CERMIN: Pain is Temporary, Film is Forever

Sabtu, 27 Januari 2024 - 12:26 WIB
loading...
A A A
Saya iri melihat bagaimana Pae bisa bertemu dan jatuh cinta dengan film sejak masa sekolah. Terutama saya sangat iri bahwa film bisa membuat Pae bertemu dengan teman-teman terbaiknya.

Juga susah sekali untuk menyangkal kecemerlangan Thailand membungkus film remaja dengan begitu banyak isu dalam sebuah wadah yang cair. Not Friends sejatinya adalah sebuah film coming of age yang melemparkan kita kembali ke masa lalu, melihat bagaimana kita perlahan bertumbuh menjadi manusia dewasa.

Kita juga melihat keterampilan diri kita saat masa lalu dalam menjalin persahabatan. Jangan lupa sahabat-sahabat terbaik kita di saat usia 40-an seperti saya kemungkinan justru adalah orang-orang yang menemukan kita saat masih di bangku sekolah, khususnya SMA, bukan?



Mau tak mau saya pun mengingat kembali bagaimana saya bersahabat hingga puluhan tahun kemudian dengan dua orang manusia unik, Adi Afandi dan Marwan Suharyadi, saat kami masih satu kelas di kelas I-6 di SMA Negeri 2 Makassar pada 1993.
Saya mengingat-ingat kembali bagaimana kesukaan kami akan banyak hal bertemu dan membuat kami melalui banyak hari-hari menyenangkan selama menjalani masa remaja.

Sebuah dialog dari Not Friends mengingatkan saya soal bagaimana awalnya sebuah persahabatan tercipta. “When we become a close friend with someone? It’s when we share secrets with one another”.

Not Friends
Produser: Vanridee Pongsittisak, Baz Poonpiriya
Sutradara: Atta Hemwadee
Penulis Skenario: Atta Hemwadee
Pemain: Anthony Buisseret, Pisitpol Ekaphongpisit, Thitiya Jirapornsilp

Ichwan Persada
Sutradara/produser/penulis skenario, pernah menjadi dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute, bisa dikontak via Instagram @ichwanpersada
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)