10 Film tentang Olimpiade, Bisa Belajar tentang Arti Perjuangan

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 18:06 WIB
loading...
10 Film tentang Olimpiade, Bisa Belajar tentang Arti Perjuangan
Film Race bercerita tentang perjuangan atlet Amerika Serikat Jesse Owen dalam menghadapi diskriminasi ras di negaranya sendiri. Foto/Forecast Pictures
A A A
JAKARTA - Olimpiade Tokyo 2020 akan segera berakhir pada 8 Agustus mendatang. Banyak momen-momen haru dan penuh perjuangan selama nyaris dua minggu perhelatan akbar olahraga ini digelar.

Kisah-kisah serupa tentunya juga banyak terjadi dalam olimpiade-olimpiade sebelumnya. Sebagian ada yang dibuat dalam film dokumenter, ada pula yang diceritakan ulang secara fiksi. Berikut 10 di antaranya, mengutip South China Morning Post .

1. OLYMPIA 1 – FESTIVAL OF NATIONS

Disutradarai oleh Leni Riefenstahl, film ini menjadi film dokumenter olimpiade pertama yang dirilis pada 1938. Film ini menceritakan upaya Adolf Hitler menggunakan olimpiade untuk mempromosikan agenda Nazi-nya.

Seperti dalam film sebelumnya, Reifenstahl menggunakan alat – alat yang inovatif, seperti memobilisasi beberapa kameranya menggunakan rel, perangkat flotasi, balon udara panas, dan fotografi bawah air yang menjadikan film ini sebagai bentuk kecanggihan teknologi yang belum pernah terjadi sebelumnya pada era itu.



2. I, TONYA

Salah satu film biografi terbaik yang menceritakan kisah nyata perjuangan seorang mantan atlet ice skating, Tonya Harding (Margot Robbie) yang memiliki kisah pahit semasa hidupnya. Mulai dari kekerasan fisik sampai verbal dari orang terdekatnya, termasuk ibunya. Berkat kegigihannya, Tonya berhasil menjadi atlet seluncur terbaik di Amerika Serikat. Aksi penyerangan terhadap lawan mainnya,Nancy Kerrigan,yang melibatkan Tonya juga turut digambarkan dalam film ini.

Film yang disutradarai oleh Craig Gillespie ini banyak menginspirasi generasi muda tentang sebuah perjuangan. Film ini mendapatkan beberapa kategori dalam Academy Awards ke-90.



3. RACE

Film yang juga disutradarai Riefenstahl ini mengangkat cerita Olimpiade Musim Panas 1936 yang memperlihatkan seorang atlet berusia 22 tahun bernama Jesse Owen (Stephan James) menghadapi prasangka rasial dan drama kehidupannya, bahkan sebelum dia memenangkan tempat di tim olimpiade Amerika Serikat.

Olimpiade olahraga terbesar tersebut dipenuhi unsur politik dan sedang di tengah isu diskriminasi. Namun, Owen berusaha memenangkan pertandingan untuk membuktikan kemampuan di depan Adolf Hitler.



4. FOXCATCHER

"Foxcatcher" memperlihatkan kisah nyata yang mengerikan dari pegulat serta peraih medali emas olimpiade Mark Schultz (Channing Tatum) dan kakaknya, Dave (Mark Ruffalo). Konfliknya dimulai dengan rasa iri dari seorang Du Pont (Steve Carell) yang mempekerjakan mereka untuk melatih tim gulat pribadinya demi kejayaan olimpiade pada masa depan.

Sejak dirilis pada tahun 2014, Film ini juga mendapatkan banyak tanggapan positif dari kritikus dan mendapatkan “pengakuan universal”.

Baca Juga: 7 Film tentang Kompetisi Laga, Dijamin Seru!



5. DOWNHILL RACER

"Downhill Racer" menceritakan tentang Robert Redford sebagai pemain ski downhillmenggantikan rekan setimnya yang cedera. Alih-alih termotivasi oleh kemuliaan diri sendiri, dia malah berkonflik dengan sesama pemain ski serta pelatihnya, yang dimainkan oleh Gene Hackman.

Setiap kejadian yang ada dalam film ini diangkat dari kisah nyata dari beberapa rangkaian olahraga, seperti menangkap kecepatan melewati bahaya lereng dengan cara yang luar biasa dari seorang Robert Redford sebagai harapan olimpiade.



6. TOKYO OLYMPIAD

Film ini dibuat untuk Olimpiade Musim Panas ke-18 di Asia. Film "Tokyo Olympiad" kurang berfokus pada hasil dari setiap peristiwa dan perkembangan peserta dari setiap negara di Olimpiade Tokyo dan hanya berfokus pada kecakapan setiap individu dari mereka yang ambil bagian.

Film yang dibuat Kon Ichikawa ini awalnya menimbulkan kontra oleh penyelenggara Olimpiade Tokyo, yang memaksa penyuntingan ulang.



7. FISTS OF FREEDOM

Film dokumenter satu ini memperlihatkan pertandingan musim panas 1968 di Mexico City yang bertepatan dengan kerusuhan sipil pada saat itu. Film ini juga menceritakan perjuangan para atlet Afrika-Amerika menjelang pertandingan dan pengalaman mereka di Mexico City serta sikap pemberani mereka yang tak takut akan resiko.



8. ONE DAY IN SEPTEMBER

Disutradarai oleh Kevin Macdonald, film dokumenter ini memotret konflik antarnegara. "One Day in September" menceritakan tentang pembunuhan 11 atlet asal Israel pada 1972 di Olimpiade Musim Panas 1972 di Munich, Jerman.

Film yang luar biasa ini memenangkan Academy Award, sementara peristiwa tragis itu mengilhami operasi rahasia Mossad yang diperlihatkan dalam film Steven Spielberg 2005 yang mengerikan.



9. COOL RUNNINGS

"Cool Runnings" menjadi salah satu film komedi yang menceritakan pencapaian dalam olimpiade serta berhasil menjadi kisah underdog yang menghibur. Dalam film ini, John Candy berperan sebagai pelatih tim dari empat pemuda Jamaika yang berusaha memenangkan olimpiade bobsleigh.

Film ini terdapat banyak humor dari empat pemuda Jamaika tersebut. Banyak rintangan yang mereka lewati sampai akhirnya berhasil lolos ke Olimpiade Musim Dingin 1988 di Calgary.

Baca Juga: 8 Film untuk Bangkitkan Energi Positif saat Tahun Baru!



10. CHARIOTS OF FIRE

Salah satu film tentang olimpiade paling terkenal, menceritakan nasib dua atlet atletik asal Inggris, Ian Charleston dan Ben Cross yang bersiap bersaing daam pertandingan musim panas pada 1924 di Paris. Mereka terinspirasi oleh iman serta patriotisme dan ambisi pribadi mereka.

Lewat film ini, Ian Holm memenangkan satu-satunya nomine Piala Oscar sebagai pelatih Sam Mussabini. Namun, film yang dibuat pada tahun 1981 ini paling diingat karena musik latar ikonis yang dibuat oleh komposer Yunani Vangelis.



Habil Achmad Samsuri
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif
Instagram: @habilachs
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)