5 Kesalahan saat Keramas yang Bisa Merusak Rambutmu

5 Kesalahan saat Keramas yang Bisa Merusak Rambutmu
Keramas memang sudah jadi rutinitas, tapi kadang kita melakukannya dengan salah tanpa disadari. Foto/Holger Scheibe, Getty Images
JAKARTA - Keramas adalah rutinitas yang dilakukan tanpa perlu berpikir panjang. Namun menurut penata rambut profesional, dan ahli perawatan rambut serta kulit, ada kemungkinan besar banyak kesalahan yang dilakukan saat kita keramas dan tidak kita sadari.

Kesalahan ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada rambut. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang mungkin saja kamu lakukan saat keramas, mengutip dari Eat This, Not That

1. TERLALU SERING KERAMAS

5 Kesalahan saat Keramas yang Bisa Merusak Rambutmu

Foto:Frederic Cirou/Getty Images

Kalau kamu mau punya rambut yang sehat, cerah, dan berkilau, jangan keramas setiap hari. Menurut Mark Townsend, penata gaya Mary-Kate dan Ashley Olsen, keramas yang berlebihan bikin kulit kepala bekerja terlalu keras untuk menghasilkan cukup sebum sebagai ganti kulit yang terkelupas.

Singkatnya, kulit kepala kamu menghasilkan minyak alami yang disebut sebum. Sebum inilah yang membuat rambutmu sehat dan berkilau. Alasan utama kita menggunakan sampo saat keramas adalah untuk membersihkan rambut dari kotoran dan minyak atau sebum yang berlebih. Jadi kalau kamu keramas terlalu sering akan membuat kulit kepala kamu kering, dan sebum pada rambut tidak bekerja dengan baik.

2. TIDAK PAKAI KONDISIONER

5 Kesalahan saat Keramas yang Bisa Merusak Rambutmu

Foto:Pierre Desrosier/iStock

Kalaukamu tidak mau rambut rapuh dan kusam, jangan lupa pakai kondisioner karena akan melindungi rambut dari kerusakan saat basah. Kalau tidak pakai kondisioner, maka rambut akan susah disisir.

Baca Juga: Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?
halaman ke-1
Share: