4 Cara Bikin Jadwal Efektif biar Bisa Lebih Disiplin dan Bahagia

Sabtu, 15 Mei 2021 - 17:00 WIB
loading...
A A A
4 Cara Bikin Jadwal Efektif biar Bisa Lebih Disiplin dan Bahagia

Foto: @sincerelymedia/Unsplash

Produktivitas bukanlah satu-satunya hal yang penting saat membuat jadwal. Penting juga buat kamu menyisihkan waktu untuk bersenang-senang. Ini tidak bertentangan dengan gagasan bahwa jadwalmu yang harus realistis dan tidak ideal. Sebenarnya, inilah rahasia membuat jadwal yang berhasil.

Terlalu banyak orang mengisi jadwal mereka dengan tugas dan ambisi profesional yang membuat mereka merasa tidak seimbang. Buat keseimbangan dalam jadwalmu dengan membagikan waktu untuk teman dan keluargamu. Baik itu sesederhana berjalan-jalan ke taman, menonton film , atau apa pun. Pastikan kamu menyisihkan waktu bersama orang-orang yang kamu sukai.

Baca Juga: Belajar Isu Kesehatan Mental dari 7 Webtoon Ini, Yuk!

4. LUANGKAN WAKTU UNTUK DIRI SENDIRI

4 Cara Bikin Jadwal Efektif biar Bisa Lebih Disiplin dan Bahagia

Foto: @__feehcosta/Unsplash

Sangat penting bagi kamu untuk menyisihkan waktu untuk diri sendiri — dan hanya untuk dirimu sendiri. Seringkali, ada stereotip negatif seputar gagasan untuk menyendiri. Namun, di sinilah kamu justru punya kesempatan untuk memperlambat segalanya. Hidup selalu bergerak dengan sangat cepat sehingga kamu mungkin sering lupa motivasi awalmu saat melakukan suatu kegiatan. Beri dirimu waktu sendiri untuk merenungkan motivasi, tujuan, dan aspirasimu.

Manusia diberkati di atas semua makhluk lainnya dengan karunia untuk menyadari keberadaan mereka. Kamu tahu kamu hidup, dan kamu tahu kamu akan mati. Kamu bisa berenang ke hulu atau ke bawah. Kita juga bisa terbang ke utara atau selatan. Masalahnya adalah kebanyakan orang tidak memanfaatkan kemampuan luar biasa ini. Kamu jatuh ke dalam pola dan kebiasaan dan terus bertahan dalam pola itu.

Dengan mencurahkan waktu untuk diri sendiri, kamu memberi dirimu waktu yang diperlukan untuk mengevaluasi bagaimana kamu menghabiskan waktu setiap hari. Jangan jatuh ke pola menjalani hidup berdasarkan keputusan yang kamu buat bertahun-tahun lalu yang tidak lagi sejalan dengan tujuanmu saat ini.

Membuat jadwal lebih dari sekadar menulis daftar tugas yang akan kamu selesaikan setiap hari. Ini juga tentang mengalokasikan waktumu dengan cara yang memberi dirimu kesempatan terbaik untuk menjalani hidup tanpa penyesalan. Kamu perlu mengalokasikan waktumu dengan cara yang meningkatkan produktivitasmu sambil menyisakan waktu untuk diri sendiri dan orang yang kamu sayangi.

Kendalikan waktumu sehingga hidupmu lebih selaras dengan orang yang kamu hormati dan kagumi. Bagaimana pun, ini adalah hidupmu, jadi perlakukan itu seperti harta karun yang sebenarnya.

Agnesia Upany Nadenggan Siregar
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @aaupany
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3002 seconds (0.1#10.140)