Kupas Tuntas Campus Ambassador, Perpanjangan Sebuah Brand di Kampus

Senin, 20 April 2020 - 16:01 WIB
loading...
Kupas Tuntas Campus Ambassador, Perpanjangan Sebuah Brand di Kampus
Shox Indonesia, salah satu label yang mengadakan program campus ambassador. Foto/Instagram @shoxindonesia
A A A
JAKARTA - Kalian yang masih kuliah pastinya banyak yang aktif mengikuti kegiatan organisasi, kepanitiaan, bahkan jadi volunteer, dong?

Entah dengan alasan untuk mengisi waktu luang di luar jam kuliah, ingin menambah teman, serta alasan-alasan yang lain. Apa pun itu, alasannya yang penting untuk hal yang positif, ya!

Nah, untuk kamu yang aktif di kegiatan nonakademik, pastinya udah gak asing dengan istilah campus ambassador, kan? Sebenarnya, apa, sih, campus ambassador?

Campus ambassador adalah mahasiswa yang terpilih menjadi perwakilan dari kampusnya masing-masing untuk memperkenalkan suatu label atau merek tertentu ke teman-temannya, baik yang ada di kampus maupun di luar kampus.

"Brand-nya bisa macam-macam, ada brand yang bergerak di bidang fintech, beauty, fashion, dan masih banyak lagi,” tutur Rheina, mahasiswa Universitas Indonesia yang udah mengikuti tiga program campus ambassador.

Secara garis besar, kegiatan yang dilakukan sebagai campus ambassador adalah untuk mempromosikan dan mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sebuah label. Karena itulah seorang campus ambassador dituntut punya rasa percaya diri yang tinggi, punya komunikasi yang baik, dan aktif dalam kegiatan yang diadakan oleh merek tersebut.

Kupas Tuntas Campus Ambassador, Perpanjangan Sebuah Brand di Kampus

Mecapan University Ambassador yang fotonya diunggah untuk keperluan Instagram Mecapan. Foto: Instagram @mecapanbeauty

Jadi, udah ada gambaran, kan, tentang campus ambassador? Yuk, simak lebih lanjut campus ambassador dalam bidang beauty dan fashion.

Sesuai namanya, label ini menawarkan jasa dan produk yang berfokus di bidang kecantikan dan busana. Kegiatan yang dilakukan oleh campus ambassador dalam bidang ini cukup beragam. Mulai yang paling dasar adalah mengajak orang-orang untuk mengunggah aplikasi label tersebut, nge-follow Instagram, subscribe YouTube, dan hal-hal lainnya untuk bikin orang-orang semakin mengenal label tersebut.

Kegiatan lainnya yaitu melakukan sesi photoshoot yang nantinya foto kamu akan digunakan untuk keperluan akun Instagram dari label itu. Selain itu, ada juga label yang menawarkan pengalamaan kepanitaan karena kamu akan diminta untuk membantu event yang diselenggarakan oleh label tersebut. Event-nya pun gak main-main. Biasanya mengundang artis dan juga penyanyi, lho. Asik, kan?

Kupas Tuntas Campus Ambassador, Perpanjangan Sebuah Brand di Kampus

Penampilan Kallula dalam acara "Oh Beauty Festival" di Plaza Indonesia. Foto: Instagram @plazaindonesia

Setelah menyebutkan kegiatan-kegiatan tadi, pastinya ada manfaat atau keuntungan yang dirasakan saat menjadi campus ambassador, yaitu menambah relasi baik antarmahasiswa di luar universitas maupun orang-orang yang bekerja di label tersebut.

Yaitu punya pengalaman baru, mendapat uang saku, mendapat beberapa fasilitas secara cuma-cuma, dan hal-hal yang menguntungkan lainnya.

Program campus ambassador biasanya berlangsung antara 2-6 bulan, bergantung pada kebijakan masing-masing merek. Buat kamu yang tertarik mengikuti program ini, bisa langsung kepoin merek-merek incaran kamu di Instagram supaya gak ketinggalan infonya.

Tapi, sejauh ini gak semua merek mengadakan program campus ambassador, ya. Beberapa label yang mengadakan program ini, antara lain Mecapan Indonesia, Oh Beauty, dan Shox Indonesia.

“Untuk alur pendaftarannya gak jauh berbeda kayak mendaftar di organisasi atau kepanitiaan kampus, kok. Tahap pertamanya mengisi form, kalau lolos tahap pertama nanti akan lanjut ke tahap wawancara," terang Rheina.

"Pertanyaannya gak jauh-jauh seputar alasan mengikuti kegiatan ini, kesibukan selama di kampus, dan juga menjelaskan ide-ide event yang bisa kalian buat nantinya,” pungkasnya.

Farah Nadhilah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @farranadh
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)