Ranking 10 Aktor Pemeran Superman Sesuai Karakternya di Komik

Jum'at, 10 September 2021 - 05:38 WIB
loading...
Ranking 10 Aktor Pemeran Superman Sesuai Karakternya di Komik
Tidak semua aktor yang memerankan Superman bisa melakonkan tokoh itu dengan baik atau setidaknya sesuai karakternya yang ada di komik. Ada yang malah berbeda. (The Atlantic)
A A A
Hingga saat ini, sudah ada setidaknya 19 aktor yang memerankan Superman di layar kaca atau pun layar perak. Tokoh ini dianggap sebagai superhero pertama di dunia dan hampir semua orang mengenalnya. Apalagi, dia sudah tampil di beragam serial televisi dan juga film.

Tidak semua para aktor yang memerankan tokoh dengan nama asli Clark Kent itu bisa dengan baik menggambarkan Superman sesuai sumber materi aslinya di komik. Terlebih karena komik selalu mengubah status quo-nya, maka tidak heran kalau ini bukanlah kerja yang mdah. Sebaliknya, ada sejumlah aktor yang menggambarkan Superman seperti datang dari dunia lain karena tidak pas dengan komiknya. Lantas siapa saja aktor pemeran Superman yang sesuai komik? Dikutip dari ScreenRant, berikut ranking 10 aktor pemeran Superman yang sesuai lkomik!



10. John Haymes Newton — Superboy (1988)
Ranking 10 Aktor Pemeran Superman Sesuai Karakternya di Komik

Serial Superboy yang dirilis pada 80-an menceritakan tentang kehidupan Clark Kent di masa-masa kuliahnya. Serial ini terjadi setelah komik Silver Age Superboy. Tapi, sebelum Clark pindah ke Metropolis. Karena ini adalah periode kehuidupan Clark yang belum tereksplorasi sebelumnya, sulit menyebut kalau penggambaran Superboy di serial ini akurat, sesuai komiknya.

9. Gerard Christopher — The Adventures of Superboy (1989)
Ranking 10 Aktor Pemeran Superman Sesuai Karakternya di Komik

Di season 2, Superboy mengganti aktor utamanya dari John Haymes Newton menjadi Gerard Christopher. Nama serialnya kemudian berganti menjadi The Adventures of Superboy di season 3. Penggambaran Gerard terhadap karakter ini nyaris tidak punya dasar di komik. Jadi, dia punya masalah yang sama dengan John. Kedua aktor itu juga tampil seperti perundung yang ganteng ketimbang pahlawan.

8. Henry Cavill — Man of Steel & DCEU (2013 — Sekarang)
Ranking 10 Aktor Pemeran Superman Sesuai Karakternya di Komik

Sutradara Zack Snyder memang jago dalam mengadaptasi adegan ikonik dari komik ke layar lebar. Sayang, dia buruk dalam memahami materi sumber dan membuat karakter yang simpatik, etis atau bahkan disukai. Inilah mengapa Man of Steel dan sekuelnya gagal menangkap semangat Superman. Sementara Henry Cavill adalah aktor bagus, dia melakonkan Superman sebagai orang kasar berotot yang egois, bukan perwujudan harapan. Superman mematahkan leher Zod di akhir Man of Steel. Dalam aksi itu, dia tidak hanya membunuh musuh, tapi juga pusat moralnya sendiri. Sepertinya Warner Bros. berusaha membuat film dark edgy tentang Superman. Ini jelas salah memahami elemen paling dasar karakter tersebut.

7. Tom Welling — Smallville (2001)
Ranking 10 Aktor Pemeran Superman Sesuai Karakternya di Komik

Smallville adalah serial fantasi tentang Clark Ken muda yang tumbuh dewasa. Serial ini berhasil menyeimbangkan antara drama remaja pasangan muda dan menua dengan elemen gaib padat aksi yang memuatnya menjadi cerita superhero yang bagus. Sementara serial ini bagus, Clark Kent versi ini adalah seorang atlet dan remaja ganteng pujaan para wanita. Ini adalah intepretasi menyenangkan atas karakter itu tapi jauh dari sosok Clark Kent di komik yang canggung dan kutu buku yang hanya berkomitmen pada Lana, cintanya dari masa SMA.

