Hajar Rasa Takut untuk Mulai Hal Baru dengan Tips Ini

Rabu, 13 Mei 2020 - 20:00 WIB
loading...
A A A
Tapi, pada hari-hari selanjutnya, kemampuan memasaknya mungkin aja bakalan terus mengalami kemajuan sampai akhirnya ia berhasil mendapatkan rasa masakan yang sempurna yang diidamkan. Jadi, jangan lupa persiapkan diri kamu, ya!

2. TETAP PERCAYA DIRI DAN INGAT BAHWA GAK ADA ORANG YANG MEMPERHATIKAN

Hajar Rasa Takut untuk Mulai Hal Baru dengan Tips Ini

Foto: Shutterstock

Biasanya, kita akan cenderung menjadi gak percaya diri karena mikirin banget pandangan orang sekitar. Padahal sebenarnya, hal semacam ini bisa jadi hanya sebatas perasaan kita doang. Bahasa kerennya, sih, disebut sebagai spotlite effect.

Spotlite effect adalah kecenderungan seseorang untuk percaya bahwa semua mata tertuju pada dirinya, padahal bisa jadi orang-orang itu justru malah gak peduli dengan kita.

3. MENCOBA HAL BARU AKAN MEMBAWA KAMU BERKEMBANG

Hajar Rasa Takut untuk Mulai Hal Baru dengan Tips Ini

Foto: Shutterstock

Ibarat seekor hiu yang menyesuaikan ukuran tubuhnya sesuai dengan lingkungan tempat ia berada, perkembangan seorang individu juga melalui hal yang sama. Zona nyaman manusia bagaikan sebuah akuarium berisi seekor hiu yang membuat hiu tersebut gak bisa berkembang karena menyesuaikan lingkungannya.

Tapi, saat hiu itu hidup di laut bebas, ukurannya akan jauh lebih besar dibanding kalau dia ditempatkan di akuarium. Nah, manusia juga sama. Kalau mau berkembang, individu harus keluar dari zona nyamannya dengan mencoba hal baru.

Dengan mencoba hal baru, seseorang memang akan bertemu dengan banyak hal asing baginya, misalnya lingkungan baru, pengalaman baru, dan tantangan baru yang mungkin pada awalnya bakal bikin repot. Tapi justru inilah yang bisa membantu individu untuk terus berkembang.

Jadi, kapan kamu mau mulai?

Silmi Safriyantini
Kontributor GenSINDO

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @silmisafr
(it)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2244 seconds (0.1#10.140)