Peringati Bulan Peduli Kanker Payudara, Yuk, Nonton Drama Korea Jealousy Incarnate!

Kamis, 15 Oktober 2020 - 13:22 WIB
loading...
Peringati Bulan Peduli Kanker Payudara, Yuk, Nonton Drama Korea Jealousy Incarnate!
Drama Korea Jealousy Incarnate menceritakan seorang pria yang terkena kanker payudara. Foto/SBS
A A A
JAKARTA - Oktober diperingati sebagai Bulan Peduli Kanker Payudara (Breast Cancer Awareness) atau Pink Day di seluruh dunia

Kepedulian ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu meningkatkan perhatian dan dukungan akan kesadaran, deteksi dini, dan pengobatan serta perawatan dari penyakit kanker payudara .

Nah, sambil memperingati Pink Day, cocok banget kalo kamu juga nonton drama Korea "Jealousy Incarnate" atau kadang disebut juga "Don't Dare to Dream".

Drama ini sebenarnya tayang udah lama, yaitu pada 2016 lalu sepanjang 24 episode. Tapi ceritanya nyambung banget dengan Pink Day. ( )

"Jealousy Incarnate" dibintangi oleh Jo Jung-suk, Gong Hyo-jin dan Go Kyung-pyo. Ceritanya tentang Lee Hwa Sin (Jo Jung-suk) yang bekerja sebagai penyiar berita berhati dingin yang gak segan untuk memberitakan kasus-kasus rawan yang banyak dihindari oleh penyiar lain. Bahkan ia berani untuk memberitakan kasus korupsi yang menimpa saudara kandungnya.

Peringati Bulan Peduli Kanker Payudara, Yuk, Nonton Drama Korea Jealousy Incarnate!

Foto: KBS

Sementara Lee Hwa-sin (Go kyung-pyo) menyukai seorang penyiar ramalan cuaca, Pyo Na-ri (Gong Hyo-jin). Na-ri sering mendapat perlakuan buruk karena posisinya sebagai penyiar ramalan cuaca yang dianggap rendahan dan dibayar sedikit.

Sampai suatu waktu keduanya disatukan dalam sebuah proyek kerja di Thailand. Pyo Na-ri dibebankan tugas sebagai penata busana dan penata rias bagi Lee Hwa-sin, dan gak sengaja melihat kejanggalan pada dadanya.

Hal ini bikin Na-ri teringat Ibunya yang dulu mengalami kanker payudara . Dengan berbagai keraguan, dia memberitahukan tentang kemungkinan penyakit tersebut pada Hwa-sin. Jelas dia kaget karena menyangka sebagai seorang laki-laki, gak mungkin dia bisa kena penyakit tersebut.

Hingga akhirnya terbukti bahwa memang Hwa-sin kena kanker payudara stadium awal. ( )

Peringati Bulan Peduli Kanker Payudara, Yuk, Nonton Drama Korea Jealousy Incarnate!

Foto: KBS

Fakta yang terjadi di lapangan, menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada 1% dari total penderita kanker payudara adalah pria, dan hal tersebut diprediksi mengalami kenaikan pesat pada 2030.

Hal tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran untuk melakukan pengecekan medis lebih lanjut, terutama bagi laki-laki yang merasa penyakit ini cuma diderita oleh perempuan. (Baca Juga: Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?)

Cepatnya penanganan menjadi faktor besar bagi penderita kanker payudara. Lee Hwa-sin beruntung bisa tahu penyakitnya saat masih masuk stadium awal dan berhasil dicegah dengan melakukan operasi dan perawatan pencegahan dini.

Pencegahan dini bisa dilakukan di antaranya dengan rutin melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Jadi kalau menemukan perubahan pada payudara, kamu bisa waspada dan langsung melakukan pemeriksaan ke tenaga medis.

Selain itu, dalam serial "Jealousy Incarnate", kita juga bisa tahu bahwa kasih sayang bisa jadi alasan seseorang bisa bertahan lebih kuat, segenting apa pun hal yang sedang dihadapi.

Ramdhani Kusuma Putra
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @ramable_
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)