5 Jenis Minuman Segar yang Cocok untuk Berbuka Puasa

5 Jenis Minuman Segar yang Cocok untuk Berbuka Puasa
Minuman yang manis dan segar jadi menu favorit sebagian orang untuk berbuka puasa. Foto/Instagram @venijulianti
JAKARTA - Berpuasa selama lebih dari 10 jam membuat kita sering merasa ingin berbuka dengan sesuatu yang menyegarkan, dan minuman dingin jadi salah satunya.

Meski dari segi kesehatan sebaiknya kita tidak berbuka dengan minuman atau makanan yang membuat lambung kita 'kaget', tapi kamu bisa mencobanya sesekali, atau lebih baik dikonsumsi setelah meminum minuman atau makanan yang lebih layak untuk berbuka puasa. Yang penting, kamu tahu batas demi kesehatanmu.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi es-es khas Indonesia yang bisa kamu coba sebagai menu buka puasa .

1. ES BUAH



5 Jenis Minuman Segar yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Foto: Instagram @emihacikenz

Es buah memang tidak pernah gagal memuaskan dahaga. Perpaduan manis dan menyegarkan dari es serut atau es batu dengan buah-buahan seperti apel, melon, blewah, alpukat, anggur, atau kelapa muda, ditambah dengan agar-agar warna-warni. Belum lagi siraman sirup dan kental manis di atasnya, membuat siapa saja ingin mencobanya.

Kesegaran dari es buah sangat cocok untuk melegakan dahaga setelah seharian tidak minum selama berpuasa. Beragam jenis buah-buahan yang ada di dalamnya juga mengandung vitamin dan melancarkan pencernaan kita. Selain itu, rasa manis dari gula yang ada di dalamnya pun bisa menambah energi yang kita miliki.



2. ES TELER

5 Jenis Minuman Segar yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Foto: Instagram @resep.minumansegar

Serupa tapi tak sama dengan es buah, es teler juga berisi perpaduan dari es serut, buah-buahan, sirup, dan kental manis. Perbedaan yang paling terlihat adalah pada jenis buah yang digunakan. Pada es teler, buah-buahan yang biasanya digunakan hanyalah kelapa muda, alpukat, dan nangka.

Es teler tidak kalah enaknya dengan es buah. Walaupun isinya tidak seberagam es buah, kombinasi dari buah yang masing-masing berbeda tekstur, rasa, maupun karakteristiknya ini mampu menyapa indera perasamu dengan cara yang menyenangkan, serta membuatmu ingin mencobanya lagi dan lagi.

Baca Juga: 5 Kanal YouTube Biar Kamu Makin Jago Masak


3. ES CINCAU

5 Jenis Minuman Segar yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Foto: Instagram @christina_leny

Bahan dasar es cincau berasal dari daun tanaman cincau yang diambil sarinya. Lalu, cincau yang dihasilkan akan berwarna hitam atau hijau sesuai dengan jenis tanamannya, serta punya tekstur yang agak mirip agar-agar.

Es cincau sendiri biasanya berisi es batu, cincau, gula merah cair, dan santan. Kombinasi rasa yang unik dari cincau ditambah rasa manis gurih dari gula dan santan, serta rasa segar yang dihasilkan dari es batu, cocok menjadi salah satu menu berbuka puasa yang bisa kamu coba.

4. ES KELAPA

5 Jenis Minuman Segar yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Foto: Instagram @herawati_lu

Untuk kamu yang lebih suka minuman yang lebih sederhana tapi tetap enak, es kelapa adalah pilihan yang tepat. Es kelapa biasanya berisi gula merah cair dan kelapa muda beserta airnya. Beberapa penjual terkadang juga menambahkan susu kental manis untuk menambah rasanya. Mudah, menyegarkan, dan manis dalam satu paket.

Baca Juga: 6 Warna Hijab untuk Bikin Wajahmu Kelihatan Cerah

5. ES PODENG

5 Jenis Minuman Segar yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Foto: Instagram @ardiyen

Kalau jenis es-es sebelumnya lebih cocok sebagai minuman pereda dahaga yang manis dan menyegarkan, es podeng sepertinya lebih cocok dimakan sebagai dessertsaat berbuka puasa. Es podeng biasanya berisi es puter, mutiara atau pacar cina, alpukat, roti tawar yang sudah dipotong-potong, meses, kacang tanah sangrai yang sudah dicincang, dan kental manis rasa cokelat di atasnya.

Amalia Simehatte
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @amaliasimehatte


(ita)
Share: