Fakta-Fakta yang Membuat Hidup Batman Menyedihkan

Senin, 13 September 2021 - 00:09 WIB
loading...
Fakta-Fakta yang Membuat Hidup Batman Menyedihkan
Batman memang selalu tampak keren. Dia kaya, punya segalanya dan seorang superhero. Tapi, di balik itu, banyak fakta yang membuat hidupnya jadi menyedihkan. (Foto: Den of Geek)
A A A
Batman adalah salah satu tokoh sentral di DC Universe dengan tugas terberat. Dia harus menjaga keamanan salah satu kota paling berbahaya dan planet ini sebagai anggota Justice League. Jadi, kalau dia tidak sedang menghadapi penjahat di bumi, maka dia pergi melawan ancaman dari luar planet. Jadi, kapan Batman punya waktu untuk bersenang-senang?

Menjadi Batman memang sekilas terlihat keren. Dia kaya, selalu dikelilingi wanita cantik dan punya berbagai macam senjata untuk menghadapi musuhnya. Namun, dia juga punya sisi kelam yang membuat hidupnya jadi menyedihkan. Meskipun terus mengalami perubahan di komik, tapi kesengsaraan tak pernah pergi darinya. Jadi apa saja yang membuat hidup Batman menyedihkan? Dikutip dari CBR, berikut ulasannya!



1. Tidak punya kehidupan pribadi
Fakta-Fakta yang Membuat Hidup Batman Menyedihkan

Salah satu alasan mengapa banyak superhero mengenakan topeng adalah agar mereka bisa punya tempat aman untuk bertarung. Punya kehidupan pribadi itu sangat penting. Ini membuat si pahlawan bisa menyeimbangkan semuanya dan mengisi ulang batere mereka. Tapi, Batman memakai topeng untuk alasan berbeda. Baginya, topeng itu hanyalah citra, terutama ketika dia menjadi bagian dari aparatur penegak hukum Gotham. Identitas rahasia Batman pun tidak penting. Dia cukup kaya untuk membayar perlindungan terbaik bagi dia dan keluarganya. Topeng itu tidak ada artinya untuk melindungi kehidupan pribadinya karena dia tidak punya. Dia melawan kejahatan, membantu Justice League dan terkadang ikut rapat dewan direksi atau acara sosial. Seluruh hidupnya adalah pertarungan.

2. Tindakannya membuat keluarganya dalam bahaya
Fakta-Fakta yang Membuat Hidup Batman Menyedihkan

Batman telah membangun keluarga terhormat bagi dirinya, yang membantunya melawan iblis. Contoh dan pelatihannya membuat mereka tetap hidup dalam pertarungan mereka dan mereka pun dekat. Masalahnya, Batman tahu hal-hal buruk terjadi pada orang-orang yang dia sayangi karena kehadirannya di kehidupan mereka. Jason Todd dibunuh. Barbara Gordon lumpuh. Dick Grayson ditembak di kepalanya. Setiap anggota Bat-Family berada dalam bahaya karena Batman tidak tahan membawa mereka masuk ke kehidupannya yang gila. Dia mengajari mereka dengan baik, tapi, itu tidak berarti kalau dia role model yang baik.

3. Tahu dia tidak akan berhasil
Fakta-Fakta yang Membuat Hidup Batman Menyedihkan

Batman terlahir dari hasrat balas dendam seorang anak. Bocah berusia 9 tahun yang melihat orangtuanya dibunuh lalu mendongak dan berkata, “Tidak lagi.” Sementara tujuannya itu mulia, ini juga mustahil. Tidak mungkin kalau Batman bakal membersihkan Gotham. Bahkan, dengan sepasukan superhero, kejahatan dan kemiskinan yang menyebabkannya bukanlah sesuatu yang mudah dikalahkan. Bruce Wayne menghabiskan uangnya dan masalahnya tetap ada. Pencarian Batman pun akhirnya sia-sia dan bagian terburuknya, dia tahu. Dia pergi ke luar tiap malam dan tahu kalau dia tidak akanserta tidak bisa berhasil.

4. Tahu kalau dia memperburuk keadaan

Fakta-Fakta yang Membuat Hidup Batman Menyedihkan

Ada pemikiran kalau salah satu alasan mengapa penjahat di Gotham itu sangat berbahaya dan berhasil adalah karena Batman. Pemikiran ini cukup liar. Agar penjahat itu sukses di Gotham, mereka harus menjadi terbaik dari yang terbaik. Para penjahat dan geng sukses di Gotham telah menjadi predator utama karena Batman. Cape Crusader pun tahu soal ini. Dia adalah orang yang sangat cerdas. Dia tahu kalau setiap kali dia jadi lebih baik, maka mereka pun akan jadi lebih baik. Bukan hanya karena Batman tahu kalau semua misinya ini sia-sia, tapi, karena dia juga tahu kalau itu hanya akan membuat musuhnya jadi lebih berbahaya.

