17 Istilah yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru biar Tak Bingung

Sabtu, 10 Februari 2024 - 15:05 WIB
loading...
A A A
UKM ini biasanya sudah bisa diikuti mahasiswa mulai semester 2. Jadi jangan lupa ikut ya!

13. Senat Akademik

Senat akademik merupakan badan normatif tertinggi di perguruan tinggi dalam bidang akademik. Senat Akademik terdiri atas Rektor, Dekan Fakultas, Kaprodi, Guru Besar, dan para Wakil Dosen Non-Guru Besar yang dipilih melalui pemilihan, dan unsur yang telah ditetapkan oleh bagian Senat Akademik.

14. Rektor

Rektor adalah pemimpin tertinggi pada perguruan tinggi yang bertanggung jawab atas semua hal yang ada diuniversitas. Kantor Rektor disebut rektorat, dan biasanya dikenal dengan gedung rektorat. Adapun nama gelar yang diberikan untuk seseorang yang menjabat atau pernah menjadi rektor adalah Rector Emeritus.

15. Dewan Mahasiswa (DEMA)

Dewan Mahasiswa merupakan lembaga legislatif mahasiswa di perguruan tinggi, atau ibaratnya seperti DPR. DEMA berfungsi sebagai pelaksana harian kegiatan mahasiswa dengan ruaang lingkup di tingkat fakulta.s

Mereka berkewajiban melaksanakan kegiatan yang dapat mengembangkan bakat mahasiswa. DEMA juga biasanya memempunyai cabang, seperti DEMA Kampus dan fakultas.

16. Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (ADAK)

Administrasi akademik dan Kemahasiswaan merupakan sebuah pelayanan administrasi akademik yang dipimpin oleh Kepala Biro. Kepala Biro ini yang menjadi ujung tombak dalam pelayanan kampus kepada mahasiswa.

17. Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK)

PBAK sama halnya dengan ospek atau pengenalan kampus kepada mahasiswa baru. Kegiatan PBAK ini sangat penting untuk mahasiswa baru, karena dengan kegiatan ini mereka dikenalkan dengan banyak hal yang berkaitan dengan kampus itu.

PBAK pada umumnya sama dengan ospek, tapi dengan program yang lebih manusiawi dan fokus pada kegiatan yang produktif, bukan pada perploncoan.

Siti Patimah
Kontributor GenSINDO
Institut Ilmu Al-Qur'an Jakarta
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)