CERMIN AWARDS: 10 Film dan Serial Indonesia Terbaik 2023

Sabtu, 16 Desember 2023 - 14:13 WIB
loading...
A A A

4. Ganjil Genap (Sutradara: Bene Dion Rajagukguk)

CERMIN AWARDS: 10 Film dan Serial Indonesia Terbaik 2023

Foto: MD Pictures

Pertengahan tahun ini jagat sinema Indonesia merilis Ganjil Genap, sebuah adaptasi novel laris dari Almira Bastari. Premisnya biasa saja, mudah sekali ditemukan di tontonan sejenis FTV. Namun rupanya di tangan Bene Dion, Ganjil Genap bisa menjelma menjadi komedi romantis yang segar dengan beberapa pendekatan yang menarik.

Ganjil Genap langsung menarik perhatian dengan opening bertempo cepat, dengan penyuntingan yang lincah dan secara efektif memperkenalkan hubungan antara Gala dan Bara yang sudah berpacaran selama delapan tahun. Meski tak membaca novelnya, Ganjil Genap bisa memberi tahu kita dengan cara yang kreatif bahwa ada masalah dalam hubungan antara Gala dan Bara.

Spark”-nya sudah hilang ternyata dalam empat tahun hubungan mereka. Padahal keduanya menjalani pacaran hingga delapan tahun. Kita pun simpati kepada Gala yang diputuskan oleh Bara begitu saja.

5. Jatuh Cinta Seperti di Film-Film (Sutradara: Yandy Laurens)

CERMIN AWARDS: 10 Film dan Serial Indonesia Terbaik 2023

Foto: Imajinari

Jatuh Cinta Seperti di Film-Film hadir bak oase di tengah gurun tandus perfilman nasional. Yandy datang dengan sebuah cerita yang meyakinkan saya, juga saya yakin banyak orang, bahwa film Indonesia tak seragam, film Indonesia tak harus diproduksi satu warna. Jatuh Cinta Seperti di Film-Film tak sekadar berani menyodorkan cerita yang belum pernah dibuat di negeri ini, tapi juga pendekatan sinematik berupa pewarnaan hitam putih hampir sepanjang durasi film.

Kita lantas diajak berkenalan dengan Bagus (Ringgo Agus Rahman yang semakin matang berakting), seorang penulis skenario. Sepanjang kariernya Bagus menulis skenario adaptasi, entah dari sinetron sukses atau materi-materi lainnya.

Pada satu titik dalam hidupnya, Bagus ingin bercerita. Sebuah kisah yang datang dari dirinya. Sebuah kisah romansa. Juga sebuah rencana baginya untuk menjadikannya kado bagi pujaan hatinya.

Dalam kisah yang ditulisnya, Bagus bertemu pujaan hatinya pada sebuah hari biasa di salah satu supermarket. Namanya Hana (dimainkan Nirina Zubir yang berpeluang besar membawa pulang Piala Citra yang kedua tahun depan). Bagus tak berbinar-binar menatap Hana, Hana pun bersikap biasa saja terhadap Bagus. Tapi daya magis film bekerja dalam film ini yang membuat kita tahu ada api yang masih menyala dalam dada Bagus.

6. Kembang Api (Sutradara: Herwin Novianto)

CERMIN AWARDS: 10 Film dan Serial Indonesia Terbaik 2023

Foto: Falcon Pictures

Ketika mengalami penderitaan demi penderitaan tak berkesudahan, apakah kita akan menyerah pada hidup? Ketika melihat seseorang yang mengalami derita berkepanjangan dan ingin menyerah pada hidup, apakah kita akan menghakimi keputusannya?

Ketika melihat seseorang menderita karena sebuah masalah yang tak pernah ditampakkannya, apakah kita akan mengulurkan tangan untuk membantunya?

Kembang Api adalah surat penuh cinta untuk para penyintas bunuh diri. Bahwa berani untuk kembali menatap hidup adalah sebuah keberanian. Bahwa berani untuk bangkit kembali adalah sebuah kekuatan. Bahwa nyala api dalam diri kita masih tetap berkobar untuk juga menyalakan api-api kehidupan di sekitar kita.

7. Onde Mande (Sutradara: Paul Agusta)

CERMIN AWARDS: 10 Film dan Serial Indonesia Terbaik 2023

Foto: Visinema Pictures

Onde Mande datang dengan premis menarik. Salah satu warga yang dituakan di desa Sigiran, Angku Wan, menang sayembara berhadiah uang Rp2 miliar. Angku Wan adalah seseorang yang sangat mencintai desanya.

Ia bahkan menolak merantau ke Jakarta dan membiarkan istri dan anaknya berangkat sendirian. Sebelum menang sayembara, Angku Wan sudah punya banyak rencana untuk membangun desanya. Tapi sayang, sebelum rencananya terlaksana dan sebelum menerima hadiah uang Rp2 miliar, Angku Wan dipanggil Yang Maha Kuasa.

Skenario yang ditulis cemerlang oleh Paul Agusta sendiri bekerja efektif yang membuat Onde Mande tak pernah kehilangan momentum. Sebagai penonton yang bukan orang Minang, saya memahami yang ingin disampaikan oleh Paul.

Bahwa keluarga bukan saja soal mereka yang bertalian darah tapi juga tentang mereka yang pernah membantu kita pada masa-masa sulit, tentang mereka yang selalu ada saat dibutuhkan. Sebagai sesama pembuat film, saya tahu betul bagaimana film ini dibuat dengan hati besar, sebuah persembahan tulus untuk sebuah tempat dari mana kita berasal.

8. Orpa (Sutradara: Theo Rumansara)

CERMIN AWARDS: 10 Film dan Serial Indonesia Terbaik 2023

Foto:QUN Films

Orpa menuturkan kisahnya dari sudut pandang Orpa (diperankan dengan menarik oleh pendatang baru, Orsila Murib), gadis remaja yang sesaat lagi lulus SD. Digambarkan sebagai remaja yang cerdas dan suka membaca, Orpa bercita-cita melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)