6 Film Berlatar Penjara, dari yang Mencekam sampai yang Kocak

Rabu, 09 Desember 2020 - 21:45 WIB
loading...
6 Film Berlatar Penjara, dari yang Mencekam sampai yang Kocak
Film dengan latar tempat penjara selalu menawarkan cerita menarik, dari haru, mencekam, hingga lucu. Foto/Forbes
A A A
JAKARTA - Penjara jadi salah satu latar tempat menarik yang lumayan sering dipakai, baik dalam cerita film maupun serial.

Untuk serial , misalnya, "Orange is The New Black" jadi cerita yang sangat populer dengan latar tempat mencekam tersebut.

Meski begitu, cerita berlatar penjara tak harus selalu gelap atau mencekam, ada juga yang penuh haru dan lucu. Nah, berikut di antaranya.

1. THE PLATFORM

"The Platform" (bahasa Spanyol: El hoyo) adalah film thriller yang disutradarai Galder Gaztelu-Urrutia yang ditayangkan pada 2019 lalu di Netflix. Film ini berlatar menara berukuran besar bernama “Vertical Self-Management Center” (Pusat Manajemen Mandiri Vertikal) yang kondisinya mirip penjara, dengan penghuni yang secara berkala bertukar secara acak antarlantai, diberi makan lewat meja makan besar yang secara bertahap turun ke setiap lantai.

Sistem pemberian makanan ini diberlakukan supaya tercipta konflik, dengan tahanan di lantai atas bisa mengonsumsi makanan sebanyak-banyaknya dan meninggalkan sedikit makanan untuk tahanan di lantai selanjutnya. Film ini dikemas dengan adegan keji, brutal, dan vulgar. Kesenjangan sosial juga tergambar jelas dalam film ini.



2. MIRACLE IN CELL NO.7

"Miracle in Cell No. 7" adalah film Korea Selatan yang dirilis pada 2013 dan dibintangi Ryu Seung-ryong, Kal So-won dan Park Shin-hye. Film ini adalah sebuah film drama komedi mengharukan tentang seorang pria cacat mental yang secara tidak sah dipenjara karena tuduhan kasus pembunuhan padanya. ( )

Di penjara, dia membangun persahabatan dengan penjahat kasar di selnya, tapi mereka membantunya untuk bisa melihat putrinya lagi dengan melanggar aturan. Film ini pernah masuk dalam nomine film terbaik dalam ajang 49th Paeksang Arts Awards, dan sudah dibuat ulang oleh berbagai negara, yaitu, India, Filipina, Turki, termasuk Indonesia.



3. CELL 211

"Cell 211" adalah film Spanyol yang dirilis di Spanyol pada 2009 dengan nama “Celda 211“. Film ini disutradarai oleh Daniel Monzon yang juga ikut menulis film dengan Jorge Guerricaechevarria. Konsep film ini didasarkan pada novel Francisco Perez Gandul tentang kerusuhan di penjara.

Dalam "Cell 211", penonton diberi dua sisi cerita kerusuhan penjara dari perspektif pihak yang berlawanan. Satu pandangan adalah tentang narapidana yang memimpin pemberontakan dan yang lainnya adalah pandangan seorang penjaga muda yang terjebak dalam kerusuhan. Dalam upaya untuk bertahan dari cobaan tersebut, penjaga tersebut menyamar sebagai salah satu tahanan. Film ini mendapat pujiandari kritikus internasional.



4. THE GREEN MILE

"The Green Mile" adalah film drama Hollywood yang dirilis pada 1999 dan disutradarai Frank Darabont. Ceritanya diadaptasi dari novel tahun 1996 berjudul sama karangan Stephen King. Film ini dikisahkan dalam gaya kilas balik (flashback) dan dibintangi oleh Tom Hanks yang berperan sebagai Paul Edgecomb dan Michael Clarke Duncan sebagai John Coffeey.

Film ini bercerita mengenai kehidupan Paul sebagai sipir penjara hukuman mati pada saat Depresi Besar terjadi di Amerika Serikat, dan peristiwa-peristiwa supernatural yang ia saksikan. Film ini masuk sebagai nomine untuk empat Academy Awards yaitu, Aktor Pendukung Terbaik kepada Michael Clarke Duncan, Film Terbaik, Tata Suara Terbaik, dan Skenario Adaptasi Terbaik.



5. THE SHAWSHANK REDEMPTION
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)