Mengenal Giganotosaurus, Predator Utama dalam 'Jurassic World: Dominion'

Senin, 28 Juni 2021 - 17:00 WIB
loading...
Mengenal Giganotosaurus, Predator Utama dalam Jurassic World: Dominion
Giganotosaurus akan menjadi musuh utama manusia dalam film Jurassic World: Dominion. Foto/YouTube BestInSlot
A A A
LOS ANGELES - Setelah empat tahun peristiwa dalam "Jurassic World: Fallen Kingdom" (2018), film keempat atau seri keenam dari waralaba Jurassic akan memasuki wilayah baru.

Dalam film "Jurassic World: Dominion", para makhluk prasejarah tersebut akan berkeliaran di luar taman hiburan, membuat kondisi akan semakin menyeramkan. Para pemeran utama dari film pertama, yaitu Jeff Goldblum dan Laura Dern juga akan kembali.

Sudah dikonfirmasi bahwa "Jurassic World: Dominion" akan resmi dirilis pada 10 Juni 2022. Banyak detail yang masih dirahasiakan, tapi film ini akan menampilkan banyak spesies dinosaurus baru, salah satunya yang memainkan peran besar adalah giganotosaurus.

Teaser trailernya memperlihatkan giganotosaurus melawan T-Rex. Dalam pertarungan tersebut giganotosaurus membunuh T-Rex, kemudian Giganotossurus memperkuat dirinya sebagai predator utama.

Seperti yang dikonfirmasi sutradara Colin Trevorrow, Giganotosaurus akan terus muncul sepanjang durasi "Jurassic World: Dominion", dan menjadi salah satu musuh terbesar yang harus dihadapi manusia. Penonton akan melihat giganotosaurus berjalan-jalan di tengah kota.

Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang makhluk ini, sima fakta-fakta berikut ini.

1. SALAH SATU PREDATOR KARNOVIRA TERBESAR YANG PERNAH ADA

Mengenal Giganotosaurus, Predator Utama dalam 'Jurassic World: Dominion'

Foto: Wikimedia Commons

Nama giganotosaurus berasal dari giga yang berarti besar (raksasa), notos (selatan), dan saurus (kadal). Diterjemahkan menjadi 'kadal raksasa dari selatan'. Makhluk ini adalah salah satu predator karnivora terbesar yang pernah ada.

Fosilnya pertama kali digali pada 1994 di endapan Formasi Rio Limay di Patagonia, Argentina, Amerika Selatan. Kemudian, para ilmuwan menamai dinosaurus raksasa tersebut dengan nama giganotosaurus carolini.

Baca Juga: 15 Hewan Ini Mungkin Lebih Cerdas Dari Kamu, Ayo Tebak Apa Saja

2. UKURAN TUBUH

Mengenal Giganotosaurus, Predator Utama dalam 'Jurassic World: Dominion'

Foto:Durbed/Wikimedia Commons/CC BY 3.0

Para ilmuwan memperkirakan giganotosaurus bisa tumbuh antara 12 -13 meter, yang menempatkannya di peringkat yang sama dengan tyrannosaurus rex (T-Rex). Berat giganotosaurus bisa mencapai 13 ton. Mirip dengan T-Rex, predator ini punya tengkorak besar, ekor panjang, dan kaki belakang yang kuat dengan tiga cakar tajam di jari kakinya.

Baca Juga: 10 Pahlawan Marvel Terpintar, Nomor 1 Bukan Tony Stark

3. GIGI BISA SAMPAI 19 CM

Mengenal Giganotosaurus, Predator Utama dalam 'Jurassic World: Dominion'

Foto: Screenrant

bertentangan dengan T-Rex, giganotosaurus punya lengan berotot dengan tiga jari cakar. Tengkoraknya besar panjang dan sempit dibandingkan dengan T-Rex yang lebih tebal dan lebih kuat. Gigi mereka juga berbeda. T-Rex giginya relatif tebal dan tumpul secara abnormal, sedangkan gigi giganotosaurus berbentuk seperti pisau dan bisa tumbuh lebih dari 19 cm.

Hal lain yang membedakan giganotosaurus dengan T-Rex, yakni pada tangan dan ekornya. Tangan giganotosaurus memiliki 3 jari, sedangkan T-Rex 2 jari. Ditambah lagi ekor giganotosaurus lebih tegak dan ramping. Oleh karena itu, giganotosaurus dalam film "Jurassic World: Dominion" punya peluang lebih besar untuk menang saat melawan T-Rex dibanding spinosaurus.

Lutfia Dwi Kurniasih
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @lutfaiueo
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2473 seconds (0.1#10.140)