Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Selasa, 01 September 2020 - 13:24 WIB
loading...
Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!
Serial antologi horor asal Korea Selatan, Goedam, bikin penasaran karena ceritanya yang terlalu singkat dan tanpa latar belakang. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Buat kamu yang bingung, penasaran, dan jadi overthinking gara-gara nonton serial antologi horor "Goedam", yang berikut ini bisa menjawab pertanyaan kamu.

Serial asal Korea Selatan "Goedam" yang tayang di Netflix sejak 19 Agustus lalu memang unik. Durasi per episodenya sangat-sangat pendek.

Yang terpendek cuma 7 menit, sementara yang paling panjang cuma 15 menit. Total durasi dari keselurahan 8 episode cuma 72 menit, alias 1 jam 12 menit.

Karena durasi yang superpendek, ceritanya pun tanpa basa-basi, seolah-olah cuma berisi adegan klimaks saja, tanpa ada latar belakang cerita dan para karakternya.

Inilah yang bikin banyak penonton kebingungan, karena jadi susah untuk mendapatkan inti atau maksud cerita per episodenya.

Ujung-ujungnya, penonton cuma bisa menikmati adegan horornya saja, sambil bertanya-tanya maksud sebenarnya dari si pembuat film. ( )

Nah, sebenarnya kalau kamu perhatikan, ada kesamaan lokasi dan karakter dari beberapa episode, yang bisa jadi adalah sebuah kode bahwa sebenarnya semua cerita dalam episode ini saling terkait.

Teori yang bisa dibuat untuk menjelaskan "Goedam" adalah seperti ini. Pertama, semuanya terjadi dalam semesta yang sama. Kedua, ceritanya adalah tentang terbukanya pintu ke sebuah dimensi lain, dunia paralel, yang akhirnya menuntun pada banyaknya kejadian horor yang terjadi di seluruh episode "Goedam".

Masih bingung? Wajar, karena menurut GenSINDO, cerita "Goedam" tidak disusun secara kronologis. Cerita dibikin acak supaya penonton berpikir sendiri, menyusun puzzle-puzzle yang membingungkan supaya jadi cerita utuh.

Nah, menurut GenSINDO, semestinya beginilah urutan menonton "Goedam", yang nantinya bisa menjelaskan inti cerita sebenarnya.

Perhatian, artikel ini mengandung spoiler dan membeberkan keseluruhan cerita. Jadi buat kamu yang belum menonton dan anti dikasih bocoran cerita, baiknya berhenti membaca sampai di sini.

1. EPISODE 8: BIRTH


Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Foto: Netflix

Sesuai judulnya, episode terakhir ini justru adalah episode awal yang memulai segalanya. Dalam episode ini, seorang dukun perempuan mempraktikkan yeommae, aksi menculik seorang anak, membuatnya kelaparan, lalu menguasai ruhnya.

Tapi aksi ini berujung kutukan buat si dukun, membuatnya mati dengan perut menganga lebar setelah 'melahirkan' bayi dengan wujud menyeramkan, dengan badan yang seperti bersisik merah.

Bayi ajaib inilah yang membuka kisah terbukanya pintu antardimensi, yang terwujud dalam bentuk lift, yang kisahnya ada dalam episode keenam.

2. EPISODE 6: DIMENSION

Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Foto: Netflix

Episode ini menceritakan dua orang polisi yang menyelidiki sebuah pembunuhan di lift. Disebutkan, lift tersebut bisa mengantarkan kita ke dimensi yang lain, dan beberapa orang sudah melakukannya.

Nah, pada adegan pembuka, seorang pemuda digambarkan masuk ke lift dan seperti diserang sesuatu yang tak kasat mata. Adegan berikutnya, ada mayat laki-laki di lift yang sama. Kita akan berpikir bahwa itu adalah orang yang sama. Tapi coba kamu perhatikan, bahwa jaket yang dipakai pemuda pada adegan pembuka berbeda dengan jaket yang dipakai si mayat. Jaket si mayat justru sama dengan jaket yang dipakai salah satu polisi.

Sekarang, ingat adegan jelang akhir episode ini? Saat polisi yang satunya lagi menyebut bahwa mayat di lift punya baju yang sama dengan rekan polisinya itu? Nah, sebenarnya si polisi dan si mayat adalah 'anak kembar', tapi dari dimensi yang berbeda. Ini mirip seperti yang terjadi dalam film "Us" (2019) yang dibintangi Lupita Nyong'o.

Dalam episode ini, mayoritas durasi juga dihabiskan untuk menceritakan kisah si polisi menjajal lift untuk bisa melakukan perjalanan antardimensi. Nah, sebenarnya, yang kita saksikan itu justru adalah 'kembaran' si polisi dari dimensi lain. Sosok inilah yang kita lihat mati di lift pada awal dan akhir cerita. Singkatnya, yang mati bukanlah si polisi.

Jadi, episode keenam ini berjalan maju-mundur (flashback), dengan alursecara kronologis seperti ini: 'Polisi' dari dimensi lain mencoba masuk ke 'dimensi manusia', tapi dia gagal karena dibunuh oleh makhluk lain. Mayatnya lalu kita lihat dalam adegan pembuka (dengan baju yang sama dengan polisi dari 'dimensi manusia').

Setelah menemukan mayat di lift, polisi ini akhirnya juga melakukan perjalanan dan sosoknya inilah yang kita lihat di luar lift (ingat saat 'polisi' di dalam lift melihat wajah orang yang mirip dirinya di luar lift? Kita asumsikan waktu antardimensi berbeda, jadi mereka bisa tetap bertemu meski 'polisi' melakukan perjalanan lebih dulu).

