Fakta-Fakta JO1, Grup Pemenang 'Produce 101' Jepang yang Makin Beken

Selasa, 30 Maret 2021 - 18:31 WIB
loading...
A A A
3. NAMA PENGGEMAR YANG UNIK

Fakta-Fakta JO1, Grup Pemenang 'Produce 101' Jepang yang Makin Beken

Foto:JO1 Wiki Fandom

Nama JO1 berasal dari huruf ‘J’ dan angka 01. Huruf ‘J’ mewakili Jepang sebagai negara asal dari grup dan angka 01 sebagai tahun pertama "Produce 101" saat grup tersebut dibentuk. Selain itu, harapan untuk selalu menjadi nomor satu juga melekat dengan kehadiran angka 01.

Seperti tradisi grup hasil "Produce", nama fandom ditentukan melalui rekomendasi dari para penggemar. Pada 10 Januari 2020, JO1 mengunggah video diskusi mereka saat memutuskan nama tersebut. Terdapat banyak pilihan nama yang diusulkan, seperti “&JOY”, "JO1s", "Ohash1", "JAM", "JUS1", dan lainnya.

Setelah berdiskusi, para member melakukan voting dan yang terpilih dengan suara terbanyak adalah JAM, yang dalam bahasa Inggris berarti selai. JAM berasal dari huruf J yang mewakilkan “JO1”, huruf A untuk “and”, dan M untuk “Me”.

Arti dari JAM adalah JO1 dan penggemar. Selain itu, pemaknaan JAM sebagai selai juga menjadi harapan kalau JO1 dan para penggemarnya akan selalu punya hubungan lengket dan manis layaknya selai. Bahkan, Keigo menggambar roti dengan tambahan selai sebagai ikon untuk JO1 House.

4. IKUT MENDOBRAK TOXIC MASCULINITY

Fakta-Fakta JO1, Grup Pemenang 'Produce 101' Jepang yang Makin Beken

Foto:Yves Saint Laurent

Siapa bilang laki-laki tidak boleh pakai kosmetik ? JO1 menjawab pertanyaan tersebut dengan menjadi beauty partner merek kosmetik Yves Saint Laurent Beauté. Sudah ada dua produk yang diluncurkan dan berkolaborasi dengan JO1, yaitu lipstik dan cushion.

YSL Beauté memiliki konsep young, edge, and luxury dan JO1 dipilih untuk bekerja sama karena cocok dengan konsep tersebut. Selain itu, mereka ingin mempromosikan mengenai kosmetik yang ringan, mudah diaplikasikan, dan tentunya genderless.

JO1 berharap kosmetik yang mereka promosikan tidak hanya disukai oleh perempuan, tapi laki-laki juga bisa memakainya. Pada promosi hari pertama produk cushion diluncurkan, JO1 memberikan dampak positif.

Baca Juga: 5 Pelajaran tentang Standar Kecantikan yang Sesungguhnya dari Drama Korea

Menggaet boy grup menjadi beauty ambassador memang sangat penting pada era sekarang. Konsumen laki-laki juga akan merasa lebih berani dan terbuka saat ingin menggunakan kosmetik yang masih punya stigma negatif kalau anggapan kosmetik hanya untuk perempuan.

Setelah sukses dengan mini-album (EP)“Protostar” dan “Stargazer”, kini JO1 kembali hadir dengan mini-albumbertajuk “Challenger”. “Challenger” punya title track"Born to Be Wild" yang dirilis pada 24 Maret 2021.

Alifia Putri Yudanti
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Twitter: @shcsei
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)