4 Cara Bikin Jadwal Efektif biar Bisa Lebih Disiplin dan Bahagia

Sabtu, 15 Mei 2021 - 17:00 WIB
loading...
4 Cara Bikin Jadwal Efektif biar Bisa Lebih Disiplin dan Bahagia
Membuat jadwal yang efektif akan membuat kualitas hidupmu lebih meningkat. Foto/@sonjalangford, Unsplash
A A A
JAKARTA - Apakah kamu senang dengan kenyataan bahwa kamu punya waktu 24 jam yang sama dengan orang-orang seperti Jeff Bezos, Bill Gates, dan Oprah Winfrey?

Atau apakah kamu merasa lebih khawatir tentang fakta bahwa kamu hanya punya waktu 24 jam dalam sehari untuk menyelesaikan semuanya?

Ada orang yang mampu mencapai banyak hal dalam satu hari mereka, dan ada orang lain yang sepertinya selalu kehabisan waktu.Kalau kamu belum mencapai kesuksesan yang kamu cari dalam hidup, cara yang bagus untuk memulai adalah dengan mengetahui dan meningkatkan caramu menghabiskan waktu setiap harinya.

Dengan mempelajari cara membuat jadwal yang efektif untuk manajemen waktu, kamu bisa lebih disiplin dan bisa memfokuskan waktu dan upayamu pada tugas yang paling penting bagi kamu.

1. KOMITMEN PADA JADWALMU

4 Cara Bikin Jadwal Efektif biar Bisa Lebih Disiplin dan Bahagia

Foto: @jazminantoinette/Unsplash

Hal pertama yang perlu kamu lakukan setiap hari adalah membuat jadwal — ketahuilah tugas apa yang harus kamu lakukan dan prioritaskan sehingga kamu bisa punya hari yang lebih teratur. Mereka yang jago membuat jadwal yang efektif menjadikannya sebagai cara hidup.

Banyak orang membuat jadwal hanya saat benar-benar sibuk atau saat semuanya sudah tidak terkendali. Namun, kamu akan menemukan bahwa menjadwalkan harimu adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa kamu punya waktu "ekstra" yang kamu cari.

Untuk mengurangi kemungkinan menunda-nunda, pastikan semua yang kamu tulis dalam jadwal atau kalender adalah sesuatu yang kamu komitmenkan untuk selesaikan. Dengan mengisi jadwalmu dengan hal-hal yang akan kamu lakukan, kamu akan punya dorongan kuat untuk mematuhi jadwal yang sudah kamu buat sendiri.

Masalah yang dihadapi banyak orang adalah mereka menjadwalkan mau melakukan sesuatu saat hari ideal atau hari terbaik mereka, tetapi kebanyakan hari tidak ideal. Setiap hari punya masalah dan situasi unik yang tidak kamu rencanakan untuk dihadapi hari itu.

Ketika kamu membuat jadwal yang ideal, kamu mencari hari yang ideal untuk melaksanakannya. Itulah mengapa kamu sebaiknya membuat jadwal yang jujur setiap hari tentang hal-hal yang akan dilakukan. Tugas-tugas ini penting dan, oleh karena itu, kamu harus menyelesaikannya terlepas dari masalah tak terduga yang mungkin muncul sepanjang hari.

Baca Juga: 6 Kiat untuk Menemukan Potensi pada Diri Sendiri

2. TEMUKAN FOKUSMU

4 Cara Bikin Jadwal Efektif biar Bisa Lebih Disiplin dan Bahagia

Foto: @glenncarstenspeters/Unsplash

Langkah pertama untuk mempelajari cara membuat jadwal yang efektif adalah menggunakan lebih banyak waktu untuk membuat rentangwaktu dan lebih sedikit waktu untuk membuat daftar tugas. Saat kamu membuat daftar tugas berdasarkan tugas, kamu berisiko tidak menyelesaikan semua yang ada dalam daftarmu.

Terlepas dari upaya perencanaan terbaikmu, beberapa tugas yang kamu daftarkan bisa jadi membutuhkan waktu lebih lama daripada yang kamu duga. Akibatnya, kamu mungkin menemukan bahwa kamu belum menyelesaikan banyak tugas di pengujung hari.

Pendekatan yang lebih baik untuk penjadwalan yang efektif adalah dengan menetapkan rentangwaktu untuk menyelesaikan tugas terpentingmu setiap hari, yaitu dengan menetapkan jumlah atau rentang waktu tertentu setiap hari untuk menyelesaikannya.

Misalnya, kamu bisa memeriksa dan membalas email dari pukul 8:00 hingga 8:30 setiap hari. Kemudian, kamu bisa mengerjakan proyek yang jatuh tempo pada minggu ini dari jam 8:30 pagi sampai 10:30 pagi. Dari pukul 10:30 hingga tengah hari, kamu bisa mengerjakan proyek lain yang juga harus kamu prioritaskan.

Penelitian menunjukkan bahwa pemblokiran waktu adalah cara yang lebih produktif untuk mengelola jadwalmu karena kamu bekerja dalam aturan waktu yang terkonsentrasi. Dengan mengelompokkan tugas serupa, kamu membiarkan dirimu memakai sisi pikiran yang sama, dan ini adalah pendekatan yang lebih ideal daripada sering beralih dari sisi analitis ke sisi kreatifmu.

3. KATAKAN TIDAK PADA “KERJA TERUS TANPA BERSENANG-SENANG"
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2282 seconds (0.1#10.140)