Mengenal Kecap Benteng, Kecap yang Jadi Ikon Kota Tangerang

Mengenal Kecap Benteng, Kecap yang Jadi Ikon Kota Tangerang
Kecap Benteng SH jadi salah satu oleh-oleh khas dari Kota Tangerang. Foto/makanankecil.com
JAKARTA - Kecap manis khususnya di Jawa merupakan hasil akulturasi budaya Tionghoa yang populer di Indonesia setelah modifikasi yang dilakukan masyarakat Jawa kala itu.

Nah, bicara kecap di Jawa, ada salah satu merek kecap, yaitu Kecap Benteng SH yang jadi ikon Kota Tangerang sekaligus salah satu dari merek kecap tertua di Indonesia. Dibilang ikonis karena Kecap Benteng SH adalah salah satu oleh-oleh favorit dari Kota Tangerang, terutama kalau berkunjung ke Benteng Heritage di kawasan Pasar Lama yang punya beberapa lokasi cagar budaya.

Mengutip dari jurnal El Furqon, Kecap Benteng SH sudah ada sejak 1920. Merek ini didirikan oleh seorang keturunan Tionghoa bernama Lo Tjit Siong. Kecap Benteng SH atau Kecap Siong Hin kini sekarang dikelola oleh generasi keempat yang bernama Latief Sukaryadi.

Mengenal Kecap Benteng, Kecap yang Jadi Ikon Kota Tangerang

Foto:DocPlayer.info



Pabrik Kecap Benteng SH berlokasi di Jalan Saham, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Kota Tangerang . Uniknya, kecap ini tidak diproduksi secara massal supaya resep rahasianya tidak bocor.

Baca Juga: 5 Kanal YouTube Biar Kamu Makin Jago Masak

Awalnya, Kecap Benteng SH tidak langsung dikenal begitu saja di pasaran. Berdasarkan penelitian Sani ,promosi yang dilakukan hanya lewat mulut ke mulut dan promosi dari gambar logo huruf S dan H yang terdapat di produknya.



Sementara berdasarkan penelitian Santosa , Kecap Benteng SH dijadikan salah satu ikon pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Tangerang. Meskipun banyak pesaing Kecap Benteng SH di Indonesia yang bermunculan, hal ini tidak berdampak pada posisi Kecap Benteng SH, khususnya di Kota Tangerang.

Haifa Nita Syafilla
Kontributor GenSINDO
Universitas Diponegoro
Instagram: @haifasyafilla


(ita)
Share: