5 Fakta Land of Happiness, Film Jo Jung-suk dan Lee Sun-kyun dari Kisah Nyata

Selasa, 10 September 2024 - 16:45 WIB
loading...
5 Fakta Land of Happiness,...
Film Korea Land of Happiness diangkat dari kisah nyata dan kini sudah tayang di bioskop Indonesia. Foto/Next Entertainment World
A A A
JAKARTA - Land of Happiness adalah film Korea yang sedang tayang di bioskop Indonesia. Film ini dibintangi oleh Ju Jung-suk dan Lee Sun-kyun dengan genre drama politik.

Land of Happiness mengisahkan tentang adanya insiden pembunuhan Presiden Korea Selatan Park Chung-hee. Dalam penyelidikannya, Sekretaris Badan Intelijen Korea Selatan Park Tae-joo (Lee Sun-kyun) diduga terlibat dalam pembunuhan tersebut. Ia lalu dibantu oleh pengacara Jung In-ho (Jo Jung-suk) dari tuduhan itu.

Film ini termasuk yang ditunggu-tunggu karena terinspirasi dari kisah nyata, dan menjadi film terakhir yang dibintangi mendiang Lee Sun-kyun. Berikut ini adalah fakta-fakta filmnya yang menarik untuk diketahui.



5 Fakta Film Korea Land of Happiness


1. Diangkat dari Peristiwa Nyata

5 Fakta Land of Happiness, Film Jo Jung-suk dan Lee Sun-kyun dari Kisah Nyata

Foto: Wikimedia

Land of Happiness diangkat dari peristiwa pembunuhan Presiden Korea Selatan Park Chung-hee pada 26 Oktober 1979. Chung-hee telah menjalankan kekuasaan diktator atas Korea Selatan selama hampir 18 tahun.

Dalam peristiwa pembunuhan tersebut, Park Chung-hee sedang mengadakan jamuan makan malam di kompleks Badan Intelijen Korea Selatan (KCIA). Dalam perjamuan tersebut hadir juga Kim Jae-gyu (Direktur KCIA), Cha Ji-chul (Kepala Satuan Pengamanan Presiden) Kim Gye-won (Sekretaris Utama Kepresidenan), dan dua penyanyi perempuan yang bertugas untuk menghibur makan malam mereka, Shim Soo-bong dan Shin Jae-soon.

Dalam perjamuan makan malam ini, Park Chung-hee dan Kim Jae-gyu memiliki perbedaan pendapat mengenai gagalnya kompetensi intelijen Korea Selatan, yang tidak bisa menghalau aksi protes terhadap kepemimpinannya. Hal ini menjadi pemicu kemarahan Kim Jae-gyu, yang selanjutnya menyebabkan Kim Jae-gyu menembak Park Chung-hee.

Sebagai tambahan informasi, Park Chung-hee dan Kim Jae-gyu adalah sepasang sahabat, tetapi karena perbedaan pendapat, maka terjadilah tragedi tersebut.

Dalam peristiwa ini ada enam orang yang tewas dalam peristiwa ini yaitu Park Chung-hee, Cha Ji-chul dan tiga pengawal presiden di tempat perjamuan makan malam, serta seorang sopir presiden di luar.

2. Digarap Sutradara Film Laris dengan 13,2 Juta Penonton

5 Fakta Land of Happiness, Film Jo Jung-suk dan Lee Sun-kyun dari Kisah Nyata

Foto:Next Entertainment World

Land of Happiness dibesut oleh sutradara Choo Chang-min yang juga seorang penulis naskah. Namanya terkenal sebagai sutradara Masquerade (2012), yang merupakan salah satu film Korea terlaris sepanjang masa dengan 13,2 juta penonton di bioskop.

Choo Chang-min memulai kariernya sebagai asisten sutradara dalam film-film seperti City of the Rising Sun (1999) dan The Happy Funeral Director (2000). Film pendek pertamanya, The End of April (2000), mendapat banyak pujian di beberapa festival film internasional. Choo membuat debut film layar lebarnya dengan komedi hit Mapado: Island of Fortunes (2005).

Choo Chang-min kemudian menyutradarai melodrama Lost in Love (2006), diikuti oleh romansa warga lansia Late Blossom (2011) yang menjadi hit yang tidak terduga melalui promosi dari mulut ke mulut setelah dirilis.

Adapun film sejarah Masquerademeraih kesuksesan besar yang membuat Choo Chang-min memenangkan kategori Sutradara Terbaik dari Grand Bell Awardsdan Baeksang Arts Awards.

3. Didukung Pemain PopulerJo Jung-suk, Lee Sun-kyun, dan Yoo Jae-myung

5 Fakta Land of Happiness, Film Jo Jung-suk dan Lee Sun-kyun dari Kisah Nyata

Foto:Next Entertainment World

Land of Happiness diperankan oleh tiga aktor utama terkenal, yaitu Jo Jung-suk, mendiang Lee Sun-kyun, dan Yoo Jae-myung.

Ini menjadi film terakhir yang diperankan oleh Lee Sun-kyun sebelum ia meninggal pada 27 Desember 2023. Sebelumnya, film lain yang pernah diperankan oleh Lee-Sun-kyun antara lain ada Project Silent (2024), Sleep (2023), dan Parasite (2019).

Untuk Jo Jung-suk, filmnya yang lain yaitu Pilot belum lama ini juga ditayangkan di bioskop Indonesia. Beberapa film yang pernah diperankan oleh bintang utama drakor Hospital Playlist ini adalah Exit (2019) dan Hit and Run Squad (2019).

Sementara itu Yoo Jae-myung berperan sebagai tokoh Jang Sa-du, yang juga jadi salah satu tokoh penting dalam cerita film ini. Ia telah memerankan banyak film Korea, di antaranya Harbin (2024), Alienoid (2022) dan sekuelnya,Alienoid 2 (2024).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)