5 Idiom Bahasa Inggris Terkait Warna, Bisa untuk Ungkapkan Perasaanmu

Selasa, 27 April 2021 - 15:01 WIB
loading...
5 Idiom Bahasa Inggris Terkait Warna, Bisa untuk Ungkapkan Perasaanmu
Bahasa inggris punya beberapa idiom dengan sebagian kata yang diambil dari nama warna. Foto/SharonMcCutcheon, Pexels
A A A
JAKARTA - Pernahkah kamu mendengar istilah idiom? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), idiom merupakan konstruksi yang maknanya tidak sama dengan gabungan makna unsurnya.

Misalnya, saat seseorang disebut sedang banting tulang bukan berarti tulangnya benar-benar dibanting, melainkan berarti orang tersebut sedang bekerja keras, atau istilah "kejatuhan bulan" yang sebenarnya bermakna mendapatkan keberuntungan.

Idiom banyak sekali jenisnya. Tidak hanya dalam bahasa Indonesia, idiom juga bisa dijumpai dalam bahasa-bahasa lain, seperti bahasa Inggris. Selain itu, ada juga idiom yang berkaitan dengan hal-hal atau warna-warna tertentu.

Beragam jenis idiom tersebut bisa melatih kemampuan berbahasa , membuat percakapan lebih kece, membuat caption media sosialmu menjadi lebih aesthetic, atau bahkan membantu mengungkapkan perasaanmu. Maka dari itu, berikut beberapa idiom berbahasa Inggris terkait warna yang bisa kamu coba.

1. HAVE THE BLUES

5 Idiom Bahasa Inggris Terkait Warna, Bisa untuk Ungkapkan Perasaanmu

Foto:The happiest face =)/Pexels

Idiom pertama ini menunjukkan ketika seseorang sedang sedih atau bahkan depresi . Warna biru pada idiom ini menunjukkan sesuatu yang tidak menyenangkan dan membuat seseorang sedih.

Saat kondisimu sedang tidak baik-baik saja, kamu bisa menggunakan idiom ini untuk menggambarkan perasaanmu. Kamu juga bisa menggunakan idiom ini untuk menyatakan betapa berharga orang lain untukmu, seperti "I always have the blues without you".

2. GRAY AREA/GREY AREA

5 Idiom Bahasa Inggris Terkait Warna, Bisa untuk Ungkapkan Perasaanmu

Foto: Scott Web/Pexels

Warna abu-abu sering kali diidentikkan dengan sesuatu yang tidak jelas dan ambigu. Arti idiom ini pun serupa dengan hal tersebut, idiom ini berarti sesuatu yang tidak memiliki aturan atau jawaban yang jelas.

Kalau kamu pernah mendengarkan lagu "Blue and Grey" milik BTS, kamu pasti tahu bahwa liriknya menggambarkan betapa sedih dan rumitnya seseorang di dalam kondisi yang serba tidak pasti. Kim Tae-hyung (V) BTS pun pernah menceritakan bahwa ia menciptakan lagu tersebut saat berada di titik terendahnya. Semuanya menjadi membingungkan dan tidak jelas ketika kita berada dalam area abu-abu.

Baca Juga: Mengenal Moonwalking, Penyakit Orang yang Senang Bercanda dan Meremehkan

3. BLACK AND WHITE

5 Idiom Bahasa Inggris Terkait Warna, Bisa untuk Ungkapkan Perasaanmu

Foto:Negative Space/Pexels

Kebalikan dari sebelumnya, idiom hitam dan putih menunjukkan sesuatu yang sudah sangat jelas, sehingga mudah dimengerti. Saat kamu mudah memahami ucapan bahasa Inggris dari orang lain atau melihat orang lain menjelaskan tata cara melakukan sesuatu dengan jelas, kamu dapat menggunakan idiom tersebut untuk mengapresiasinya.

4. TICKLED PINK

5 Idiom Bahasa Inggris Terkait Warna, Bisa untuk Ungkapkan Perasaanmu

Foto:Karolina Grabowska/Pexels

Idiom keempat ini menunjukkan ketika kamu merasa sangat senang dan diapresiasi dengan baik oleh orang lain. Ide di balik idiom ini dipercaya berasal dari kondisi wajah yang cenderung akan berwarna kemerah-mudaan ketika digelitik terus-menerus oleh orang lain.

Baca Juga: Mau Lancar Bahasa Inggris Tanpa Les Kayak Rich Brian? Ini Tipsnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)