Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Selasa, 01 September 2020 - 13:24 WIB
loading...
A A A
Sekarang, ingat adegan jelang akhir episode ini? Saat polisi yang satunya lagi menyebut bahwa mayat di lift punya baju yang sama dengan rekan polisinya itu? Nah, sebenarnya si polisi dan si mayat adalah 'anak kembar', tapi dari dimensi yang berbeda. Ini mirip seperti yang terjadi dalam film "Us" (2019) yang dibintangi Lupita Nyong'o.

Dalam episode ini, mayoritas durasi juga dihabiskan untuk menceritakan kisah si polisi menjajal lift untuk bisa melakukan perjalanan antardimensi. Nah, sebenarnya, yang kita saksikan itu justru adalah 'kembaran' si polisi dari dimensi lain. Sosok inilah yang kita lihat mati di lift pada awal dan akhir cerita. Singkatnya, yang mati bukanlah si polisi.

Jadi, episode keenam ini berjalan maju-mundur (flashback), dengan alursecara kronologis seperti ini: 'Polisi' dari dimensi lain mencoba masuk ke 'dimensi manusia', tapi dia gagal karena dibunuh oleh makhluk lain. Mayatnya lalu kita lihat dalam adegan pembuka (dengan baju yang sama dengan polisi dari 'dimensi manusia').

Setelah menemukan mayat di lift, polisi ini akhirnya juga melakukan perjalanan dan sosoknya inilah yang kita lihat di luar lift (ingat saat 'polisi' di dalam lift melihat wajah orang yang mirip dirinya di luar lift? Kita asumsikan waktu antardimensi berbeda, jadi mereka bisa tetap bertemu meski 'polisi' melakukan perjalanan lebih dulu).

Nah, jadi, polisi dari 'dimensi manusia' tidak mati, tapi pergi ke dimensi lain. begitu juga pemuda di dalam lift yang muncul dalam adegan pembuka. Sementara dua gadis yang muncul pada akhir kisah ini dan masuk ke dalam lift karena penasaran ingin menjajal perjalanan antardimensi, adalah dua gadis yang sama yang ada di episode ke-4.

3. EPISODE 7: THRESHOLD

Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Foto: Netflix

Ini episode tentang seorang pria yang melepas kertas jimat di rumahnya. Ingat saat istrinya melarang sang suami melepas kertas jimat di pintu? Dia bilang, ada kasus anak dan polisi yang hilang. Nah, yang dimaksud si istri adalah si pemuda dan polisi dalam episode ke-6.

Kita tahu, bahwa akhirnya si pria ini malah melepas jimat, dan akhirnya dia mati dibunuh makluk menyeramkan berwarna merah, yang tampaknya adalah sosok bayi dalam episode ke-8 yang sudah tumbuh dewasa. ( )

4. EPISODE 4: CURIOSITY

Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Foto: Netflix

Kisah dua gadis remaja di sekolah, dengan 'penampilan khusus' sesosok boneka menyeramkan yang ada di laci kelas. Seperti dijelaskan sebelumnya, dia gadis ini masuk ke dalam lift dan melakukan perjalanan antardimensi. Episode ini adalah episode mereka di dimensi lain.

Ini dibuktikan dengan saat remaja yang masuk ke dalam kelas dikejar hantu, dan saat dia lari menuruni tangga, tampak warna gambar berubah, menunjukkan bahwa dia sebenarnya sudah ada di dimensi yang lain. Ini juga dibuktikan dengan fakta bahwa meski dia sudah turun tangga, tapi dia tetap tidak bisa bertemu temannya yang menunggu di bawah. Meski tak jelas betul, bagaimana temannya ini tetap ada di dunia manusia, padahal dia ikut naik lift bersama temannya saat episode ke-6.

5. EPISODE 5: RED SHOES

Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Foto: Netflix

Menceritakan tewasnya seorang murid sekolah, diakhiri dengan tewasnya sang guru bersepatu merah. Ada kemungkinan, murid yang tewas di sini adalah murid yang jadi hantu pada episode pertama ("Crack") sekaligus murid berprestasi yang fotonya terpajang di dinding sekolah. Tapi, bila dicermati, nama murid yang tewas beda dengan nama murid berprestasi itu.

Di sini, salah satu teori yang mungkin adalah si hantu yang membunuh ibu guru adalah hantu yang sedang mencoba bertransformasi menjadi manusia. Ingat, si hantu menyinggung soal "pinggang dan kaki yang lebih pas untuknya", yang menyiratkan bahwa dia sedang berusaha menjadi seperti manusia dengan sosok yang utuh, tidak cacat.

Bisa jadi, hantu ini dan hantu 'bayi manusia merah' berasal dari dimensi yang sama. Hanya saja, mereka belum punya sosok tubuh sempurna seperti manusia, dan harus membunuh untuk bisa mendapatkan tampilan tersebut.

6. EPISODE 3: SPECIAL GUEST


Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Foto: Netflix
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2386 seconds (0.1#10.140)