Sains

Inilah yang Terjadi pada Otak Seorang Bilingual

Inilah yang Terjadi pada Otak Seorang Bilingual
Otak yang berbicara secara bilingual bekerja dengan cara yang kadang berbeda. Foto/Unsplash
Jakarta - Setiap kali manusia mempelajari sesuatu, otak menciptakan koneksi baru antarneuron untuk menyimpan informasi baru.

Sepanjang hidup, kita tidak akan pernah lepas dari proses belajar. Proses ini dimulai dari mempelajari informasi deklaratif tentang hal-hal kecil yang ada di sekitar kita, misalnya kata, nomor telepon, dan nama-nama orang.

Sebagai manusia juga, kita pasti belajar untuk melakukan sesuatu, misalnya berjalan, berenang, menyetir mobil, bicara, dan membaca. Hal ini masuk ke dalam kategori informasi prosedural yang membuat kita melakukan aktivitas secara spontan.

Mempelajari suatu bahasa membuat otak kita menyerap dua jenis informasi ini. Di satu sisi, kita harus menghafal kosakata (vocabulary), dan di sisi lain, otak kita juga harus menyusun kosakata tersebut secara gramatikal (sintaksis).



Nah kira-kira bagaimana semua itu mempengaruhi otak kita? Itu semua bisa dijawab dengan teknik neuroimaging atau pencitraan saraf. (Baca Juga:Mengulik Makna Bucin alias Budak Cinta dari Perspektif Sains)

Inilah yang Terjadi pada Otak Seorang Bilingual

Foto: Unsplash

Melansir dari tulisan Albert Costa dalam Science Focus, penelitian Cathy Price bersama kolaboratornya di University College London menjadi salah satu studi paling lengkap terkait hal ini. Mereka meneliti beberapa orang bilingual Yunani-Inggris dan penutur bahasa Inggris monolingual.



Hasilnya, kalau dari segi pemahahaman bahasa seperti persepsi bicara, keduanya menunjukkan hasil yang sama. Tapi, dari segi sistem produksi bahasa seperti penamaan gambar atau membaca keras, ternyata ada perbedaan.
halaman ke-1 dari 2
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss