20 Istilah dalam Budaya Korea, K-Pop, dan Drama Korea

20 Istilah dalam Budaya Korea, K-Pop, dan Drama Korea
Drama Korea seperti Clean With Passion For Now mengenalkan penonton dengan istilah-istilah Korea. Foto/JTBC
JAKARTA - Buat pencinta K-pop atau K-drama atau yang baru bergabung alias penggemar pemula, pasti sering bingung dengan berbagai istilah dalam bahasa Korea yang muncul dalam percakapan.

Nah, biar afdol dan bisa fangirling dengan paripurna, berikut istilah dari dunia hallyu yang sering ditemui beserta artinya.

1. AGE LINE

Istilah ini diberikan kepada idol yang punya tahun kelahiran sama. Misalnya member boy group BTS RM dan J-Hope yang sama-sama lahir pada 1994, lalu disebut dengan 94-line. Contoh lain misalnya, Jungkook BTS, Yugyeom GOT7, dan DK SEVENTEEN lahir pada 1997, mereka disebut dengan 97-line.



Sekadar catatan, perbedaan usia dalam budaya Korea sangat penting, karena memengaruhi cara tiap individu menyapa atau memanggil nama. Bukan cuma nama, status dalam industri hiburan juga memengaruhi sapaan tersebut.

2. BAGEL GIRL

Ini adalah istilah untuk seorang gadis atau perempuan dewasa yang wajahnya imut-imut, seperti bayi. Bagel girl bisa dimaknai juga sebagai baby face.



3. CHAEBOL

Jenis karakter klasik yang digunakan dalam drama Korea yang menggambarkan pewaris kaya dari perusahaan keluarga yang diperankan oleh pemeran utama pria. Dalam budaya Korea, chaebol juga berarti konglomerat.

20 Istilah dalam Budaya Korea, K-Pop, dan Drama Korea

Foto: tvN


4. CHEONGMAL

Merupakan sebuah ekspresi tidak percaya dan kesal yang kalau dalam bahasa Indonesia berarti “Emang benar?!" atau "Emang iya?!" memakai tanda seru.

5. HUL

Hul adalah ungkapan atau bahasa gaul ketika berada dalam canggung dan memalukan.

6. KEKEKE (ㅋㅋㅋ)

Ekspresi tertawa orang Korea. Sama halnya seperti di Indonesia ketika berkirim pesan menggunakan “wkwkwk” sebagai ekspresi tertawa.

7. KKAB

Kata gaul ini menggambarkan orang yang enerjik. tidak bisa diam, sering kali mengganggu. Kalau dalam bahasa Indonesianya bisa dibilang ‘hiperaktif’. (Baca Juga: 28 Ungkapan Bahasa Korea yang Sering Muncul dalam Drakor Beserta Artinya )

8. MUKBANG

Mukbang, meokbang atau mokbang adalah kondisi saat melakukan siaran langsung atau merekam dirinya sedang makan besar atau porsi makannya di luar batas orang normal.

20 Istilah dalam Budaya Korea, K-Pop, dan Drama Korea

Foto: YouTube ASMR Mukbang

9. MAT-SEON

Istilah ini merujuk pada kencan buta yang disiapkan oleh seorang ibu kepada anaknya, karena takut anaknya tidak menikah.

10. MICHYEOSSEO

Sebuah ungkapan yang artinya “Apa kamu gila?!”. Ungkapan ini memang agak kasar, tapi kalau kamu nonton drakor pasti pernah mendengar istilah ini.

11. Q—Q

Bentuk emoji yang digunakan dalam teks untuk menunjukkan kesedihan. Emoji itu menggambarkan air mata jatuh dari mata terbuka. Paling sering digunakan secara sarkastik terhadap orang lain.

12. MAKJANG

Sebutan untuk serial drama Korea yang punya alur cerita berliku-liku, bikin kesal, banyak konfliknya, dramatis, dan biasanya episodenya banyak. Secara singkat, bisa disebut sebagai soap opera atau sinetron. Misalnya adalah drama "Penthouse" dan "The World of Married".

13. SAGEUK

Jenis drama Korea yang berlatar belakang sejarah dab kerajaan, biasanya diambil dari kisah nyata ataupun dibuat fiktif. Kisah ceritanya seputar perjuangan, percintaan, politik, dan kehidupan rakyat Korea dahulu.

20 Istilah dalam Budaya Korea, K-Pop, dan Drama Korea

Foto: tvN


14. BIAS, ULTIMATE BIAS, DAN BIAS WRECKER

Istilah ini digunakan sosokidol yang paling kamu suka. Sementara ultimate idoldipakai kalau kamu udah cinta mati alias mentok dengan idola kamu itu. Sedangkan bias wrecker adalah idol lainnya yang kamu suka selain bias kamu.

15. SECOND LEAD SYNDROME (SLS)

Biasanya ketika menonton drama kita akan fokus dan suka pada pemeran pertama, tapi ini sebaliknya. SLS merupakan istilah atau ungkapan perasaan penonton yang tertarik, lebih suka, dan lebih memilih pemeran kedua, bisa karena karakternya atau alur ceritanya.

16. IMBUHAN NAMA KOREA –AH

Imbuhan nama –ah di belakang nama seseorang dipakai untuk berbicara dengan orang yang seumuran, sederajat atau orang yang lebih muda dari kita. Akhiran ini digunakan untuk nama yang berakhiran konsonan, misalnya, Jimin-ah.

17. IMBUHAN NAMA KOREA –YA

Sama dengan -ah, bedanya imbuhan ini dipakai kalau nama orang yang kita panggil berakhir dengan huruf vokal (a, i, u, e, o).
Misalnya Suga-ya atau Sunmi-ya.

20 Istilah dalam Budaya Korea, K-Pop, dan Drama Korea

Foto:Alberto E Rodriguez/Getty Images

18. IMBUHAN NAMA KOREA –SSI

Imbuhan -ssi merupakan akhiran nama untuk orang yang umurnya lebih tua atau derajatnya lebih tinggi. Ini termasuk bahasa formal dalam menyebut nama.

19. IMBUHAN NAMA KOREA –IE

Imbuhan –ie dipakai untuk memanggil orang yang terdekat atau kamu anggap dekat, dan sayang dengannya. Akhiran –ie ini bisa dibilang bahasa informal.

20 IMBUHAN NAMA KOREA –NIM

Akhiran ini digunakan kepada orang yang paling dihormati dan lebih tinggi derajatnya. Umumnya sebutan –nim dipakai kepada pemimpin atau CEO.

21. STAN

Istilah yang merujuk pada fans atau penggemar. Misalnya NCT stanberarti artinya penggemar NCT. (Baca Juga: 31 Istilah K-Pop dan Artinya yang Perlu Kamu Tahu )

Mega Siska Aryanti
Kontributor GenSINDO
Universitas Mercu Buana
Instagram: @egegamega


(ita)
Share: