4 Hal yang Bikin Penggemar K-pop Dilarang Ketemu Artis Idolanya

Rabu, 02 September 2020 - 16:05 WIB
loading...
4 Hal yang Bikin Penggemar K-pop Dilarang Ketemu Artis Idolanya
Penggemar K-pop dikenal penuh dedikasi dan rela melakukan apa pun demi bisa dekat dengan idolanya. Foto/AFP
A A A
JAKARTA - Penggemar para idol K-pop dikenal sebagai fandom yang berdedikasi tinggi. Mereka rela pergi jauh dan mengeluarkan banyak uang demi ketemu idol kesayangannya.

Tapi, ada beberapa perilaku penggemar yang bikin mereka dilarang (blacklist) untuk ketemu dengan idol favoritnya. Apa aja perilaku tersebut? Ini daftarnya. ( )

1. TERLALU DEKAT DENGAN KENDARAAN SANG IDOLA

4 Hal yang Bikin Penggemar K-pop Dilarang Ketemu Artis Idolanya

Foto: koreaboo.com

Banyak penggemar yang nekat mendekati kendaraan yang ditumpangi artis idola. Ini berbahaya banget karena selain bisa mencelakai diri sendiri, juga orang-orang yang ada di dalam mobil tersebut.

Seorang penggemar Cosmic Girls (WJSN) pernah nekat dan secara agresif menyodorkan hadiah ke kursi depan mobil yang ditumpangi para personel Cosmic Girls.

Akibatnya, dia dihukum oleh agensi Cosmic Girls yaitu Starship Entertainment, yang langsung melarangnya untuk muncul di semua acara Cosmic Girls. Duh, sedih banget, kan! ( )

2. MEMOTRET DAN MEREKAM SECARA BERLEBIHAN

4 Hal yang Bikin Penggemar K-pop Dilarang Ketemu Artis Idolanya

Foto: allkpop.com

Memotret dan merekam video idol saat manggung tentu udah biasa. Cuma, kalau berlebihan juga bisa berakibat fatal buat penggemar. Ini termasuk ulah penggemar yang suka memaksa berfoto dengan idola, sampai-sampai tangan dan ponselnya ada di depan muka sang idola. Juga mereka yang sukamenerobos ke tempat-tempat privasi sang idola.

Melansir Koreaboo, untuk mencegah hal ini terjadi, Music Bank yang tayang di KBS pada 2019 lalu mengumumkan melarang penggemar untuk memotret idola mereka. Penggemar Seventeen juga pernah merekam idola merekal dalam acara Yoo Hee Yeol’s Sketchbook pada 2016.

3. NEKAT LAKUKAN KONTAK FISIK

4 Hal yang Bikin Penggemar K-pop Dilarang Ketemu Artis Idolanya

Foto: soompi.com

Ini sering banget terjadi saat penggemar nekat memegang, mencubit, sampai memeluk idolanya dengan penuh semangat. Padahal, hal ini bisa bikin artis idolanya tertekan dan takut keselamatannya terancam.

Pada 2019, JYP Entertainment melarang penggemar mereka melakukan kontak fisik saat fan sign GOT7. Peraturan baru ini berarti para member GOT7 gak boleh bersentuhan dengan penggemar, sekalipun cuma untuk salaman. Melanggar peraturan ini bisa berpotensi membuat mereka di-blacklist oleh JYP Entertainment.

4. JADI SASAENG

4 Hal yang Bikin Penggemar K-pop Dilarang Ketemu Artis Idolanya

Foto: koreaboo.com

Selalu dekat dengan idol adalah mimpi setiap penggemar, tapi kalau sampai melanggar privasi dan kenyamanan sang idol, apalagi jadi penguntit, ini benar-benar serem.

Big Hit Entertainment, agensi BTS, setahun yang lalu pernah membatalkan keanggotaan seorang penggemar dari klub BTS gara-gara jadi sasaeng alias alias penguntit para member BTS saat mereka ada di bandara.

Nah, jadi kalau nanti kamu punya kesempatan ketemu idola kamu, tahan diri untuk gak melakukan hal-hal di atas, ya! ( )

Shanen Patricia Angelica
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @patriciaaash
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2896 seconds (0.1#10.140)