5 Jurusan Baru di Universitas di Indonesia

5 Jurusan Baru di Universitas di Indonesia
Beberapa universitas membuka jurusan baru untuk menjawab kebutuhan dalam dunia kerja. Foto/istockphoto
JAKARTA - Berkembangnya teknologi dan kehidupan masyarakat turut memengaruhi perubahan dalam dunia kerja, terutama terkait kebutuhan akan SDM dengan keahlian tertentu.

Untuk menjawab hal tersebut, beberapa universitas pun menjawab dengan membuka beberapa jurusan baru agar mampu menghasilkan sumber daya manusia yang bisa mengisi kebutuhan itu. Nah, berikut beberapa jurusan baru tersebut.


1. SOCIAL & MASS MEDIA MANAGEMENT

5 Jurusan Baru di Universitas di Indonesia

Foto: Reuters



Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari pengembangan jurnalisme siaran untuk multiplatform , termasuk cara menjadi jurnalis multiplatform berkualifikasi profesional yang efektif dan mengelola media sosial untuk menghasilkan konten-konten yang menarik dan berkualitas. Jurusan ini salah satunya dibuka di LSPR Communication & Business Institute

2. EVENT MANAGEMENT

5 Jurusan Baru di Universitas di Indonesia

Foto: Getty Images



Program studi ini mencakup ilmu persiapan untuk membuat event, mulai dari merencanakan, membuat konsep, mengatur, mengkoordinasi hingga mempromosikan acara dan melakukan pengawasan hingga memuaskan audiens. Bukan hanya mempelajari satu jenis event saja, tetapi segala jenis acara, mulai dari event musik, pameran, olahraga, dan lainnya. Salah satu kampus yang membuka jurusan ini adalah Universitas Prasetya Mulia & Politeknik Negeri Jakarta

3. TEKNIK BIOMEDIK

5 Jurusan Baru di Universitas di Indonesia

Foto: Getty Images

Ini adalah jurusan yang menggabungkan antara ilmu kesehatan dan teknologi dengan tujuan meningkatkan tingkat kesehatan dan tingkat kesembuhan pasien. Jurusan ini akan mempelajari ilmu dasar elektronika dan komputer, anatomi tubuh, ilmu fisika medis, biomedical tranduser serta instrumentasi, desain sistem dan proyek biomedical. Jurusan ini dibuka di UGM dan UI.

Baca Juga: Trik Jitu Sederhana Biar Kamu Fokus Saat Ikut Kuliah Daring


4. PROTEKSI KEBAKARAN DAN TEKNIK KESELAMATAN

5 Jurusan Baru di Universitas di Indonesia

Foto: Getty Images

Jurusan ini terbilang sangat baru, ditujukan untuk memenuhi jumlah tenaga ahli proteksi kebakaran dan keselamatan yang bisa bekerja di bandar udara hingga sektor pertambangan dan migas serta perusahaan besar lainnya dalam berbagai bidang. Jurusan ini salah satunya ada di UNJ.

Baca Juga: 7 Jurusan D3 Politeknik yang Peluang Cepat Dapat Kerjanya Besar

5. AKTUARIA

5 Jurusan Baru di Universitas di Indonesia

Foto: Deposit Photos

Lulusan program studi ini akan diarahkan berkarier dalam bidang asuransi dan keuangan. Jurusan ini terbilang sangat baru, dan mahasiswanya akan mempelajari di antaranya hukum asuransi dan manajemen klaim, matematika asuransi jiwa, matematika keuangan, dan SDM dalam industri asuransi. Kampus yang membuka jurusan ini di antaranya UI dan Unpad.

GenSINDO
Widya Zhafirah Dezani
LSPR Communication & Business Institute


(ita)
Share: