Penuh Kalimat Puitis, Ini Kata Reza Rahadian dan Acha Septriasa tentang Film 'Layla Majnun'

Kamis, 11 Februari 2021 - 13:04 WIB
loading...
Penuh Kalimat Puitis, Ini Kata Reza Rahadian dan Acha Septriasa tentang Film Layla Majnun
Acha Septriasa dan Reza Rahadian menjalani hubungan yang rumit dalam film drama Layla Majnun. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Reza Rahadian dan Acha Septriasa bermain dalam film "Layla Majnun", yang merupakan hasil adaptasi bebas dari kumpulan puisi klasik karya Nizami Ganjavi.

Pada abad ke-12, Nizami yang merupakan penyair Persia (Iran) yang berasal dari Azerbaijan, membuat puisi "Majnun Layla" (atau "Layla and Majnun"). Ini adalah sebuah kisah cinta tragis mirip Romeo dan Juliet, yang diakui dunia sebagai salah satu karya sastra klasik dari Arab. Hingga kini, puisi tersebut sudah banyak diadaptasi menjadi beragam bentuk, dari novel hingga film.

Karena diadaptasi dari rangkaian puisi, tak heran bahwa film "Layla Majnun" yang disutradarai Monty Tiwa punya banyak dialog-dialog puitis. Di antaranya juga menerjemahkan puisi karya Nizami ke dalam bahasa Indonesia untuk dibacakan oleh Samir (Reza Rahadian), mahasiswa S2 warga Azerbaijan yang jatuh cinta pada Layla (Acha Septriasa).

Penuh Kalimat Puitis, Ini Kata Reza Rahadian dan Acha Septriasa tentang Film 'Layla Majnun'

Foto: Netflix

Beberapa puisi dan dialog dalam film ini pun dibuat dalam format bahasa Indonesia baku, yang menurut Reza dan Acha jadi sangat menarik, apalagi saat ini penggunaan bahasa Indonesia - terutama di media sosial - sangat fleksibel dan bertabur bahasa slang.

"Apakah puisinya akan engage dengan penonton, yang namanya apresiasi seni tidak bisa dipaksakan, tergantung penonton. Tapi kalau disampaikan dengan baik akan 'sampai' ke penonton," kata Reza dalam sesi wawancara roundtable "Layla Majnun" yang digelar Netflix pada Selasa (9/2) lalu.

Reza lalu menyebut bahwa dia selalu senang saat menonton film-film klasik Indonesia karena punya dialog yang bagus.

"Film "Tiga Dara", "Dua Tanda Mata" itu bahasa Indonesianya cantik banget," ujar aktor terbaik FFI untuk film "3 Hati, Dua Dunia, Satu Cinta", "Habibie & Ainun", serta "My Stupid Boss" itu.

Baca Juga: Diminta Berakting Bersama Anjing dalam 'June & Kopi', Acha Septriasa Sempat Ragu

Acha pun setuju dengan Reza, sambil menyebut bahwa kalau aktor dan aktrisnya mampu membawakan dialog puitis dengan intonasi yang tepat, maka penonton akan ikut merasakan emosinya. "Harus flowy, mengalir," kata Acha yang menganggap dialog dalam "Layla Majnun" menggunakan bahasa Indonesia yang detail, sampai-sampai terkadang dia harus mencari tahu dulu maknanya.

Penuh Kalimat Puitis, Ini Kata Reza Rahadian dan Acha Septriasa tentang Film 'Layla Majnun'

Foto: Netflix

"Layla Majnun" bercerita tentang Layla (Acha Septriasa), seorang perempuan cerdas dan mandiri yang mendapat tawaran menjadi dosen tamu di kelas berbahasa Indonesia di sebuah universitas di Azerbaijan. Sebelum berangkat, Layla dilamar oleh Ibnu (Baim Wong), lelaki dari keluarga terpandang yang berniat mencalonkan diri sebagai bupati dalam pilkada.

Layla menerima tawaran berbau perjodohan tersebut, dengan syarat dia diizinkan pergi ke Azerbaijan dan dibolehkan terus mengajar. Di negara tersebut, Layla lalu bertemu Samir, salah satu mahasiswanya yang cerdas, yang membuat Layla terpikat.
Layla pun berada dalam persimpangan, antara memenuhi janjinya pada Ibnu atau jujur pada perasaannya terhadap Samir.

Menurut sutradara Monty Tiwa, cerita asli kisah Layla yang dibuat Nizami Ganjavi banyak mengambil unsur sufistik serta cinta manusia pada Tuhan. Namun cerita "Layla Majnun" yang dibuat Monty disesuaikan untuk penonton umum.

Baca Juga: 10 Film Netflix yang Paling Banyak Ditonton Sepanjang Sejarah Setelah Perilisannya

"Layla Majnun" disyuting di Indonesia dan Azerbaijan, tepatnya di ibu kota Baku. Syuting di Azerbaijan dilakukan pada 1 November hingga 12 Desember 2019.

Film ini menjadi film reuni antara Monty, Acha, dan Reza setelah sebelumnya tergabung dalam film "Test Pack" pada 2012. Dalam film ini, Acha berhasil meraih piala FFI untuk aktris pemeran utama terbaik, sementara Reza masuk menjadi nomine aktor pemeran utama terbaik.

Buat kamu yang mau menonton, film "Layla Majnun" tayang di Netflix mulai hari ini (11/2).

(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)