5 Takjil Enak dari Berbagai Penjuru Dunia

5 Takjil Enak dari Berbagai Penjuru Dunia
Tajil atau makanan untuk berbuka puasa punya banyak ragamnya di berbagai belahan dunia. Foto/Getty Images
JAKARTA - Kurang lengkap rasanya kalau berbuka puasa tanpa takjil , seperti risol, tahu, atau lontong. Namun kamu mungkin bosan dengan takjil yang itu-itu saja.

Buat sebagian orang, takjil memang ibarat menu wajib. Misalnya menurut Nande, mahasiswa semester 4 Politeknik STMI Jakarta.
Menurutnya, takjil merupakan anjuran untuk berbuka , rata-rata makanan atau minuman ringan." Favorit saya es kelapa segar dan gorengan seperti risoles atau martabak telur," ujarnya.

Senada dengan Putri, mahasiswi semester 4 Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, yang merasa penting untuk berbuka dengan makanan yang manis. "Favorit saya, ya, kolak manis," katanya.

Nah, bagaimana dengan takjil favorit dari luar negeri? Kalau kamu lagi mencari inspirasi atau sekadar mau tahu apa saja takjil khas dari beberapa negara, yang berikut ini bisa kamu simak.



1. QATAYEF

5 Takjil Enak dari Berbagai Penjuru Dunia

Foto:amiraspantry.com

Ini adalah makanan berbuka puasa khas Yordania. Makanannya terbuat dari adonan tepung terigu, yang digoreng pada bagian atasnya dengan ragam kacang-kacangan seperti walnut dan almond.



2. SHAKSUKA

5 Takjil Enak dari Berbagai Penjuru Dunia

Foto:shaksuka goodhousekeeping.com

Menu berbuka puasa khas Algeria dan sudah terkenal di beberapa negara bagian Timur Tengah. Makanannya terbuat dari telur ceplok sebagai bahan utamanya. Selain itu, bisa ditambahkan irisan cabai merah, saus tomat, atau bawang putih.

Baca Juga: 5 Jenis Minuman Segar yang Cocok untuk Berbuka Puasa

3. DOLMA

5 Takjil Enak dari Berbagai Penjuru Dunia

Foto:kitchenstories.com

Menu berbuka puasa ini khas Armenia. Menunya berbahan utama nasi dan digulung menggunakan daun anggur. Bagian dalam dolma berisi sayuran, bawang bombai, paprika, terong, bawang putih, dan daging.

4. AIS KACANG

5 Takjil Enak dari Berbagai Penjuru Dunia

Foto:foodadvisor.com

Berasal dari negara tetangga yaitu Malaysia, ais kacang tentu saja minuman es serut yang ditata menjulang tinggi ke atas membentuk kerucut. Ditambah lagi dengan paduan sirup warna-warni, cincau, mutiara, susu, krim jagung, dan tak lupa kacang merah yang selalu menjadi ciri khas dari ais kacang ini.

Baca Juga: 6 Ragam Outfit Hijab yang Bisa Kamu Coba

5. PIYAJU

5 Takjil Enak dari Berbagai Penjuru Dunia

Foto:destiniy.com

Berasal dari India, makanan ini terbuat dari bahan kacang-kacangan, bawang, dan cabai cincang lalu digoreng. Bentuknya sekilas mirip bakwan.

Early Meidiasa Prameswari
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Instagram: @meidiasaearly


(ita)
Share: