12 Film Hayao Miyazaki, dari Rating Terendah sampai Tertinggi

Rabu, 13 Desember 2023 - 20:46 WIB
loading...
A A A
Memanfaatkan kondisi, Sheeta berhasil kabur. Saat kabur, dia bertemu Pazu, cowok yang ingin mencapai kastil terbang, Laputa. Mereka lalu memutuskan melakukan perjalanan bersama untuk mencari kastil di atas langit itu. Tapi, mereka lalu sadar kalau diikuti para agen pemerintah. Mereka ternyata juga berusaha pergi ke Laputa untuk tujuan jahat.

3. The Boy and the Heron — 2023

12 Film Hayao Miyazaki, dari Rating Terendah sampai Tertinggi

Foto: Empire

Rotten Tomatoes: 96%
MyAnimeList: 7,48
IMDb: 7,7
Metascore: 92
Tayang: -

The Boy and the Heron langsung menjadi hit begitu dirilis di luar Jepang. Di Amerika Serikat, film ini menjadi film berbahasa asing terlaris dan menumbangkan sejumlah rekor. Saat ini, film itu meraup USD97 juta di box office global. Film itu juga langsung masuk salah satu nominasi Golden Globe. Penggemar kini mengampanyekan agar film itu masuk nominasi Oscar.

The Boy and the Heron berkisah tentang seorang bocah bernama Mahito Maki—sejumlah penggemar mengaitkan nama ini pada dua karakter berseberangan di Jujutsu Kaisen. Bocah berusia 12 tahun itu berjuang untuk bisa tinggal di sebuah kota baru setelah kematian ibunya. Suatu hari, seekor burung bangau yang bisa bicara menemuinya dan mengatakan kalau ibunya masih hidup. Mahito lalu masuk ke sebuah menara terbelangkalai untuk mencarinya. Dia lalu dibawa ke dunia lain.

2. Spirited Away — 2001

12 Film Hayao Miyazaki, dari Rating Terendah sampai Tertinggi

Foto: Brandon Talks Movies

Rotten Tomatoes: 96%
MyAnimeList: 8,77
IMDb: 8,6
Metascore: 96
Tayang: Netflix

Spirited Away memegang rekor sebagai film terlaris sepanjang sejarah Jepang pada 2001—2020. Rekornya akhirnya ditumbangkan film pertama Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba. Meski begitu, film ini telah memenangkan banyak penghargaan, termasuk Oscar untuk kategori Film Animasi Terbaik pada 2003 dan Golden Bear di Festival Film Internasional Berlin 2002.

Di film ini, Chihiro Ogino, yang keras kepala, manja, dan naif, sangat senang ketika dia dan orang tuanya menemukan sebuah taman hiburan terbengkalai dalam perjalanan menuju rumah baru mereka. Tempat itu ternyata bukan tempat biasa dan dia terjebak di sana. Orang tuanya pun diubah menjadi babi. Demi membebaskan orang tuanya, Chihiro harus bekerja dan hidup bersama para hantu di tempat tersebut.



1. Kiki's Delivery Service — 1989

12 Film Hayao Miyazaki, dari Rating Terendah sampai Tertinggi

Foto: The Quayside Review

Rotten Tomatoes: 98%
MyAnimeList: 8,22
IMDb: 7,8
Metascore: 85
Tayang: Netflix

Kiki’s Delivery Service atau Majo no Takkyuubin berkisah tentang Kiki, seorang calon penyihir berusia 13 tahun. Demi menjadi seorang penyihir, dia harus menghabiskan waktu satu tahun di kota lain. Bersama kucing hitamnya, Jiji, Kiki pergi ke Koriko. Di sana, dia berusaha beradaptasi dan berakhir hidup di jalanan karena tidak punya tempat tinggal.

Suatu hari, Kiki bertemu Osono. Dia menawarkan kost kepada Kiki asalkan penyihir muda itu mau melakukan pengiriman untuk toko rotinya. Setelah itu, Kiki memutuskan membuka sendiri layanan kurirnya dengan sapu terbang. Dia memulai perjalanan untuk mandiri demi mencari tempatnya di kota itu.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6040 seconds (0.1#10.140)