4 Idol Kpop yang Paling Jago Bikin Lagu Menurut Penulis Lagu

Rabu, 09 September 2020 - 12:15 WIB
loading...
4 Idol Kpop yang Paling Jago Bikin Lagu Menurut Penulis Lagu
IU memang punya banyak bakat, dari berakting, menyanyi, hingga mencipta lagu. Foto/Soompi
A A A
SEOUL - Penulis lagu K-pop , Kim Kihyun, dan member girl group Cosmic Girl, Yoo Jooyi, ngobrol tentang dunia hiburan di Korea Selatan dalam video yang diunggah kanal YouTube AYO.

Kanal ini sering membahas dan mengupas banyak hal tentang dunia hiburan di Korea Selatan, termasuk soal pembuatan sebuah lagu. Mereka lalu membahas idol yang menulis lagu untuk dirinya sendiri, bahkan untuk orang lain. Mereka juga menyebut empat idol yang jadi komposer terbaik dalam industri ini.

1. SOYEON (G)I-DLE

4 Idol Kpop yang Paling Jago Bikin Lagu Menurut Penulis Lagu

Foto: Edam Entertainment

Girl group ini memang masih rookie, tapi mereka udah mendapat sejumlah penghargaan karena para member-nya berbakat. Salah satunya adalah Soyeon. Sebelum debut, dia sudah menulis, bahkan memproduksi sebuah lagu. Saat tampil dalam "Unpretty Rapstar 3" pada umur 18 tahun, dia udah bikin empat lagu. Pada 2017, dia merilis single-nya yang berjudul “Jelly”.

Saat ini, Soyeon fokus menulis lagu untuk grupnya. Sejak debut pada 2018, dia bekerja sebagai penulis, produser, dan komposer dalam 20 lagu dalam (G)IDLE. Kerennya lagi, dia juga memproduksi lagu untuk idol lain seperti lagu “No” yang dibawakan CLC dan "Bird" oleh Namjoo dari Apink. (

2. MAMAMOO

Foto: Instagram @Mamamoo_official
Girl group ini sudah terbukti popularitasnya di dunia k-pop. Mereka punya warna sendiri dalam tiap lagu buatannya. Bukan cuma satu orang yg berbakat di grup ini, beberapa anggotanya punya keahlian yang sama. Pertama, Moonbyul mencipta lagu paling banyak dari semua idola perempuan generasi ke-3 (dengan 65 kredit).

Dia menulis bagian rap dalam hampir semua lagu grup. Kedua Solar, dia juga punya sekitar 25 lagu buatannya. Tahun ini dia menulis lagu untuknya sendiri berjudul “Spit It Out”. Ketiga ada Hwasa, nama yang paling gak asing karena baru-baru ini dia merilis lagunya sendiri berjudul “Maria” yang memiliki arti mendalam dalam liriknya.

3. IU

4 Idol Kpop yang Paling Jago Bikin Lagu Menurut Penulis Lagu

Foto: Kakao M Corp

Siapa yang gak terpesona tiap kali dengar karya solois hebat ini? IU punya perjalanan karier hebat sejak muda. Pada umur 17 tahun, dia menulis lagu sendiri berjudul "Alone in The Room".

Di samping mencatat 50 lagu dalam diskografinya, IU juga beberapa kali menulis lagu bareng solois lain, seperti Jung Seung Hwan dalam lagunya "The Snowman" dan "My Christmast Wish". ( )

4. HUI PENTAGON

4 Idol Kpop yang Paling Jago Bikin Lagu Menurut Penulis Lagu

Foto: Cube Ent

Gak kalah pentingnya, Hui PENTAGON adalah satu-satunya idola cowok yang dipuji dalam obrolan ini. Salah satu komposer, produser, dan penulis lirik K-pop yang paling produktif, Hui, punya andil dalam beberapa hit terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti “Energetic” yang dibawakan WannaOne, dan tentu saja, dia mengerjakan banyak lagu PENTAGON. Lagu pertama yang dia tulis untuk grup adalah "Young" pada 2016 bersama dengan beberapa member lain. Dia juga menulis beberapa lagu mereka yang paling terkenal, termasuk "Shine". ( )

Afifah Rahmah Nurdifa
Kontributor GenSINDO
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Instagram: @arnurdifa
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)