6. Brandon Routh — Superman Returns (2006)
Ranking 10 Aktor Pemeran Superman Sesuai Karakternya di Komik

Superman Returns melakukan banyak hal yang benar tapi juga sedikit salah. Ini membuat penggemar terpecah apakah mereka suka film ini atau tidak. Salah satu hal yang benar di film ini adalah penggambaran Superman. Premis film ini termasuk kembalinya Superman setelah lima tahun absen. Identitas sipilnya, Clark Kent, kembali bekerja sebagai reporter canggung di Daily Planet. Superman versi ini berhasil mencampur kesenangan heroik ala Hercules dengan optimisme harapan sejati. Film itu terus menerus memperlihatkan Superman dengan citra mirip Yesus yang mungkin bukan tema yang akan dibuat dua penciptanya yang Yahudi.

5. Christopher Reeve — Superman The Movie (1978)
Ranking 10 Aktor Pemeran Superman Sesuai Karakternya di Komik

Ada banyak yang dilakukan dengan benar oleh film ini. Kekuatan, tenaga, dan optimisme Superman benar-benar terealisasikan sepenuhnya. Sementara, Christopher memberikan penampilan sekuat otot baja karakternya, dalam kehidupan biasanya sebagai Clark Kent, dia juga pemalu, tapi manis dan seorang reporter andal. Masalah terbesar di film ini adalah adegan kondang di mana Superman mengembalikan waktu dengan terbang mengelilingi bumi dan mengubah arah rotasinya. Padahal, waktu tidak berjalan seperti itu dan jelas kalau kekuatan Superman tidak bekerja seperti itu.

4. George Reeves — Adventures of Superman (1952)
Ranking 10 Aktor Pemeran Superman Sesuai Karakternya di Komik

Untuk sebuah adaptasi televisi dari komik, serial ini bagus, menimbang kapan perilisannya. George mampu memperlihatkan Superman sebagai orang kuat yang terbang, melakukan adegan Silver Age yang lucu dengan cara yang memperlihatkan kesenangan ringan kekuatan besar pahlawan asal planet Krypton itu. Di sisi lain, George menggambarkan Clark Kent sebagai pria yang percaya diri dan kompeten. Meskipun sebagian besar orang mengira Clark itu kikuk, reporter yang lebih kompeten ini lebih dekat dengan bagaimana Clark tampil di debutnya di Action Comic #1. Selain itu, unutk serial televisi di tahun 50-an, jelas ada aspek yang sudah kuno, tapi sekuen terbangnya hebat.

3. Dean Cain — Lois And Clark: The New Adventures of Superman (1993)
Ranking 10 Aktor Pemeran Superman Sesuai Karakternya di Komik

Dari berbagai penampilan live-action Superman, hanya sedikit yang bisa dibandingkan dengan Dean Cain di Lois and Clark: The New Adventures of Superman. Serial ini muncul tak lama setelah serial Superboy berakhir. Serial ini memulihkan rasa kasih sayang, kehormatan, keberanian dan kepintarannya. Untuk serial yang dibuat pada awal 90-an, ada sejumlah masalah, tapi serial itu cukup sukses yang memperlihatkan seperti apa Superman seharusnya.



2. Kirk Alyn — Superman Serial (1948)
Ranking 10 Aktor Pemeran Superman Sesuai Karakternya di Komik

Film seri ini muncul hanya 10 tahun setelah Superman debut di Action Comics #1 pada 1938. Intepretasi Golden Age karakter ini muncul bahkan sebelum Smallville diberi nama di komik. Seri kedua mempertemukan Superman dengan penjahat klasiknya, Lex Luthor—yang juga belum diberi nama depan di komik. Serial ini akurat dengan komiknya. Serial itu menunjukkan semuanya dari hancurnya Krypton ke masa kanak-kanak Clark Kent hingga ke waktunya saat bekerja di Daily Planet di Metropolis. Efeknya masih kuno, tapi aktornya, Kirn Alyn dengan meyakinkan tampil sebagai Superman yang sesuai komiknya. Kirn itu berani, sedikit pamer, dan orang yang benar-benar peduli untuk membantu orang lain.

1. Kevin Caliber & Tyler Hoechlin — Supergirl (2015)
Ranking 10 Aktor Pemeran Superman Sesuai Karakternya di Komik

Kevin Caliber dan Tyler Hoechlin telah memerankan Superman di serial Supergirl di CW. Karena karakter Superman bukanlah fokus utamanya, dia tidak diberi waktu tampil yang banyak. Jadi, hanya ada sedikit peluang untuk menyingkir dari komiknya. Tidak hanya kekuatan dan kepribadian Superman yang pas, hubungannya dengan sepupunya, Kara juga tepat. Ini membuat serial itu sebagai adaptasi yang paling sesuai komik hingga saat ini.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2415 seconds (0.1#10.140)