang leader, RM, yang berpidato selama tujuh menit menggunakan bahasa Inggris. Saat itu, RM mengajak seluruh anak muda berani menyuarakan pendapatnya, tak peduli asal-usul atau identitas mereka.

Sementara pada 2020, BTS juga tampil untuk UNICEF lewat video yang direkam sebelumnya. Mereka menyampaikan pesan terkait semangat untuk bertahan dan tetap berharap yang terbaik selama pandemi COVID-19 berlangsung. Saat itu, semua member berbicara, baik dalam bahasa Inggris maupun Korea.

BTS sudah menjadi mitra PBB sejak 2017, yaitu saat mereka meluncurkan kampanye “LOVE MYSELF” bersama UNICEF. UNICEF adalah badan PBB yang berfokus pada isu kemanusiaan dan pengembangan bagi anak-anak di seluruh dunia.

3. YANG AKAN DISAMPAIKAN BTS DALAM PIDATO

BTS di PBB Hari Ini: Jadwal, Pesan Pidato, dan Link Menontonnya

Foto: Green Garten/AFP

Dalam SDG Moment 2021, BTS akan berbicara tentang "Pemuda dalam Era COVID-19". Tema ini sudah sempat diungkap BTS dalam pidato tahun 2020.

Pada pidato tahun lalu tersebut, tiap member menceritakan pergulatan mereka dalam menghadapi pandemi, terutama karena semua rencana mereka, termasuk rencana tur dunia, terpaksa dibatalkan. Mereka juga mengajak seluruh anak muda di dunia untuk tidak kehilangan harapan dan mengkreasikan ulang (re-imagined) dunia mereka.

Sebelumnya, BTS lewat akun Twitter mereka juga sudah mengajak para penggemarnya untuk menyampaikan pengalaman dan pendapat mereka selama menjalani pandemi. Mereka menggunakan tagar #YouthToday #YourStories

Grup terbesar di dunia saat ini tersebut menanyakan, "Bagaimana duniamu saat ini?" dan meminta penggemar menggambarkan hal-hal yang menurut mereka paling berharga dengan menggunakan kata-kata, emoji, atau gambar. Tampaknya, pendapat-pendapat ini nantinya akan disampaikan BTS dalam pidato mereka di PBB.

4. TENTANG SDG


BTS di PBB Hari Ini: Jadwal, Pesan Pidato, dan Link Menontonnya

Foto: sdg2030indonesia.org

Mengutip situs web resmi SDG Indonesia, SDG atau Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan.

Agenda SDG berisi 17 tujuan dan 169 target yang diharapkan bisa dicapai pada 2030. Agenda ini berlaku bagi seluruh negara, sehingga setiap negara memiliki kewajiban moral untuk mencapai Tujuan dan Target SDG.

Saat SDG disahkan pada 25 September 2015 di Markas Besar PBB, Indonesia diwakili oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Di Indonesia, pemerintah bekerja sama dengan sejumlah LSM untuk mencapai target SDG, yaitu antara lain dengan Koalisi Perempuan Indonesia untuk Keadilan dan Demokrasi, Yayasan Kesehatan Perempuan, Migrant Care, International NGO Forum on Indonesian Development (INFID), dan Ohana yang fokus pada kesetaraan hak untuk anak-anak dan perempuan disabilitas.

Baca Juga: Simak dan Baca 7 Rekomendasi Buku dari RM BTS Ini

Sementara pada pertemuan SDG Moment 2021, para anggota diagendakan untuk menilai dan mengevaluasi ke-17 tujuan yang sudah ditetapkan, terutama dikaitkan dengan tantangan pada masa pandemi.

Setidaknya ada 30 anggota dari negara dan para pemangku kepentingan yang akan menghadiri acara ini, baik secara langsung maupun daring.

5. CARA MENONTON DAN TANTANGAN BAGI PBB

BTS di PBB Hari Ini: Jadwal, Pesan Pidato, dan Link Menontonnya

Foto: UNICEF

Kamu bisa menonton pidato BTS dan seluruh rangkaian acara SDG Moment 2021 di sini . Yang menarik, PBB tampaknya sudah mengetahui bahwa akan banyak sekali penggemar BTS yang akan menyimak acara tersebut.

Dalam salah satu artikel yang dipublikasikan di situs resminya, PBB menyebut bahwa tim IT mereka akan berjuang untuk menghadapi lalu lintas padat di seluruh akun media sosial mereka. Sebelumnya, saat BTS melakukan pidato pada 2018 dan perilisan pidato pada 2020, tim IT juga disebut "berjuang keras" dengan serbuan membludak dari para penggemar yang antusias.

Dalam beberapa hari sebelumnya, akun media sosial PBB dan para petinggi PBB juga berulang kali menyampaikan informasi kehadiran BTS dalam Sidang Umum PBB.

Selain menonton pidato BTS, buat kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang SDG, bisa mengecek langsung situs web SDG Indonesia di sini .
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)