4 Alasan untuk Tetap Pakai Tabir Surya meski di Dalam Ruangan

Selasa, 10 Agustus 2021 - 14:24 WIB
loading...
4 Alasan untuk Tetap Pakai Tabir Surya meski di Dalam Ruangan
Kita disarankan untuk tetap memakai tabir surya atau sunscreen meskipun berada di dalam ruangan, terlebih jika ruangan berpendingin. Foto/Lukas, Pexels
A A A
JAKARTA - Merawat wajah memang bukan hal yang mudah, diperlukan rangkaian perawatan wajah seperti pembersih wajah micellar water, facial foam,toner, serum, masker, hingga tabir surya atau sunscreen.

Belum lagi ditambah dengan kebutuhan akan masalah wajah yang tiap orang berbeda-beda. Ada yang mengobati jerawat, ada yang menyamarkan kerutan atau garis halus, dan ada juga yang ingin mencerahkan wajah atau menyamarkan noda bekas jerawat.

Penggunaan rangkaian produk kecantikan pun harus digunakan secara rutin agar hasil atau manfaatnya terlihat. Walau begitu, tak jarang beberapa orang melewatkan beberapa rangkaian perawatan wajah termaksud tabir surya.

Banyak orang beranggapan bahwa beraktivitas di dalam ruangan tidak perlu menggunakan tabir surya karena tujuannya adalah untuk melindungi wajah dari paparan langsung sinar matahari. Padahal saat di dalam ruangan tetap diharuskan memakai tabir surya karena sinar matahari bisa menembus jendela-jendela rumah. Selain itu, masih ada lagi beberapa alasan lainnya, seperti berikut ini.

1. MELINDUNGI DARI PAPARAN SINAR UVA & UVB

4 Alasan untuk Tetap Pakai Tabir Surya meski di Dalam Ruangan

Foto: Tirachard Kumtanom/Pexels

Sinar UVA atau Ultraviolet A merupakan salah satu penyebab kulit terbakar karena memiliki gelombang yang lebih panjang. Mengutip skincancer.org , berbeda dengan sinar UVB, sinar UVA bisa menembus bagian kulit terdalam dari lapisan atas kulit sehingga paparan cahayanya bisa membuat penuaan kulit, menyebabkan kulit terbakar bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Sinar UVA bisa menembus jendela-jendela. Sementara Sinar UVB tidak bisa menembus kaca, tapi bisa merusak lapisan terluar kulit. Paparan keduanya tanpa memakai tabir surya bisa merusak kulit wajah, tak peduli jika beraktivitas di dalam maupun luar ruangan. Selain itu, penggunaan rangkaian perawatan wajah pun tidak akan bisa maksimal kalau tidak memakai tabir surya.

2. MELINDUNGI DARI PAPARAN SINAR CAHAYA BIRU (ELEKTRONIK)


4 Alasan untuk Tetap Pakai Tabir Surya meski di Dalam Ruangan

Foto:Cliff Booth/Pexels

Kita tak mungkin lepas dari gawai seperti ponsel atau laptop/komputer. Padahal alat ini punya efek cahaya biru untuk wajah. Mengutip dari penelitian yang dilakukan Unilever , sinar biru bisa menembus kulit lebih dalam dibandingkan sinar UV, melewati epidermis dan dermis hingga lapisan subkutis.

Walaupun tidak semua tabir surya menawarkan perlindungan akan sinar cahaya biru, tapi sebelum kamu membelinya pastikan tabir surya tersebut merupakan tabir surya fisik.

Tabir surya fisik bekerja di atas kulit dengan cara memantulkan sinar, berbahan dasar mineral titanium dioksida dan seng oksida sebagai bahan aktif utama untuk memblokir sinar secara fisik.

Baca Juga: 5 Produk Kecantikan Lokal yang Setara dengan Produk High End

3. MEMBANTU MENCERAHKAN ATAU MENYAMARKAN NODA JERAWAT

4 Alasan untuk Tetap Pakai Tabir Surya meski di Dalam Ruangan

Foto:Andrea Piacquadio/Pexels

Merek-merek perawatan wajah saat ini banyak menawarkan beragam manfaat di dalam satu produk, tapi saat kamu hendak membelinya, pastikan produk tersebut sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu. Ini sama halnya dengan memilih produk tabir surya.

Pada satu produk tabir surya seringkali dijumpai kandungan niacinamide, yang bisa mencerahkan serta menyamarkan noda bekas jerawat yang membandel.

Baca Juga: 5 Parfum Perempuan dengan Wangi Paling awet, Harganya juga Susah Dilupakan!


4. MAMPU MENGHIDRASI KULIT WAJAH
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)