kesehatan

Mengenal Herd Immunity, Vaksin Berlatar Belakang Pengorbanan

Mengenal Herd Immunity, Vaksin Berlatar Belakang Pengorbanan
Transportasi publik jadi tempat yang rentan untuk menyebarnya virus corona. Foto/visitbritain.com
Jakarta - Belum lama ini, publik dihebohkan dengan isu bahwa konsep herd immunity atau kekebalan kelompok diyakini mampu menangani pandemi virus corona yang masih terjadi hingga saat ini.

Sebelumnya, tiga negara di Eropa yakni Inggris, Belanda, dan Swedia sempat merencanakan untuk menerapkan konsep ini untuk menghentikan penyebaran virus corona. Namun, pada akhirnya ketiga negara tersebut membatalkan strateginya karena dinilai berisiko cukup besar.

Mengenal Herd Immunity, Vaksin Berlatar Belakang Pengorbanan

Foto: bzi.ro

Lalu, sebenarnya apakahherd immunity? Mengapa konsep tersebut sangat ditentang? Simak baik-baik penjelasan di bawah ini.



Vaksin Alami Berlatar Belakang ‘Pengorbanan’

Mengutip dari laman kemkes.go.id, herd immunity merupakan situasi saat suatu komunitas terlindungi atau kebal terhadap penyakit tertentu. Dampak tidak langsung (indirect effect) adalah turut terlindunginya kelompok masyarakat lain.

Tujuan diberlakukannya hal tersebut adalah untuk melindungi orang-orang yang gak mendapatkan vaksin atau yang rentan mengalami infeksi, seperti orang tua, bayi, anak muda, perempuan hamil, dan orang yang punya sistem kekebalan atau imun yang rendah.



Nah, masalahnya, herd immunity bisa muncul dengan cara membiarkan virus terus menyebar sehingga banyak orang terinfeksi. Ini akan membuat angka kematian juga akan sangat tinggi.
halaman ke-1 dari 3
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss