Film BBC Burning Sun untuk Tutupi Kasus HYBE? Ini Faktanya

Senin, 20 Mei 2024 - 16:53 WIB
loading...
Film BBC Burning Sun untuk Tutupi Kasus HYBE? Ini Faktanya
Film BBC Burning Sun dituduh segelintir netizen sebagai aksi bayaran HYBE untuk mengalihkan kasus mereka dengan ADOR. Foto/YouTube BBC World Service, HYBE, ADOR
A A A
JAKARTA - Film dokumenter BBC Burning Sun: Exposing the secret K-pop chat groups yang dirilis bersamaan dengan konflik HYBE dan MIn Hee-jin menimbulkan kecurigaan dari segelintir netizen.

Film tersebut tayang pada 19 Mei di kanal YouTube BBC World Service. Ini tak sampai sebulan dari mulai meruaknya konflik antara HYBE dan CEO ADOR Min Hee-jin pada 22 April lalu.



Gara-gara ini, segelintir pengguna media sosial pun melempar kecurigaannya, bahwa HYBE dan BBC bersekongkol agar kasus HYBE-ADOR tenggelam, tergantikan dengan kasus Burning Sun dan Molka Chatrooms yang terjadi pada rentang 2016-2019.

Tak tanggung-tanggung, bahkan ada yang menuduh bahwa HYBE membayar BBC agar semua orang mengalihkan perhatiannya dari kasus konflik internal perusahaan itu.

Film dokumenterBurning Sun: Exposing the secret K-pop chat groups dibuat dari sudut pandang dua wartawan perempuan di Korea Selatan, yaitu Kang Kyung-yoon dan Park Hyo-sil. Perjuangan mereka yang traumatis dalam membongkar kelamnya dunia K-pop membuat keduanya terus mendapat ancaman dan tekanan dari berbagai pihak.

Film BBC Burning Sun untuk Tutupi Kasus HYBE? Ini Faktanya

Foto: YouTube BBC World Service

Tiga idol K-pop yang menjadi fokus cerita dalam film dokumenter ini adalah solois Jung Joon-young, Seungri BIGBANG, dan Choi Jong-hoon FT Island. Mereka pada akhirnya dihukum berdasarkan tuntutan jaksa.

Fakta yang Sebenarnya terkait Isu BBC Dibayar HYBE

BBC telah lama merencanakan membuat film dokumenter tentang Burning Sun. Beritanya pun pernah muncul di situs web resmi media Inggris tersebut pada 16 Juni 2023.

Dalam berita berjudul New series for BBC Radio 4’s Intrigue unravels the shocking sex scandals which shook the world of K-Pop, itu diberitakan bahwa BBC Radio 4 akan menayangkan podcast tentang kasus Burning Sun. Podcast-nya dibuat sepanjang delapan episode dan dirilis mulai 26 Juni 2023.

Enam episode (plus satu episode pengenalan) dibuat masing-masing berdurasi sekitar 30 menit. Artinya, durasinya tiga kali lebih panjang dari versi filmnya yang hanya 60 menit. Meski begitu, isinya tak berbeda jauh antara versi podcast dan film.

Setelah episode pengenalan Introducing - Intrigue: Burning Sun yang membahas tentangkebobrokan tersembunyi di balik topeng musik K-pop, BBC merilis episode 1The Phone Call. Isinya tentang jurnalis Park Hyo-sil yang mendapat informasi bahwa Jung Joon-young sedang diselidiki oleh polisi karena diam-diam merekam seorang perempuan saat berhubungan seks.

Kemudian ia menerbitkan tulisannya ke publik dan mulai mendapat respons negatif dari fans idol tersebut.

Episode 2 berjudul Kakao Talk membahasJurnalis Kang Kyung-yoon yang mendapat informasi terkait isi percakapan di aplikasi KakaoTalk. Kemudian ia mulai menyelidiki dan terkejut dengan video porno yang beredar dalamsebuah grup chat.

Episode 3 The Nightclub meceritakanlaporan yang meresahkan tentang ruang bawah tanah dengan korban perempuan dibawa. Mulai terungkapnya pelaku lain bernama Seungri BIGBANG. Kemudian polisi mulai menyelidiki ruang bawah tanah tersebut.

Episode 4 berjudul Consent mengisahkan seorang perempuan yang membuat tuduhan awal terhadap Jung. Ia mengatakan menyesal tidak melanjutkannya. Dia diejek dengan kejam setelah tuduhannya, dan dia berkampanye untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi pada perempuan lain yang berani berbicara.

Film BBC Burning Sun untuk Tutupi Kasus HYBE? Ini Faktanya

Foto: YouTube BBC World Service

Episode 5 An Extreme Decision mengisahkanjurnalisKang menerima telepon mengejutkan dari Goo Hara, yang ingin membantunya dalam penyelidikan, karena beberapa orang di ruang obrolan adalah temannya.

Episode 6 atau terakhir diberi judul The Reckoning yang memaparkan para idol K-pop itu dipenjara karena kejahatan mereka dan beberapaperempuan berharap skandal ini dapat membuka mata masyarakat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)
pixels