7 Film Animasi Indonesia yang Mendunia

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 14:00 WIB
loading...
7 Film Animasi Indonesia yang Mendunia
Film Kuku Rock You punya cerita yang unik dan sukses sebagai film animasi buatan sineas Indonesia. Foto/DGM Animation Studio
A A A
JAKARTA - Indonesia memang belum banyak memproduksi film animasi untuk di layar lebar, tapi bukan berarti saat membuatnya, film-film tersebut tak bisa bicara di dunia internasional.

Berikut beberapa film animasi produksi Indonesia yang berhasil tayang di festival film di luar negeri, bahkan ada yang berhasil mendapatkan penghargaan.


1. MERAIH MIMPI (2009)


7 Film Animasi Indonesia yang Mendunia

Foto: Kalyana Shira Film

Salah satu animasi musikal pertama di Indonesia. Mengisahkan seorang gadis yang terpaksa mengikuti tradisi patriarki di kampungnya. Film produksi Kalyana Shira Film ini juga ditayangkan di International Film Festival di Korea Selatan dan American film Market di Santa Monica, Amerika Serikat.

2. KUKU ROCK YOU (2014)

7 Film Animasi Indonesia yang Mendunia

Foto: DGM Animation Studio

Animasi karya anak Malang ini menceritakan seekor ayam kampung dari Indonesia bersama teman-temannya yang terobsesi menjadi penyanyi rock. Film ini memenangkan kompetisi Asiagraph 2008 di Jepang. ( )

3. BATTLE OF SURABAYA (2015)

7 Film Animasi Indonesia yang Mendunia

Foto: MSV Pictures

Film animasi yang mengangkat sejarah pertempuran 10 November di Surabaya ini berhasil meraih penghargaan internasional People Choice Award di International Movie Trailer Festival 2013 dan INAICTA 2012. Film produksi MCV Pictures ini adalah karya mahasiswa STMIK AMIKOM Surabaya.

4. KIKO AND FRIENDS (2016)

7 Film Animasi Indonesia yang Mendunia

Foto: MNC Animation

Serial animasi yang mengambil suasana bawah laut ini diproduksi MNC Animation dan tayang di Disney XD di 52 negara. "Kiko and Friends" juga mendapat penghargaan Asian Academy Creative Award 2019.

5. SI JUKI THE MOVIE (2017)

7 Film Animasi Indonesia yang Mendunia

Foto: Kumata Studio

Film yang diadaptasi dari komik karya Faza Meonk ini mengisahkan Juki yang melakukan misi penyelamatan dari bencana meteor. Film ini meraih piala Citra 2018. Karakter Juki juga sudah berkolaborasi dengan Spongebob pada penghujung tahun 2019. ( )

6. KNIGHT KRIS (2017)

7 Film Animasi Indonesia yang Mendunia

Foto: Viva Fantasia Animation

Mengisahkan seorang anak berusia 8 tahun yang menemukan keris sakti di dalam sebuah candi kuno. Serial animasi produksi Viva Fantasia Animation ini mengikuti Kompetisi Cartoon On Bay di Italia, London Independent Film Award di Inggris, dan Calcutta Film Festival di India.

7. CANDY MONSTER (2020)

7 Film Animasi Indonesia yang Mendunia

Foto: UMN Pictures

Karya Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Pictures ini menceritakan seorang anak berusia 6 tahun bernama Chloe yang sangat suka permen dan makanan manis. Film animasi 3D ini tayang di Zlin Film Festival ke-60 di Ceko dan Chaniartoon Internasional Comic and Animation Festival 2020.


GenSINDO
Vica Nurul Aini
Politeknik Negeri Jakarta
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)