10 Film tentang Olimpiade, Bisa Belajar tentang Arti Perjuangan

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 18:06 WIB
loading...
10 Film tentang Olimpiade, Bisa Belajar tentang Arti Perjuangan
Film Race bercerita tentang perjuangan atlet Amerika Serikat Jesse Owen dalam menghadapi diskriminasi ras di negaranya sendiri. Foto/Forecast Pictures
A A A
JAKARTA - Olimpiade Tokyo 2020 akan segera berakhir pada 8 Agustus mendatang. Banyak momen-momen haru dan penuh perjuangan selama nyaris dua minggu perhelatan akbar olahraga ini digelar.

Kisah-kisah serupa tentunya juga banyak terjadi dalam olimpiade-olimpiade sebelumnya. Sebagian ada yang dibuat dalam film dokumenter, ada pula yang diceritakan ulang secara fiksi. Berikut 10 di antaranya, mengutip South China Morning Post .

1. OLYMPIA 1 – FESTIVAL OF NATIONS

Disutradarai oleh Leni Riefenstahl, film ini menjadi film dokumenter olimpiade pertama yang dirilis pada 1938. Film ini menceritakan upaya Adolf Hitler menggunakan olimpiade untuk mempromosikan agenda Nazi-nya.

Seperti dalam film sebelumnya, Reifenstahl menggunakan alat – alat yang inovatif, seperti memobilisasi beberapa kameranya menggunakan rel, perangkat flotasi, balon udara panas, dan fotografi bawah air yang menjadikan film ini sebagai bentuk kecanggihan teknologi yang belum pernah terjadi sebelumnya pada era itu.



2. I, TONYA

Salah satu film biografi terbaik yang menceritakan kisah nyata perjuangan seorang mantan atlet ice skating, Tonya Harding (Margot Robbie) yang memiliki kisah pahit semasa hidupnya. Mulai dari kekerasan fisik sampai verbal dari orang terdekatnya, termasuk ibunya. Berkat kegigihannya, Tonya berhasil menjadi atlet seluncur terbaik di Amerika Serikat. Aksi penyerangan terhadap lawan mainnya,Nancy Kerrigan,yang melibatkan Tonya juga turut digambarkan dalam film ini.

Film yang disutradarai oleh Craig Gillespie ini banyak menginspirasi generasi muda tentang sebuah perjuangan. Film ini mendapatkan beberapa kategori dalam Academy Awards ke-90.



3. RACE

Film yang juga disutradarai Riefenstahl ini mengangkat cerita Olimpiade Musim Panas 1936 yang memperlihatkan seorang atlet berusia 22 tahun bernama Jesse Owen (Stephan James) menghadapi prasangka rasial dan drama kehidupannya, bahkan sebelum dia memenangkan tempat di tim olimpiade Amerika Serikat.

Olimpiade olahraga terbesar tersebut dipenuhi unsur politik dan sedang di tengah isu diskriminasi. Namun, Owen berusaha memenangkan pertandingan untuk membuktikan kemampuan di depan Adolf Hitler.



4. FOXCATCHER

"Foxcatcher" memperlihatkan kisah nyata yang mengerikan dari pegulat serta peraih medali emas olimpiade Mark Schultz (Channing Tatum) dan kakaknya, Dave (Mark Ruffalo). Konfliknya dimulai dengan rasa iri dari seorang Du Pont (Steve Carell) yang mempekerjakan mereka untuk melatih tim gulat pribadinya demi kejayaan olimpiade pada masa depan.

Sejak dirilis pada tahun 2014, Film ini juga mendapatkan banyak tanggapan positif dari kritikus dan mendapatkan “pengakuan universal”.

Baca Juga: 7 Film tentang Kompetisi Laga, Dijamin Seru!



5. DOWNHILL RACER
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9972 seconds (0.1#10.140)