Review Film Is Smile: Lirik Senyum Bocah yang Menawan

Rabu, 24 Januari 2024 - 14:16 WIB
loading...
A A A
Berperan menjadi dua tokoh sekaligus, Carrey bisa membuat karakter The Mask sangat bertolak belakang dengan Stanley sehari-hari. Dalam keseharian, Stanley adalah karyawan bank biasa yang cenderung tak percaya diri.

Akan tetapi, ketika sudah bertopeng, dia akan bersikap nyeleneh dan cenderung pemberontak. Dalam balutan topeng, dia seakan bisa menjadi segila mungkin yang dia bisa.

Kesuksesan film The Mask pada tahun penayangannya berjumlah USD119 juta di Amerika dan lebih dari USD350 juta di seluruh dunia. Hingga pada 2019 lalu, The Mask berhasil menjadi film cerita komik yang paling laris sepanjang masa.

Pada masanya ini pula, Jim Carrey mencapai masa keemasan setelah dua film lainnya, Ace Ventura: Pet Detective dan Dumb and Dumber, pada tahun yang sama mencapai sukses besar.

Review Film Is Smile: Lirik Senyum Bocah yang Menawan

Foto: Vidio

Senyuman antagonis lain yang layak dikenang adalah senyum lebar, sekaligus mengerikan, Joker. Sang musuh Batman ini diyakini mampu menggaet perhatian penonton melebihi perhatian kepada sang jagoannya sendiri.

Senyum Joker yang bisa disebut paling memesona penonton adalah pada film The Dark Night yang rilis pada 2008. Salah satu film arahan Christopher Nolan ini berhasil menobatkan Heath ‘Joker’ Ledger menjadi karakter yang kuat dan sangat jahat.

Aktingnya meyakinkan dalam hal membuat kekacauan dan merusak kedamaian. Didukung skenario yang kuat pula, Joker pada masa itu mampu menyerang titik paling lemah Batman. Dan yang pasti, karakter Joker dengan senyum lebar dan tertawa khasnya bisa membuat saya teringat betapa ngerinya ia hingga sekarang.

Salah satu film tentang senyuman mengerikan yang paling anyar adalah Smile. Sejak rilis pada 2022 lalu, tidak perlu hantu atau urban legend, film bergenre horor thriller semacam ini dikatakan akan membuat para penontonnya merinding.

Film berdurasi hampir dua jam ini menampilkan kisah seorang dokter jiwa bernama Rose Cotter yang didatangi seorang pasien perempuan muda. Pasien ini mengaku melihat sosok menakutkan dengan senyum yang menyeramkan.

Awalnya, Rose pun berpikir hal itu hanya di dalam imajinasi si pasien sampai dia melihatnya sendiri. Kini, dia harus menyakinkan orang-orang di sekitarnya juga bahwa teror orang yang dilihatnya itu benar adanya.

Rotten Tomatoes memberi rating film ini 80%. Untuk beberapa kritikus film, Smile memang tidak menyediakan jalan cerita yang terlalu istimewa, hanya tetap diakui bahwa penampilan keseluruhan film menyeramkan. Adanya Smile yang jauh dari aktivitas paranormal dan sejenisnya pun merupakan hal yang segar untuk ditonton.

Kritikan tajam pun ada dalam film Smile. Film ini dianggap hanya menarik pada dua puluh menit terakhir, sedangkan pada awal plot cerita film terkesan lambat. Kritikan penonton pun mengatakan hal yang sama bahwa butuh memperhatikan dengan saksama jika ingin bisa paham alur ceritanya.



Film-film di atas adalah beberapa contoh beberapa tokoh antagonis pun bisa memiliki senyuman khasnya. Melihat ketiganya, sisi kreativitas penulis skenario film tidak melulu harus menyandingkan senyuman dengan sesuatu yang baik saja. Ada sisi lain senyum yang ternyata bisa dieksplorasi lebih jauh.

Di lain pihak membuktikan bahwa kekuatan senyuman bisa dipakai untuk kebaikan atau bahkan sebaliknya. Di dunia nyata, hal terakhir tentu tidak dianjurkan. Oleh sebab itu, kebijakan penonton sangat dianjurkan untuk bisa memilah ‘senyuman’ tersebut sesuai dengan usia masing-masing.

Sari Agustia
Ibu rumah tangga yang gemar menulis cerita fiksi, sedang belajar menulis skenario, bergiat di ISP NULIS, bisa dikontak via Instagram @sari_agustia
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)