4 Cara Produk Lokal Ciptakan Branding Unik, dari Model Bapak-Bapak hingga Desain Unik

Rabu, 23 Juni 2021 - 20:04 WIB
loading...
4 Cara Produk Lokal Ciptakan Branding Unik, dari Model Bapak-Bapak hingga Desain Unik
Sepatu Compass termasuk yang lihai dalam membuat branding hingga produknya dianggap sangat bergengsi. Foto/Instagram @sepatucompass
A A A
JAKARTA - Branding adalah cara untuk mempromosikan sebuah produk. Tujuan utamanya agar produk tersebut dikenal dan punya daya beli tinggi. Di sisi lain branding juga berfungsi untuk membangun citra produk kepada konsumen.

Unsur-unsur untuk melakukan branding mencakup di antaranya visi dan misi, logo, serta jargon. Lalu hal ini akan diolah dengan metode product branding, personal branding, corporate branding, atau cultural branding.

Nah di Indonesia ada beberapa produk lokal yang punya cara unik untuk melakukan branding tersebut, berikut di antaranya.

1. ELSHE SKIN

4 Cara Produk Lokal Ciptakan Branding Unik, dari Model Bapak-Bapak hingga Desain Unik

Foto: Instagram @elsheskin

Elshe Skin menggandeng seorang penyandang down syndrome bernama Namira sebagai modelnya. Langkah ini memberikan energi positif kepada setiap perempuan untuk berani tampil percaya diri dengan kecantikannya masing-masing. Satu pesan sosial yang terselip pada branding ini adalah bahwa dalam setiap keterbatasan, akan selalu ada tempat untuk tiap individu menunjukkan kemampuan atau kelebihannya.

Elshe Skin adalah sebuah produk kecantikan dari Yogyakarta yang didirikan pada2018 oleh Cyntha Harida Octavia. Varian acne pron menjadi yang paling bayak dicari dan menerima banyak ulasan positif. Selain itu, Elshe Skin juga punya produk lipstik yang berhasil menarik minat kaum hawa. Merek ini juga menggandeng beauty influencerTasya Farasya sebagai kolaboratornya.

2. COMPASS

4 Cara Produk Lokal Ciptakan Branding Unik, dari Model Bapak-Bapak hingga Desain Unik

Foto: Instagram @sepatucompass

Pemasaran sepatu merek lokal ini tergolong unik, karena tidak dijual secara massal melainkan dengan agenda tertentu dan jumlahnya terbatas. Ini membuat pemiliknya merasa sangat eksklusif, dan tak heran pengumuman perilisan produk baru yang dibagikan di akun Instagram @sepatucompass selalu ditunggu-tunggu. Sepatunya pun bisa dijual lagi dengan harga 2-3x lipat dari harga asli.

Selain metode penjualan yang tak biasa, model produknya pun konsisten dengan menghadirkan permainan warna dan motif menarik. Compass juga aktif melakukan kolaborasi dengan pihak lain, antara lain dengan BBQ Mountain Boys, termasuk juga mengeluarkan kartu ATM Xpresi Compass. Mereka juga aktif mengajak penggemarnya untuk ikut serta dalam mendesain sepatu dari perusahaan yang berdiri sejak 1998 itu.

Baca Juga: 4 Parfum Lokal yang Wanginya Tahan Lama, Kemasannya juga Kece!

3. DEAR ME BEAUTY

4 Cara Produk Lokal Ciptakan Branding Unik, dari Model Bapak-Bapak hingga Desain Unik

Foto: Instagram @dearmebeauty

Pada awal Februari 2021 Dearme beauty mengeluarkan formula terbaru dari Airy Poreless Fluid Foundation. Produk tersebut tampil dengan branding yang sangat unik, yaitu menjadikan seorang pria paruh baya alias bapak-bapak sebagai model untuk produknya. Selain sudah berusia, wajahnya pun tidak mulus. Mereka ingin menunjukkan kepada konsumen bahwa produknya memang punya kualitas yang baik.

Dengan menampilkan wajah sebelum dan sesudahmemakaiprodukfoundation tersebut, hasilnya wajah sang bapak terlihat cerah dan flawless.Selain itu, karena modelnya berkulit sawo matang, ada penegasan bahwa produknya punya rangkaian shade yang beragam dan cocok dengan berbagai warna kulit. Penggunaan model laki-laki juga sebagai bentuk penghapusan stigma bahwa produk perawatan wajah hanya untuk perempuan.

4. ERIGO

4 Cara Produk Lokal Ciptakan Branding Unik, dari Model Bapak-Bapak hingga Desain Unik

Foto: Instagram @erigostore

Iklan produk pakaian ini pernah muncul di kawasan bergengsi Time Square di New York City. Dengan target pasar kaum muda, Erigo membuat desain dengan dua tampilan yang berbeda. Tampilan simpel dipakai untuk bagian depan, sementara bagian belakang didesain dengan gaya nyentrik dengan pola besar. Jika dilihat dari depan, pemakainya akan terlihat sebagai pribadi sederhana, tapi kalau dilihat dari belakang, maka ia akan terlihat sangat trendi

Baca Juga: 5 Merek Lokal Berkualitas yang Bisa Bikin Penampilan Kamu Makin Kece

Erigo juga rajin berkolaborasi dengan pihak lain, antara lain dengan Raffi Ahmad dan Disney.

Desyana Putrie
Kontributor GenSINDO
Universitas Singaperbangsa Karawang
Instagram: @katadesyana
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1035 seconds (0.1#10.140)
pixels