AIESEC, Tempat Kamu Bisa Magang di Perusahaan Kelas Dunia

Senin, 25 Mei 2020 - 16:00 WIB
loading...
AIESEC, Tempat Kamu Bisa Magang di Perusahaan Kelas Dunia
AIESEC bisa jadi alternatif buat kamu untuk mendapatkan pengalaman pertukaran budaya dan menambah keterampilan dalam budaya internasional. Foto/Dok. Anastasya Sjam
A A A
JAKARTA - Bukan cuma magang di perusahaan multinasional, kamu juga bisa ikut pertukaran budaya sampai ke luar negeri. Caranya, tinggal daftar di kampus di Indonesia.

Punya pengalaman di organisasi memang bisa bikin CV kita lebih menarik saat akan melamar kerja.

Tapi kamu tahu gak, bahwa pihak HRD sebenarnya lebih melihat pengalaman dalam organisasi yang sesuai dengan jenjang karier yang bakal kamu pilih.

Apalagi kalo pengalamannya adalah ikut kegiatan atau masuk dalam organisasi yang sifatnya global atau internasional, yang artinya, kamu juga punya pengalaman dalam pergaulan dan budaya internasional.

Nah, AIESEC bisa jadi salah satu pintu buat kamu merasakan pengalaman internasional itu. AIESEC adalah organisasi kepemudaan yang fokus mengembangkan jiwa kepemimpinan anak muda.

AIESEC, Tempat Kamu Bisa Magang di Perusahaan Kelas Dunia

Foto: Pixabay

Organisasi ini didirikan setelah Perang Dunia II, dan menjalankan kegiatan organisasinya sesuai dengan asas Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan pembangunan Berkelanjutan dari PBB.

Menurut Anastasya Sjam, Local Committee Vice President External Relations AIESEC di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 2020, dalam organisasi ini, kita bisa punya pengalaman pertukaran budaya yang secara gak langsung menambah wawasan dalam berpikir dari perspektif global.

Ada tiga program unggulan AIESEC yang bikin dia berbeda dengan organisasi kebanyakan, yaitu Global Volunteer, Global Talent, dan Global Enterpreneur.

AIESEC, Tempat Kamu Bisa Magang di Perusahaan Kelas Dunia

Foto:Instagram: @aiesec_unj

Sesuai namanya, program Global Volunteer mengajak kamu untuk mengembangkan keterampilan dengan cara membuat proyek sosial berlandaskan pada salah satu dari 17 poin Tujuan Pembangunan Berkelanjutan .

Kamu bisa memilih 1 dari 126 negara tujuan yang ingin kamu kunjungi untuk melakukan proyek tersebut. Rentang waktu program ini adalah 6-8 minggu.

Sementara Global Enterpreneur dan Global Talent adalah program magang berskala internasional. Program ini cocok buat kamu mahasiswa tingkat akhir karena bisa jadi media mengembangkan keterampilan untuk dunia kerja.

Untuk Global Enterpreneur, waktu magangnya adalah selama 6-12 minggu, dengan orientasi perusahaan berskala perusahaan rintisan (start up).

AIESEC, Tempat Kamu Bisa Magang di Perusahaan Kelas Dunia

Foto:Instagram: @aiesec_unj

Sedangkan untuk Global Talent, masa waktu magang lebih lama, yaitu sekitar 6-78 minggu dengan skala perusahaan multinasional.

Program ini bisa diikuti oleh semua anak muda, baik yang udah menjadi anggota AIESEC maupun yang belum.

Buat kamu yang mau ikut Global Volunteer, kamu bisa cek di salah satu dari 27 kampus di Indonesia yang menawarkan program ini.

Kalo di kampus kamu gak ada program tersebut, kamu tetap bisa mendaftar lewat kampus lain yang punya program ini, misalnya lewat AIESEC UNJ buat yang kuliah di kawasan Jabodetabek.

Belajar Budaya dan Toleransi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4334 seconds (0.1#10.140)