17 Istilah yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru biar Tak Bingung

Sabtu, 10 Februari 2024 - 15:05 WIB
loading...
17 Istilah yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru biar Tak Bingung
Ada banyak istilah dalam perkuliaahan yang perlu diketahui oleh para mahasiswa baru. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Dunia perkuliahan tentunya sangat berbeda dengan dunia sekolahan pada umumnya, terutama bagi anak-anak SMA yang baru memasuki dunia perkuliahan sebagai mahasiswa.

Ada banyak istilah dalam dunia perkuliahan yang mesti kamu pahami agar memudahkanmu menjalani kehidupan sebagai mahasiswa baru. Istilah-istilah akademik ini nantinya akan menjadi 'teman' kamu sebagai mahasiswa selama 3-5 tahun ke depan.

Berikut ini 17 istilah yang wajib kamu ketahui para mahasiswa baru.

1. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

Istilah yang dikenal dengan KTM pada dasarnya hampir sama dengan kartu pelajar. Seluruh mahasiswa di kampus wajib mempunyai KTM, karena dengan KTM mahasiswa dapat mengurus urusan perkuliahannya. KTM juga menjadi bukti identitas seseorang sebagai mahasiswa di kampus tersebut.

2. Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Uang Kuliah Tunggal adalah besaran biaya pendidikan yang wajib dibayarkan mahasiswa setiap semester. UKT setiap mahasiswa pasti terdapat perbedaan bergantung pada golongan kamu saat masuk di kampus itu.

Pembagian UKT juga berdasarkan penghasilan orang tua mahasiswa, dimulai dari golongan 1 sampai 8, tapi hal ini juga bergantung pada kebijakan kampus tersebut.

3. Kartu Rencana Studi (KRS)

Kartu Rencana Studi merupakan rencana pengambilan mata kuliah oleh mahasiwa untuk satu semester berdasarkan prodi atau jurusan. Biasanya KRS diisi mahasiswa secaradaring di akun SIAKAD masing-masing.

KRS juga menjadi bukti bahwa mahasiswa masih aktif mengikuti perkuliahan. Jadi, jangan lupa untuk mengisi KRS-nya, ya!

4. Satuan Kredit Semester (SKS)

SKS atau Satuan Kredit Semester merupakan jumlah mata kuliah yang diambil mahasiswa selama satu semester. Setiap mata kuliah mempunyai bobot SKS yang berbeda-beda, biasanya satu mata kuliah bisa memiliki dua SKS atau tiga SKS, dan semua bergantung pada kebijakan kampus.

Semakin besar SKS yang kamu ambil, maka semakin berat bobot mata kuliah yang akan kamu jalani. Namun, semakin banyak kamu mengambil SKS setiap semester, semakin kamu berpeluang untuk cepat wisuda.

17 Istilah yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru biar Tak Bingung

Foto: Getty Images

5. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

Indeks Prestasi Kumulatif merupakan hasil atau ukuran keberhasilan mahasiswa per semester, yang menunjukkan prestasi nilai belajar secara kumulatif, mulai dari semester pertama sampai semester terakhir.

6. Dosen Pembimbing Akademik (PA)

Dosen PA berperan dalam membimbing dan mengarahkan mahasiswa agar selalu baik dalam masa perkuliahannya. Dosen PA juga dapat dijadikan tempat konsultasi mahasiswa jika mengalami kendala dalam perkuliahan, seperti SKS dan mata kuliah yangingin diambil.

7. SIAKAD

SIAKAD merupakan aplikasi berbasis situs web yang digunakan untuk mengelola data akademik dan data lainnya, sehingga mempermudah perguruan tinggi dalam menginput data mahasiswa. Biasanya semua mahasiswa harus mempunyai akun SIAKAD, karena di dalamnya sudah lengkap dengan KRS, KHS, IPK, biodata, dan lain sebagainya.

8. Asisten Dosen (Asdos)

Asdos adalah istilah yang diberikan kepada mahasiswa yang membantu pekerjaan dan melaksanakan tugas-tugas terkait pembelajaran. Asdos juga dapat menggantikan dosen ketika dosen tersebut berhalangan hadir, dan membantu melakukan administrasi di universitas.

Menjadi asdos juga bisa dijadikan kerja sampingan mahasiswa agar mendapat penghasilan.

9. Kepala Program Studi (Kaprodi)

Kaprodi merupakan singkatan dari Kepala Program Studi. Jabatan ini biasanya diberikan untuk dosen yang diberi tanggung jawab pada suatu prodi kampus.

17 Istilah yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru biar Tak Bingung

Foto: Getty Images

10. Nomor Induk Mahasiswa (NIM)

Nomor Induk Mahasiswa (NIM) adalah nomor yang digunakan mahasiswa sebagai nomor identitasnya selama menjalani masa studinya di kampus. Nomor induk ini biasanya digunakan untuk mengurus berbagai keperluan akademik kemahasiswaan.

NIM berlaku untuk mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus atau diterima di kampus atau universitas.


11. Kuliah Kerja Nyata (KKN)

KKN merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan kepada masyarakat di suatu tempat atau daerah yang telah ditetapkan pihak kampus. Adapun pelaksanaan KKN biasanya dilakukan selama satu atau dua bulan di suatu desa.

Biasanya setiap kampus akan mewajibkan mahasiswa untuk melakukan KKN sebagai syarat kelulusan. Kegiatan KKN ini juga bisa bertujuan mengaplikasi pengetahuan yang sudah kita dapatkan selama perkuliahan untuk dipakai mensejahterakan masyarakat.

12. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

UKM adalah lembaga kemahasiswaan yang menampung minat dan bakat mahasiwa agar dapat memperdalami kreativitasnya dan meningkatkan dasar yang mereka punya. Kegiatan yang diikuti mahasiswa dapat berupa UKM bidang seni, olahraga, atau bidang khusus yang telah ditetapkan di kampus tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)