Nah, jadi, polisi dari 'dimensi manusia' tidak mati, tapi pergi ke dimensi lain. begitu juga pemuda di dalam lift yang muncul dalam adegan pembuka. Sementara dua gadis yang muncul pada akhir kisah ini dan masuk ke dalam lift karena penasaran ingin menjajal perjalanan antardimensi, adalah dua gadis yang sama yang ada di episode ke-4.

3. EPISODE 7: THRESHOLD

Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Foto: Netflix

Ini episode tentang seorang pria yang melepas kertas jimat di rumahnya. Ingat saat istrinya melarang sang suami melepas kertas jimat di pintu? Dia bilang, ada kasus anak dan polisi yang hilang. Nah, yang dimaksud si istri adalah si pemuda dan polisi dalam episode ke-6.

Kita tahu, bahwa akhirnya si pria ini malah melepas jimat, dan akhirnya dia mati dibunuh makluk menyeramkan berwarna merah, yang tampaknya adalah sosok bayi dalam episode ke-8 yang sudah tumbuh dewasa. ( )

4. EPISODE 4: CURIOSITY

Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Foto: Netflix

Kisah dua gadis remaja di sekolah, dengan 'penampilan khusus' sesosok boneka menyeramkan yang ada di laci kelas. Seperti dijelaskan sebelumnya, dia gadis ini masuk ke dalam lift dan melakukan perjalanan antardimensi. Episode ini adalah episode mereka di dimensi lain.

Ini dibuktikan dengan saat remaja yang masuk ke dalam kelas dikejar hantu, dan saat dia lari menuruni tangga, tampak warna gambar berubah, menunjukkan bahwa dia sebenarnya sudah ada di dimensi yang lain. Ini juga dibuktikan dengan fakta bahwa meski dia sudah turun tangga, tapi dia tetap tidak bisa bertemu temannya yang menunggu di bawah. Meski tak jelas betul, bagaimana temannya ini tetap ada di dunia manusia, padahal dia ikut naik lift bersama temannya saat episode ke-6.

5. EPISODE 5: RED SHOES

Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Foto: Netflix

Menceritakan tewasnya seorang murid sekolah, diakhiri dengan tewasnya sang guru bersepatu merah. Ada kemungkinan, murid yang tewas di sini adalah murid yang jadi hantu pada episode pertama ("Crack") sekaligus murid berprestasi yang fotonya terpajang di dinding sekolah. Tapi, bila dicermati, nama murid yang tewas beda dengan nama murid berprestasi itu.

Di sini, salah satu teori yang mungkin adalah si hantu yang membunuh ibu guru adalah hantu yang sedang mencoba bertransformasi menjadi manusia. Ingat, si hantu menyinggung soal "pinggang dan kaki yang lebih pas untuknya", yang menyiratkan bahwa dia sedang berusaha menjadi seperti manusia dengan sosok yang utuh, tidak cacat.

Bisa jadi, hantu ini dan hantu 'bayi manusia merah' berasal dari dimensi yang sama. Hanya saja, mereka belum punya sosok tubuh sempurna seperti manusia, dan harus membunuh untuk bisa mendapatkan tampilan tersebut.

6. EPISODE 3: SPECIAL GUEST


Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Foto: Netflix

Cerita tentang youtuber yang mati dibunuh oleh sosok yang mirip dengannya. Teori yang mungkin adalah, dia dibunuh oleh sosok dirinya dari dimensi lain, persis seperti kisah dalam film horor "Us".

Bisa dibilang, inilah akhir dari kisah "Goedam", saat hantu akhirnya bisa bertransformasi secara utuh jadi mirip manusia, lalu mencuri identitas manusia demi hidup bebas sebagai manusia sungguhan. (Baca Juga: Jangan Nonton! Ini 5 Film Horor Bollywood yang Bisa Bikin Jantung Serasa Mau Copot)

7. EPISODE 2: DESTINATION

Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Foto: Netflix

Kisah hantu perempuan yang naik taksi ini bisa dibilang adalah subplot dari cerita utama. Kalau kamu masih ingat, pada awal adegan ada sebuah berita yang mengabarkan bahwa ada dukun perempuan yang diduga tewas dibunuh di kuil. Hampir pasti, dukun yang dimaksud adalah dukun yang ada dalam episode ke-8.

8. EPISODE 1: CRACK

Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Foto: Netflix

Sama seperti episode ke-2, episode ini bisa dibilang episode subplot saja, karena cuma punya kesamaan lokasi dengan episode ke-4 dan ke-5. Walau begitu, secara kronologis cerita, bisa juga ini adalah episode lanjutan dari episode ke-8, saat pintu antardimensi terbuka, dan hantu-hantu mulai berkeliaran di dunia manusia.

Yang pasti, si hantu dalam episode ini adalah salah satu siswa berprestasi yang fotonya terpajang di dinding sekolah. Ini dibuktikan dengan fotonya (terpajang di sebelah kiri) yang matanya melirik ke arah korban berjalan (siswa berprestasi lainnya, dengan foto terletak di sebelah kanan), saat dia hendak ke toilet.

Saat si siswa berprestasi ini sudah mati, pada akhir episode kamu bisa lihat bahwa si siswa yang baru saja mati perlahan-lahan tersenyum di dalam fotonya. Ini seperti menandakan bahwa dia sebenarnya senang akhirnya bergabung kembali dengan temannya sesama siswa berprestasi.

Nah, bagaimana menurut kamu? Apakah teori-teori ini masuk akal? (Baca Juga: 10 Cara Nonton Film Horor Bareng Teman yang Penakut)


(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)