Teori: Wanda, Loki dan Doctor Strange Buka Multiverse Bersamaan

Teori: Wanda, Loki dan Doctor Strange Buka Multiverse Bersamaan
Sebuah teori menyebutkan kalau Wanda Maximoff, Loki dan Doctor Strange secara tidak sengaja telah membuka multiverse dalam waktu yang bersamaan. (Twitter)
Marvel Cinematic Universe (MCU) dan teori-teori yang diungkapkan para penggemarnya memang tidak dipisahkan. Apalagi, saat ini dengan Fase 4 telah dimulai dan benang merah telah terlihat, yaitu multiverse . Tema ini sudah terlihat di serial seperti WandaVision , Loki dan What If…? Multiverse juga akan muncul di Spider-Man: No Way Home sebagaimana terlihat di trailer-nya. Kini, teori terpopuler yang muncul adalah Wanda Maximoff, Loki dan Doctor Strange secara tidak sengaja menciptakan multiverse itu dalam waktu yang bersamaan. Dan, tentu saja ada penjelasannya terkait teori ini.

Sejak trailer Spider-Man: No Way Home dirilis, banyak bermunculan meme yang berpusat pada Doctor Strange yang membuka multiverse di film tersebut. Tindakan ini terjadi setelah Loki melepaskan multiverse di serialnya. Sementara, Strange adalah dalang di balik rencana 5 tahun untuk mengalahkan Thanos . Jadi, apakah dia akan menjadi orang yang memperbaiki semuanya?
Teori: Wanda, Loki dan Doctor Strange Buka Multiverse Bersamaan

Di teaser trailer Spider-Man itu, Doctor Strange diketahui punya andil dalam mengacaukan ruang dan waktu yang menyebabkan multiverse. Ada pembahasan apakah Strange telah mengucapkan mantra berbahaya hanya karena Peter Parker memintanya atau tidak. Ada kemungkinan kalau Marvel telah memotong trailer itu untuk menyesatkan, seperti yang biasa mereka lakukan. Sekarang, sepertinya ketidakmampuan Peter Parker untuk berhenti bicara selama proses pemantraan yang kompleks bisa menyebabkan mantra itu lolos dari genggaman Strange dan jadi kacau. Ini menyebabkan pembengkokan ruang dan waktu.

Baca Juga: Doctor Strange Jadi 'Mephisto', Ini Sinopsis Spider-Man: No Way Home

Ini menyebabkan sejumlah orang mengemukakan teori kalau itu bukanlah peristiwa di serial televise atau pun film Marvel. Dikutip dari ScreenRant, mereka juga berpendapat kalau tidak satu pun karakter ini bertanggung jawab telah merusak semuanya dan menciptakan multiverse. Alih-alih, semuanya terjadi karena kombinasi apa yang dilakukan Loki—dalam hal ini sebenarnya adalah Sylvie, Scarlet Witch dan Strange. Masing-masing merusak satu bagian multiverse ini pada saat yang sama—atau setidaknya dalam waktu yuang berdekatan. Ini menciptakan kunci yang cukup kuat untuk membengkokkan kontinum ruang dan waktu yang menyebabkan terciptanya seluruh multiverse.
Teori: Wanda, Loki dan Doctor Strange Buka Multiverse Bersamaan

Teori ini memang masuk akal. Meskipun Wanda sendiri rasanya cukup mampu untuk menciptakan kekuatan sebesar itu, tapi tidak ada satu pun yang dia lakukan yang sepertinya cukup mampu memecah semesta. Sylvie dan Loki jelas menyebabkan sejumlah kersuakan, tapi belum tentu jelas secepat apakah linimasa terpisah akan mulai memperhatikan dan bersimpangan satu sama lain. Cerita He Who Remains sepertinya mengindikasikan kalau ini akan butuh waktu. Dan, sulit diketahui bagaimana mantra penghilang ingatan Strange juga akan cukup kuat menciptakan skenario di mana ruang dan waktu benar-benar kusut.
Teori: Wanda, Loki dan Doctor Strange Buka Multiverse Bersamaan

Waktunya juga pas. Peristiwa di WandaVision dimulai sekitar tiga pekan setelah akhir Avengers: Endgame ketika Wanda melepaskan sihir kacau besarnya untuk menciptakan Westview. Sementara, serial Loki dimulai di saat yang sama ketika bagian ketika Avengers: Endgame dimulai, meski di linimasa berbeda. Aksi utama Loki terjadi hanya dalam waktu beberapa hari, tapi Loki menghabiskan waktu dilatih di Otoritas Variasi Waktu (TVA) sebelum penugasan pertamanya. Mungkin, pelatihan itu terjadi selama beberapa pekan. Itu artinya, peristiwa di finale Loki ketika Loki dan Sylvue menghancurkan Linimasa Keramat yang dititahkan He Who Remains terjadi ketika Wanda mengucapkan mantranya.



Baca Juga: 6 Penjahat yang Dihadapi Peter Parker di Spider-Man: No Way Home

Sementara, Spider-Man: No Way Home adalah satu-satunya proyek MCU yang tidak pas dengan linimasa ini. Spider-Man: Far From Home terjadi sekitar 8 bulan setelah Endgame. Sedangkan, No Way Home terjadi tepat setelah itu. Ini meninggalkan dua kemungkinan. Pertama, Loki, Sylvie dan Wanda memulai kerusakan itu, dengan membangun semua jarum multiverse yang diruntuhkan mantra Strange. Kedua, multiverse sebenarnya sudah kacau tanpa disadari Doctor Strange. Inilah mengapa mantranya jadi salah yang kemudian membuatnya tahu masalahnya.

Namun, sepertinya Doctor Strange tidak akan terlena seperti itu. Apalagi di Thor: Ragnarok , dia mengonfirmasi kalau dia memonitor tiap ancaman individu yang akan datang ke Bumi, termasuk Loki. Jadi, tidak masuk akal kalau dia tidak memperhatikan pecahnya ruang dan waktu selama berbulan-bulan. Penjelasan paling logis adalah aksi Sylvie, Loki dan Wanda telah memulai multiverse. Namun, mantra Strange mempercepa akibatnya. Mantra itu mengempaskan pintunya terbuka lebar dan membuat realitas lain masuk.


(alv)
Share: