Daftar Grup K-Pop yang Terancam Bubar pada 2024

Kamis, 15 Februari 2024 - 12:21 WIB
loading...
Daftar Grup K-Pop yang Terancam Bubar pada 2024
Weki Meki jadi grup K-pop yang terancam bubar pada 2024 karena kontraknya berakhir pada Agustus mendatang. Foto/Fantagio
A A A
JAKARTA - Ada setidaknya tiga grup K-pop yang kontraknya akan habis pada 2024, yaitu mereka yang debut pada 2017.

'Kutukan tujuh tahun' populer di kalangan pencinta K-pop karena ini adalah kontrak standar yang mengikat sebuah grup. Setelah tujuh tahun yang pertama hampir usai, mereka dihadapkan pada kenyataan antara dibubarkan atau meneruskan ke kontrak tujuh tahun yang kedua.

Salah satu hal terpenting bagi agensi untuk tetap memperpanjang kontrak dengan sebuah grup adalah apakah mereka bisa menghasilkan keuntungan buat agensi tersebut. Keuntungan ini kadang tak selalu berbanding lurus dengan popularitas atau bertenggernya lagu mereka di tangga lagu di Korea. Faktor lainnya misalnya rencana pribadi tiap member serta wajib militer bagi member boy group.



Pada 2024, ada beberapa grup K-pop yang debut pada 2017 dan sudah dipastikan akan tetap berlanjut usianya karena kontraknya sudah diperpanjang. Mereka adalah DREAMCATCHER dan KARD.

Berikut ini tiga grup K-pop yang populer dan bisa terancam bubar pada 2024 jika kontraknya tak diperpanjang, mengutip dari Koreaboo.

1. Weki Meki

Daftar Grup K-Pop yang Terancam Bubar pada 2024

Foto: Fantagio

Weki Meki debut pada 8 Agustus 2017 dari agensi Fantagio. Saat itu mereka merilis mini-album Weme, dengan single utama I Don’t Like Your Girlfriend. Setelah itu, mereka merilis beberapa album, terakhir adalah mini-album I Am Me pada November 2021.

Sejak debut, Weki Meki terdiri dari delapan member, yaitu Suyeon, Elly, Yoojung, Doyeon, Sei, Lua, Rina, dan Lucy. Formasi ini bertahan hingga kini. Meski begitu, karena terakhir aktif lebih dari dua tahun yang lalu, para penggemar khawatir ini pertanda mereka tak akan memperpanjang kontraknya.

2. The Boyz

Daftar Grup K-Pop yang Terancam Bubar pada 2024

Foto: IST Entertainment

The Boyz debut pada 6 Desember 2017 di bawah naungan IST Entertainment. Boy group ini termasuk yang cukup populer dari generasi ketiga K-pop, baik di Korea maupun pasar global.

The Boyz dibangun dengan 12 member, yaitu Sangyeon, Jacob, Younghoon, Hyunjae, Juyeon, Kevin, New, Q, Ju Haknyeon, Sunwoo, Eric, serta Hwall yang keluar pada 2019. Kini jumlah mereka tinggal 11 orang.

Hingga kini, The Boyz masih aktif, dan dijadwalkan merilis album Pt. 3: Love Letter pada 2024. Ini membuat para penggemar yakin bahwa mereka tetap akan lanjut hingga tujuh tahun kedua.


3. Golden Child

Daftar Grup K-Pop yang Terancam Bubar pada 2024

Foto: Woollim Entertainment

Hampir sama dengan Weki Meki, Golden Child debut pada 28 Agustus 2017 di bawah Woollim Entertainment. Mereka terdiri dari 10 member, yaitu Daeyeol, Y, Jangjun, Tag, Seungmin, Jaehyun, Jibeom, Donghyun, Joochan, dan Bomin. Adapun Jaeseok mundur sebagai anggota pada 2018 dengan alasan kesehatan.

Tahun lalu mereka hanya merilis single album Feel Me yang dirilis pada November 2023. Salah satu hambatan mereka untuk memperpanjang kontrak adalah karena para member-nya harus sudah menjalani wamil.

Daeyeol sedang menjalani wajib militer sejak 29 Maret 2022. Sedangkan Y sejak Maret 2023. Adapun Jangjun kini telah berusia 26 tahun. Dengan absennya dua member, tentunya aktivitas grup juga sedikit banyak akan terpengaruh ke depannya.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2748 seconds (0.1#10.140)