5. Kehidupan asmaranya kacau balau
Fakta-Fakta yang Membuat Hidup Batman Menyedihkan

Dalam beberapa tahun belakangan, Batman dan Catwoman punya hubungan yang cukup baik, yang mana pengecualian di kehidupan Batman. Bahkan, hubungan itu pun punya banyak masalah karena siapa mereka. Sebelum Catwoman, Batman sudah menjalani banyak hubungan dan semuanya terluka akibat hidupnya sebagai Batman. Apakah itu karena obsesinya melawan kejahatan atau obsesinya membunuh siapa pun yang bersamanya, Batman telah kehilangan banyak wanita yang dia cintai akibat hidupnya sebagai superhero.

6. Tekanan sebagai Batman itu sangat besar
Fakta-Fakta yang Membuat Hidup Batman Menyedihkan

Salah satu momen paling realistis Batman muncul dari Infinite Crisis #3. Dunia runtuh di sekitar Batman dan dia kena serangan panik. Kehidupan Batman itu sangat stres. Dari kehidupan sehari-harinya di Gotham hingga segudang misi di luar kota itu bersama Justice League, stres Batman itu gila besarnya. Dia punya penjahat yang berusaha menguak siapa dirinya, penjahat yang berusaha mencari cara lolos darinya dan semua ancaman yng dia terima sebagai anggota Justice League. Kehidupannya penuh kecemasan yang tidak terbayangkan.

7. Temannya pun takut padanya
Fakta-Fakta yang Membuat Hidup Batman Menyedihkan

Batman punya reputasi tertentu. Penampilannya dan caranya melakukan banyak hal dibangun untuk melayangkan ketakutan ke jantung para musuhnya. Ini sangat efektif, nyatanya, terlalu efektif. Pahlawan di DC Universe menghormati Batman. Tapi, banyak yang takut padanya. Bahkan mereka yang sangat dekat dengannya pun sangat takut padanya karena mereka tahu Batman sudah tahu bagaimana cara membunuh mereka. Batman hidup dengan banyak hal. Tapi, tahu kalau semua temannya takut padanya dan sama sekali tidak percaya padanya itu tidak mudah baginya. Bagian terburuknya adalah dia tahu kalau dia memang layak mendapatkan perlakuan seperti itu.

8. Dia dan Joker terkunci di pusaran kematian
Fakta-Fakta yang Membuat Hidup Batman Menyedihkan

Batman punya banyak penjahat hebat dan yang terbaik punya dimensi pribadi atas permusuhannya dengan Batman. Sebagian besar akan sepakat kalau musuh terbesar Batman adalah Joker dan ada alasan bagus soal ini. Dua orang ini ada di dua sisi yang berbeda di satu koin yang sama. Batman adalahketertiban dan Joker adalah kekacauan. Keduanya terkait dan kaitan itu telah mengunci mereka di pusaran kematian. Pertarungan Batman dan Joker tidak akan pernah berakhir sampai salah satu dari mereka mati. Joker akan menghancurkan semua yang disukai Batman dan Batman tidak akan berhenti menghentikannya. Hanya ada satu cara yang membuat pertarungan mereka berakhir.



9. Kehilangan orang yang merawatnya
Fakta-Fakta yang Membuat Hidup Batman Menyedihkan

Batman telah menjalani banyak duka selama bertahun-tahun dan salah satu yang terbesar terjadi beberapa waktu lalu. Di komik, Bane membunuh Alfred sebagai hukuman karena Damian Wayne menyelinap ke Gotham. Ini adalah pukulan yang tidak bisa diremehkan Batman. Alfred mengambil alih peran orangtua Bruce setelah mereka tewas. Dia merawat Bruce seperti anaknya sendiri dan berperan sebagai ayah dan ibu baginya. Kehidupan Batman dibentuk trauma dan Alfred selalu ada untuk membantu. Kehilangan dia adalah pukulan bagi Batman. Batman tahu kalau semua itu salahnya.

10. Melihat langsung orangtuanya bersimbah darah saat dia masih kecil
Fakta-Fakta yang Membuat Hidup Batman Menyedihkan

Peristiwa yang membentuk hidup Batman adalah malam ketika orangtuanya tewas dibunuh. Itu mewakili garis demarkasi yang tajam dalam hidupnya. Bruce Wayne mulai sekarat malam itu.Batman pun mulai tumbuh di dalam tubuh bocah yang melihat orangtuanya bersimbah darah di trotoar dingin di depannya. Bruce melihat orang-orang yang dia cintai lebih dari siapa pun mati di depan matanya. Trauma itu mengubah dia selamanya. Ini secara efektif membunuh apa pun yang akan dia punyai di masa depan dan menempatkannya di jalanan untuk menjadi Batman. Sebuah kehidupan yang memberikan kelegaan dari rasa sakit dan sekaligus membuatnya tambah parah.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4224 seconds (0.1#10.140)