Simak dan Baca 7 Rekomendasi Buku dari RM BTS Ini

Simak dan Baca 7 Rekomendasi Buku dari RM BTS Ini
RM BTS dikenal sebagai idol berotak cerdas dengan IQ 148 dan gemar membaca segala jenis buku. Foto/Twitter @btsbighit
JAKARTA - Bukan cuma terkenal karena kesuksesannya sebagai musisi dan pemimpin grup idola paling terkenal saat ini, RM BTS juga terkenal karena kecerdasan dan hobinya membaca beragam buku.

Hebatnya, hal ini tidak cuma diketahui oleh ARMY—sebutan untuk penggemar BTS— tapi juga oleh publik.

RM BTS terbilang sering merekomendasikan buku-buku yang dibacanya kepada ARMY, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pemilik nama asli Kim Nam-joon ini pernah membagikan foto rak bukunya kepada ARMY melalui platform Weverse dan menyebut bahwa membaca adalah bagian dari rutinitas hariannya.



Lantas, buku apa saja, yang pernah direkomendasikan RM BTS, berikut di antaranya.

1. KILLING COMMENDATORE - HARUKI MURAKAMI (FIKSI)

Simak dan Baca 7 Rekomendasi Buku dari RM BTS Ini

Foto: via Amazon



RM merekomendasikan buku ini dalam siaran V Live pada November 2017. Buat kamu yang belum tahu, RM adalah salah satu penggemar Haruki Murakami.

Selain "Killing Commendatore", RM telah membaca buku-buku sang penulis Jepang tersebut, seperti "Norwegian Woods", "Kafka on the Shore", dan "IQ84". Menurut RM, dibandingkan dengan buku Haruki lain yang pernah ia baca, "Killing Commendatore" termasuk buku yang tidak terlalu sulit dipahami.

"Killing Commendatore" menceritakan tentang seorang pelukis yang diceraikan oleh istrinya. Dengan patah hati dan kesedihan mendalam, pelukis ini mengasingkan diri di sebuah rumah di wilayah pegunungan. Di rumah tersebut, sang pelukis menemukan lukisan bernama sama dengan judul buku dan hidupnya berubah sejak saat itu.

2. KIM JI YOUNG, BORN IN 1982 - CHO NAM JU (FIKSI)

Simak dan Baca 7 Rekomendasi Buku dari RM BTS Ini

Foto: Gramedia

Sama halnya dengan "Killing Commendatore", RM juga merekomendasikan buku ini dalam siaran V Live. RM mengatakan bahwa buku tersebut membuatnya merasakan berbagai emosi yang beragam.

"Kim Ji Young, Born in 1982" mengisahkan ibu muda bernama Kim Ji-young yang menderita depresi. Awalnya, Kim Ji-young bekerja di sebuah kantor dan dirinya sangat mencintai pekerjaan tersebut. Akan tetapi, karena menikah, punya anak, dan mendapat tekanan dari mertua, akhirnya Ji-young berhenti bekerja dan menjadi ibu rumah tangga.

Menjadi ibu rumah tangga adalah hal yang melelahkan, tapi tidak banyak orang yang mengakuinya. Lambat laun, Kim Ji-young menunjukkan gelagat aneh dan setelah berkonsultasi dengan psikolog, ia dinyatakan mengidap depresi. Buku ini telah diadaptasi menjadi film pada 2019 lalu.

3. ALMOND - SOHN WON PYUNG (FIKSI)

Simak dan Baca 7 Rekomendasi Buku dari RM BTS Ini

Foto: HYBE

Dalam salah satu episode "In The Soop", RM dan Suga terlihat sedang membaca buku ini. Novel karangan Sohn Won-pyung ini memang sempat ramai dibicarakan publik dan meraih predikat laris (best seller). Novel ini juga sudah ditejemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

"Almond" mengisahkan seorang anak bernama Yun-jae yang menderita alexithymia. Dia tidak dapat merasakan berbagai emosi, seperti marah atau ketakutan. Dia juga tidak pandai menerka perasaan orang lain hanya dari ekspresinya. Buku ini mengisahkan perjalanan Yun-jae dalam menerima kondisi dirinya sekaligus melampaui keterbatasan yang dia miliki.

Baca Juga: Mau Lancar Bahasa Inggris Tanpa Les Kayak Rich Brian? Ini Tipsnya

4. THE STRANGER - ALBERT CAMUS (FIKSI)

Simak dan Baca 7 Rekomendasi Buku dari RM BTS Ini

Foto: viaGoodreads

Buku ini terbagi atas dua bagian. Bagian pertama menggambarkan pribadi Monsieur Meursault yang dianggap sebagai orang asing (the stranger) di lingkungan sosialnya. Bagian kedua menceritakan keabsurditasan hidup manusia melalui kejadian yang menimpa Monsieur Meursault.

5. COSMOS: A PERSONAL VOYAGE - CARL SAGAN (NONFIKSI)

Simak dan Baca 7 Rekomendasi Buku dari RM BTS Ini

Foto: via Amazon

Buku ini pernah nangkringdi rak buku RM. Secara garis besar, buku nonfiksi ini menggambarkan tentang rahasia alam semesta yang dikemas dalam ilmu sains. Buku ini juga mengajak pembacanya untuk menelusuri kembali 14 miliar tahun evolusi kosmik yang telah mengungkap asal mula kehidupan, evolusi galaksi, otak manusia, dan lainnya.

Baca Juga: Alasan Kita Butuh Motivasi dan 8 Cara Mudah Memotivasi Diri Sendiri

6. THE STORY OF ART - ERNST GOMBRICH (NONFIKSI)


Simak dan Baca 7 Rekomendasi Buku dari RM BTS Ini

Foto: via Amazon

Buku "The Story of Art" juga termasuk salah satu buku yang didapati ada di rak buku RM berdasarkan foto yang diunggah di akun Weverse-nya. Buku ini menggambarkan perjalanan seni, mulai dari lukisan di dinding-dinding gua sampai seni eksperimental. Buku ini juga memperkenalkan beberapa seniman baru di era modern, seperti Corot, Kollwitz, Nolde, dan Brancussi.

7. MEN ARE FROM MARS, WOMEN ARE FROM VENUS - JOHN GRAY (NONFIKSI)

Simak dan Baca 7 Rekomendasi Buku dari RM BTS Ini

Foto: via Goodreads

Buku karangan penulis dan konselor hubungan asal Amerika Serikat ini secara garis besar memberikan kiat-kiat untuk meningkatkan kualitas komunikasi dalam hubungan. Dalam buku ini, dikatakan bahwa permasalahan hubungan yang paling umum antara laki-laki dan perempuan adalah perbedaan mendasar antarkedua jenis kelamin tersebut.

Sesuai judulnya, John Gray ingin menyampaikan bahwa laki-laki dan perempuan memang berbeda secara mendasar. Oleh sebab itu, diperlukan kiat-kiat untuk meningkatkan kualitas komunikasi dalam hubungan.


Yohanna Valerie
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @yohannavalerie18


(ita)
Share: