Sylvie, Campuran Lady Loki dan Enchantress, Ala MCU di Loki

Sylvie, Campuran Lady Loki dan Enchantress, Ala MCU di Loki
Episode 3 Loki mengonfirmasi jika varian Loki bukanlah Lady Loki yang dikenal para pencinta komik di komik Marvel. Dia adalah kombinasi antara dua karakter dari komik. (Screen Grab/Disney+ Hotstar)
Episode 3 Loki mengonfirmasi kalau varian Loki yang dikejar Otoritas Variasi Waktu (TVA) bukanlah Lady Loki yang selama ini dikenal di komik. Varian Loki di serial ini adalah kombinasi antara dua tokoh yang sama-sama dikenal di komik. Varian Loki ini adalah kombinasi antara Lady Loki dengan Sylvie Lushton, Enchantress kedua.

PERINGATAN: Artikel ini mengandung spoiler Episode 3 serial Loki yang sedang tayang di Disney+ Hotstar! Kalian sudah diperingatkan!

Dikutip dari ScreenRant, Lady Loki muncul kali pertama di komik Thor pada 2007 yang diciptakan J Michael Straczynski dan Olivier Coipel. Di komik ini, Thor memulihkan Asgardian setelah Ragnarok terakhir. Dia mengetahui jika para dewa tidak bisa benar-benar mati begitu lama sehingga mereka hidup di hati dan pikiran dan jiwa yang fana. Sayangnya, jiwa Loki mampu menukangi lingkungan aneh di mana dia merasuki tubuh pacar Thor, Sif. Bentuk baru Loki ini mengklaim telah meninggalkan jalan jahatnya dan dikenal sebagai Lady Loki. Namun, Lady Loki terbukti tidak bisa dipercaya—sama seperti Loki. Dia mulai menyepelekan pemerintahan Thor dan bahkan beraliansi dengan Doctor Doom. Meskipun Lady Loki tidak bertahan lamadan Sif kembali ke tubuh aslinya, karakter ini sudah kembali ke sejumlah cerita yang mengonfirmasi kalau Loki versi komik Marvel itu gender fluid.

Ketika Sophia Di Martino tampil di episode 2 Loki, jelas kalau Marvel mengambil pendekatan yang sangat berbeda. Alih-alih sama seperti Loki yan dikenal selama ini, dia adalah varian dari lini masa lain. Dia memiliki kekuatan yang berbeda dari Loki. Selain itu, penampilannya pun sangat berbeda dari Lady Loki di komik. Salah satunya, rambutnya pirang, bukan hitam. Di episode 3, dia terkonfirmasi memerankan karakter yang merupakan campuran antara Lady Loki dan Sylvie Lushton.

Baca Juga: Epsiode 3 Loki Konfirmasikan Seksualitas Loki dan Sosok Sylvie

1. Asal usul Sylvie Lushton di komik Marvel
Sylvie, Campuran Lady Loki dan Enchantress, Ala MCU di Loki

Di komik, asal usul Sylvie Lushton sempat menjadi misteri. Dia diyakini adalah seorang manusia biasa yang suatu hari bangun dengan mendapatkan kekuatan sihir. Dia kemudian memutuskan menggunakan kekuatan itu untuk menjadi superhero—dengan menyebut dirinya sebagai Enchantress kedua. Nyatanya, dia adalah makhluk sihir yang diciptakan Loki sebagai bagian dari rencananya untuk menjebak tim apa pun yang menyebut diri mereka Avengers . Dia berencana membuat Sylvie menjadi anggota Young Avengers mana pun. Ini akan membuat Sylvie menjadi pembocor untuknya. Sementara, Dewa Penipu itu akan melihat dunia dari matanya. Kepribadiannya diciptakan untuk menyebabkan konflik maksimum di dalam grup itu. Enchantress nyaris bergabung dengan Young Avengers. Namun, ketika mereka tahu asal usulnya, mereka menolak membiarkan Enchantress di markas karena dia punya risiko keamanan yang cukup signifikan. Penolakan ini melukai Sylvie secara mendalam. Namun, dia tetap bertekad menjadi pahlawan, meskipun gampang tertarik ke kegelapan. Saat ini, dia hilang, setelah dikirim ke salah satu dari 10 Dunia oleh Enchantress asli demi memberikan peluang baginya untuk membuktikan agar Sylvie memang layak menyandang namanya.

