Rekomendasi Novel Sejarah yang Wajib Kamu Baca

Rabu, 25 Agustus 2021 - 20:29 WIB
loading...
Rekomendasi Novel Sejarah yang Wajib Kamu Baca
Membaca novel berlatar sejarah akan sangat mengasyikkan karena membaurkan antara fiksi dan peristiwa nonfiksi. Foto/Lubos Houska, Pixabay
A A A
JAKARTA - Apakah kamu termasuk yang malas membaca buku sejarah, tapi semangat saat membaca novel? Nah, sebenarnya ada novel-novel dengan latar sejarah yang asyik buat dibaca, sekaligus bikin kamu bisa belajar tentang sejarah.

Saat membaca novel sejarah, kamu akan dituntut berpikir kritis karena harus memilah informasi sejarah yang benar terjadi atau hanya rekaan penulis. Berikut tiga rekomendasi novel sejarah yang wajib kamu baca.

1. BUMI MANUSIA

Rekomendasi Novel Sejarah yang Wajib Kamu Baca

Foto: Lentera Dipantara

Novel klasik karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer ini memang sempat menarik perhatian banyak orang ketika akan difilmkan. walaupun ternyata dalam film lebih banyak mengangkat soal percintaannya. Namun, novelnya kaya akan sejarah menceritakan sosok protagonis Minke melawan tradisi penjajahan Belanda, tapi tetap dengan kesopanan.

Baca Juga: Ini 5 Genre Buku Antimainstream, Belum Banyak Orang Tahu

2. SANG KERIS

Rekomendasi Novel Sejarah yang Wajib Kamu Baca

Foto: Gramedia

Novel karya Panji Sukma ini sedikit berbeda, karena kita akan dibawa berjalan-jalan melalui sudut pandang sebuah keris yang berpindah-pindah tangan. Kita akan dibawa menjelajahi Indonesia, dari zaman kerajaan hingga zaman modern.

Baca Juga: Simak dan Baca 7 Rekomendasi Buku dari RM BTS Ini

3. MAX HAVELAAR

Rekomendasi Novel Sejarah yang Wajib Kamu Baca

Foto: Mizan

Pasti tidak asing, kan, mendengar judul tersebut? Novel ini ditulis Multatuli dan menjelaskan bagaimana ketidakadilan, perampasan, dan penderitaan rakyat pribumi ketika penjajahan Belanda.

Wulan Sari
Kontributor GenSINDO
Universitas Pendidikan Indonesia
Instagram: @wulansari_239
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2496 seconds (0.1#10.140)