The Riddler, Musuh Kuat Bruce Wayne di Film The Batman

Jum'at, 10 September 2021 - 03:38 WIB
loading...
The Riddler, Musuh Kuat Bruce Wayne di Film The Batman
The Riddler akan menjadi musuh yang pas untuk Bruce Wayne di film The Batman karena film ini mengangkat masa awal Bruce menjadi Cape Crusade sebagai detektif. (Foto: JoBlo)
A A A
The Riddler adalah salah satu musuh bebuyutan paling terkenal di franchise Batman . Tokoh ini pernah tampil di layar lebar pada 1995 di Batman Forever dengan Jim Carrey sebagai pemerannya. Tahun depan, tokoh itu akan kembali ke layar bioskop dengan Paul Dano sebagai aktornya lewat film The Batman.

Dari teaser trailer pertama The Batman yang debut di DC FanDome beberapa waktu lalu, terlihat jika Riddler versi Paul ini akan sangat berbeda dengan Riddler sebelumnya. Meski begitu, belum diketahui secara pasti cerita komik mana yang menginspirasi sutradara sekaligus penulis The Batman, Matt Reeves, untuk film dan tokoh ini. Sebelumnya, Matt mengatakan, dia membuat The Batman dengan osmosis.



The Batman bakal menampilkan Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne. Film ini ber-setting tahun-tahun awal Bruce menjadi Batman. Di film ini, Bruce akan mengasah bakatnya sebagai detektif sehingga Riddler akan menjadi lawan yang pas baginya. Lantas siapakah The Riddler? Dikutip dari Slash Film, berikut ulasannya!

1. Asal usul The Riddler dari komik
The Riddler, Musuh Kuat Bruce Wayne di Film The Batman

The Riddler kali pertama tampil di Detective Comics #140 yang terbit pada 1948. Sampul komik itu memperlihatkan dia mengenakan leotard hijau yang bertaburan tanda tanya, sama seperti kostum yang dipakai Jim Carrey di Batman Forever. Di komik itu dikisahkan kalau dia suka teka teki sejak masih kecil dan tidak curang untuk menyelesaikannya. Saat bekerja di sebuah karnaval, dia memutuskan menjadi penjahat. Dia kemudian menantang Batman dan polisi dengan mengirimkan bagian-bagian truk raksasa untuk teka teki seukuran lapangan sepak bola. Selama bertahun-tahun, Riddler juga memakai nama belakang Nashton atau Nygma. Tapi, nama aslinya di komik adalah Edward Nigma, permainan kata-kata dari enigma.

Belum diketahui dari komik mana The Riddler di The Batman ini akan diangkat. Matt Reeves telah mengatakan kalau Batman: The Long Halloween dan Batman: Dark Victory adalah pengaruhnya di The Batman. The Riddler sama sekali tidak muncul di dua komik itu. The Riddler tampil lebih menonjol di Catwoman: When in Rome. Di komik itu, Riddler menemani Catwoman ke luar negeri. Tapi, di akhir cerita itu, Catwoman sadar kalau Riddler telah memanipulasinya demi mengetahui rahasia Batman. Di The Batman, Catwoman akan tampil dengan diperankan Zoe Kravitz.

The Riddler pada akhirnya mengetahui rahasia Batman di komik Hush. Dia tahu siapa Batman setelah menggunakan mistik al Ghul Ra, dengan memasukkan Lazarus Pit untuk menyembuhkan dirinya dari kanker. Dia menjadi dalang atas siapa yang mengendalikan penjahat lain di komik itu, termasuk Joker. Dia bahkan menyuruh Clayface meniru Robin kedua, Jason Todd, untuk melakukan permainan pikiran dengan Batman. Riddler kemudian kehilangan ingatan sehingga dia tidak tahu lagi kalau Bruce Wayne adalah Batman.

2. Penampilan The Riddler di live-action
The Riddler, Musuh Kuat Bruce Wayne di Film The Batman

The Riddler kali pertama tampil dalam versi live-action di serial Batman yang dibintangi Adam West. Diperankan Frank Gorshin, Riddler tampil di episode pertama Batman yang berjudul Hi Diddle Riddle. Frank berlatar belakang sebagai komedian dan peniru. Dia pun memerankan tokoh jahat itu dengan kegembiraan sehingga ada beberapa kali kesempatan dia nyaris melampaui penampilan Joker yang diperankan Cesar Romero. Di film Batman pada 1966, dia menjadi bintangnya saat penonton tertawa terbahak-bahak saat dia berada di kapal selam Penguin.
The Riddler, Musuh Kuat Bruce Wayne di Film The Batman

Riddler kembali tampil di versi live-action lewat film Batman Forever. Diperankan Jim Carrey, tokoh ini pun terasa hidup di film besutan Joel Schumacher yang dibintangi Val Kilmer itu. Riddler versi Jim tampil dengan kostum hijau bertanda tanyanya dengan rambut oranye dan tongkat emas. Dia pun mengucapkan kata seperti "Joy-gasm". Jim menampilkan Riddler ini mirip seperti ketika dia memerankan Ace Ventura. Aksinya ini membuat jengkel pemeran Two Face di film itu, Tommy Lee Jones.



3. Perubahan penampilan The Riddler di versi live-action
The Riddler, Musuh Kuat Bruce Wayne di Film The Batman

Banyak yang suka dengan penampilan Jim Carrey sebagai The Riddler di franchise Batman. Di Batman Forever, Riddler mampu meledakkan Batcave setelah tahu kalau Bruce Wayne adalah Batman. Dia awalnya adalah karyawan Wayne Enterprises, latar belakang yang pas dengan kontinuitasnya di komik. Namun, dengan Batman Forever berfokus pada Riddler, film ini tidak menua dengan baik. Film ini terlalu banyak memberinya kekuasaan dengan mencuci otak orang dan bahkan membuatnya mendapatkan takhta.

Riddler kemudian muncul lagi di layar kaca lewat serial Gotham dengan Cory Michael Smith sebagai pemeran Edward Nygma. Di serial produksi Fox itu, Edward adalah seorang ilmuwan forensik. Di serial ini, Riddler tampil sebagai sosok yang serius. Berbeda dengan yang digambarkan Jim Carrey di Batman Forever. Penggambaran ini sepertinya akan kembali berubah di The Batman.
The Riddler, Musuh Kuat Bruce Wayne di Film The Batman

Teaser trailer The Batman memperlihatkan Riddler dengan topeng goggle-nya melakban seorang pria sampai tewas. Dia menuliskan kata “Lies (Bohong)” di kening pria itu dan headline sebuah koran. Dia juga meninggalkan kartu ucapan untuk Batman dengan petunjuk enigmatik. Dia sepertinya ingin membalas dendam kepada petugas Kota Gotham yang korupsi.

Bisa dikatakan, Riddler di The Batman nyaris punya vibe Zodiac ala David Fincher. Kalau Matt Reeves memang mengangkat The Long Halloween, maka mungkin saja kalau Riddler di The Batman akan mengambil peran yang sebanding dengan pembunuh di cerita itu. Satu hal lagi, Paul Dano adalah aktor dramatis yang bagus, dia mampu berhadapan langsung dengan Daniel Day-Lewis di There Will Be Blood. Namun, apa pun bentuk Riddler-nya di The Batman, tidak akan ada kata "Joy-gasm" yang dia ucapkan di film ini.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)