Enchantress adalah penyihir yang sangat kuat. Dia awalnya dilahirkan sebagai pasangan Wiccan dari Young Avengers. Kemampuannya sepertinya meningkat karena dia melatih sihirnya. Di komik Fearless Defenders #9, dia bahkan berhadapan langsung dengan murid terbaik Doctor Strange , Clea. Namun, dia tidak mampu menghadapi Clea dan Strange langsung. Sylvie memiliki seluruh kekuatan sihir komik tradisional—mantra, teleportasi, transmutasi, memanggil jampi-jampi, menghincari serangan sihir lain dan telekinesis.

2. Perubahan Sylvie dari komik ke serial Loki
Sylvie, Campuran Lady Loki dan Enchantress, Ala MCU di Loki

Sylvie di serial Loki terlihat berbeda dengan Sylvie versi komik. Bukannya ciptaan Loki, dia adalah varian Loki dari cabang linimasa. Sama seperti Loki, dia juga diadopsi, meski tidak mengakui siapa orang tua angkatnya. Sepertinya, ibunya meninggal ketika dia masih kecil. Jika Loki diajari sihir oleh ibunya, Frigga, maka Sylvie belajar sendiri. Ada cukup celah dan misteri dari ceritanya yang bisa menimbulkan kemungkinan jika, seperti di komik, Sylvie bukanlah seperti penampakannya. Kekuatannya yang dia pelajari sendiri terdengar mencurigakan seperti Enchantress versi komik, yang mengindikasikan kalau dia sebenarnya adalah umpan.

Sihir Sylvie sepertinya berbeda dengan Loki biasa. Dia lebih berfokus pada mantra pikiran. Dia bisa merasuki tubuh lain. Dia juga menggunakan sihirnya untuk menguasai pikiran orang lain dan membuat mereka mengatakan apa yang ingin dia ketahui. Teknik ini memerlukan kontak fisik langsung dan pikiran yang kuat bisa menolaknya, yang mengakibatkan diperlukannya scenario artifisial di dalam pikiran mereka untuk membuat mereka tenang. Selain itu, Sylvie versi ini juga mahir bertempur. Dia dengan mudah mengalahkan sejumlah Minuteman TVA saat dia masuk ke tempat tersebut. kemahirannya dalam bertempur bahkan jauh lebih baik dari Loki dari linimasa utama.

Baca Juga: Menguak Asal Usul dan Kekuatan Loki Jahat di Serial Loki

Sylvie sepertinya bertujuan untuk menggulingkan Time-Keepers dan TVA. Episode 2 Loki menampilkan secuil konfirmasi kalau Sylvie pernah berhadapan dengan TVA sebelumnya di lapangan. Mungkin ini yang membuatnya sadar atas keberadaan mereka dan menemukan cara untuk melompati linimasa. Dia menghabiskan waktu bertahun-tahun demi menyusun rencana untuk menggulingkan TVA, tapi rencananya gagal gara-gara kehadiran Loki.

3. Alasan Sylvie menjadi kombinasi Lady Loki dan Enchantress
Sylvie, Campuran Lady Loki dan Enchantress, Ala MCU di Loki

Semuanya ini menimbulkan pertanyaan: mengapa Marvel Studios memutuskan mengombinasikan Lady Loki dan Sylvie Lushton untuk karakter ini? Keputusan ini lebih karena Marvel biasanya suka menggunakan penjahat citra-cermin dan kekuatan serta latar belakang Sylvie cukup berbeda dengan Loki utama. Namun, tentu saja, Sylvie sepertinya bukan penjahat asli Loki. Dia lebih sekadar karakter sekunder, sekutu antagonis, dengan TVA dan Time-Keepers menjadi musuh utamanya.

Marvel mungkin berniat melemparkan sebuah twist, dengan mengungkapkan kalau Sylvie sebenarnya adalah umpan yang diciptakan Loki lain. Varian lain Loki diketahui juga muncul di serial ini. Ada cukup celah di ceritanya yang mengindikasikan kalau dia memang dibuat sebagai sebuah sarana. Kalau itu memang bear, maka keputusan Marvel menggunakan Sylvie dalam peran ini akan terbukti cerdas. Episode 4 mendatang diharapkan akan lebih seru dengan Loki dan Sylvie berusaha keluar dari Lamentis. Sementara, apa yang terjadi di TVA sejak episode 2 pun cukup membuat penasaran untuk diikuti.


(alv)
Share: