Mirip Kabut Berduri, Ini 8 Film dan Serial Indonesia Penuh Teka-Teki

Kamis, 08 Agustus 2024 - 19:10 WIB
loading...
Mirip Kabut Berduri,...
Serial Katarsis mirip Kabut Berduri karena menceritakan tentang sebuah kasus kriminal yang sulit dipecahkan. Foto/Vidio
A A A
JAKARTA - Kabut Berduri adalah film di Netflix tentang misteri rangkaian pembunuhan dengan latar permasalahan sosial-politik, takhayul, serta tragedi masa lalu, di perbatasan Indonesia-Malaysia.

Film Kabut Berduri yang dibintangi Putri Marino ini menggunakan plot whodunit, yaitu genre merahasiakan identitas pelaku kriminal hingga akhir cerita. Kisah yang menggunakan plot ini biasanya dibuat kompleks hingga penonton ikut hanyut dan menebak-nebak pelakunya.

Beberapa film dan serial Indonesia juga punya cerita yang mirip Kabut Berduri, dalam hal plot tentang misteri pembunuhan atau adanya sebuah misteri yang ingin dipecahkan. Berikut ini ulasannya.


Film dan Serial Indonesia Mirip Kabut Berduri


1. 13 Bom di Jakarta (2023)

Mirip Kabut Berduri, Ini 8 Film dan Serial Indonesia Penuh Teka-Teki

Foto: Visinema Pictures

Film 13 Bom di Jakarta merupakan hasil produksi Visinema Pictures karya Angga Dwimas Sasongko. Pemainnya bertabur bintang terkenal seperti Rio Dewanto, Ganindra Bimo, Putri Ayudya, Chicco Kurniawan, Ardhito Pramono, Lutesha, dan Rukman Rosadi.

Ceritanya mengusung genre aksi-spionase yang bercerita tentang ancaman teror bom dari Arok (Rio Dewanto) di seantero Jakarta. Arok mengancam akan meledakkan bom setiap delapan jam sekali demi mendapatkan keinginannya.

Penyelidikan ini dilakukan oleh ICTA (Badan Kontra Terorisme Indonesia) yang justru mengarahkan kecurigaan mereka pada dua orang pengusaha muda sekaligus pendiri Indodax.

Misi mereka semakin pelik ketika ada penyusup di tim yang melancarkan rencana Arok. Filmnya ditayangkan di Netflix.

2. Rencana Besar (2023)

Mirip Kabut Berduri, Ini 8 Film dan Serial Indonesia Penuh Teka-Teki

Foto: Prime Video

Serial kriminal thriller ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Tsugaeda. Versi serialnya digarap oleh sutradara Danial Rifki (Haji Backpacker, Melbourne Rewind, 99 Nama Cinta), dengan penulis skenario Titien Wattimena (Trilogi Dilan).

Para pemainnya ada nama-nama populer yaitu Dwi Sasono, Chicco Kurniawan, Prisia Nasution, Adipati Dolken, Hanggini, dan Arswendy Bening Swara.

Rencana Besar mengisahkan kasus pengungkapan penggelapan dana Rp17 miliar di Bank UBI. Setelah ditelusuri oleh detektif Makarim (Dwi Sasono), terdapat empat pegawai yang dicurigai sebagai dalang.

Penelusuran itu membuat tim kepolisian menemukan skandal yang lebih besar sehingga merugikan finansial Bank UBI. Kisahnya mengeksplorasi cerita tentang kekuasaan, ambiguitas moral, dan teka-teki sosok yang berada di tengah segalanya.

Serial ini sekaligus memberikan kritik terhadap kasus korupsi di Indonesia yang penuh dengan misteri dan kambing hitam. Kamu dapat menyaksikan serialnya di Prime Video.

3. Katarsis (2023)

Mirip Kabut Berduri, Ini 8 Film dan Serial Indonesia Penuh Teka-Teki

Foto: Vidio

Selanjutnya datang dari serial thriller dipadukan komedi gelap yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Anastasia Aemilia. Serial produksi Screenplay Films ini disutradarai oleh Randolph Zaini dan ditulis Husein M. Atmodjo.

Serial ini bercerita tentang Tara (Pevita Pearce) yang menjadi saksi tunggal atas tragedi perampokan di rumah pamannya. Ia mengalami trauma berat karena disekap dalam sebuah kotak kayu.

Banyak kejanggalan yang terjadi dari peristiwa perampokan itu, sehingga polisi kesulitan menyelesaikan kasusnya. Sementara itu, detektif Jenny (Prisia Nasution) justru mencurigai Tara sebagai pelakunya. Katarsis tayang di Vidio.

4. The Big 4 (2022)

Mirip Kabut Berduri, Ini 8 Film dan Serial Indonesia Penuh Teka-Teki

Foto: Netflix

Film laga komedi ini berkisah tentang penyelidikan kasus kematian, tapi fokusnya memang lebih kepada genre action dibanding misteri. Filmnya disutradarai oleh Timo Tjahjanto yang juga menggarap Rumah Dara, Sebelum Iblis Menjemput, dan The Night Comes for Us.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)